10 Tips Agar Jurnal Ilmiah Anda Bisa Terindex Di Sinta Dengan Mudah

10 Tips Agar Jurnal Ilmiah Anda Bisa Terindex Di Sinta Dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin tahu cara cepat jurnal terindex SINTA tepat sekali jika Anda membaca artikel ini.

Namun sebelum kita membahas 10 tips agar jurnal ilmiah Anda bisa terindex di SINTA dengan mudah ada baiknya anda tahu apa itu SINTA.

SINTA (Science and Technology Index) adalah sebuah portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Cakupan penilaiannya antara lain kinerja penulis, peneliti, author, kinerja institusi Iptek dan kinerja jurnal.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Turunkan Turnitin Klik Disini

Baik, berikut adalah 10 tips cara cepat jurnal terindex SINTA

  1. Memiliki Draf Jurnal

Cara submit jurnal yang paling dasar adalah harusme miliki draf jurnal. Ibarat dalam dunia jual beli, harus ada barang siap di jual. Begitupun juga ketika hendak mengirimjurnal, harus ada jurnal yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

  1. Ketahui siapa pembacanya

Jika Anda ingin menulis jurnal ilmiah yang terindex SINTA, Anda harus menentukan jenis pembacanya. Hal ini bertujuan agar tulisan Anda tepat sasaran. Selain itu, Anda dapat mengetahui ke mana Anda akan mengirimkan jurnal ilmiah serta mengakomodasi minat pembaca agar tertarik dengan jurnal ilmiah yang telah Anda buat.

Ketika Anda memilih tempat Anda akan menerbitkan jurnal, Anda juga akan lebih fokus untuk menulis sesuai dengan topik yang akan dibahas.

  1. Menulis topik yang paling mudah terlebih dahulu

Jurnal ilmiah yang telah berhasil dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional tidak selalu berhubungan dengan teknologi terbaru.

Anda harus berinovasi dalam setiap topik penulisan. Selain itu, Anda juga harus mencermati format jurnal. Biasakan menulis dengan optimal dari segi format dan isi. Konten/isi dari topik juga harus bermanfaat bagi pembacanya.

  1. Buatlah Pembaca Tertarik dengan Jurnal Anda

Membuat jurnal kita disukai pembaca adalah hal yang penting, apalagi jika Anda ingin jurnal masuk ke dalam Scopus. Pembaca jurnal dapat menjadi koreksi terbaik untuk jurnal Anda, karena tidak ada yang membaca jurnal Anda lebih teliti dari pembaca.

Akan lebih kredibel dan menarik lagi jika jurnal yang Anda buat menggunakan referensi dari hasil penelitian pembaca. Ya itu boleh saja, asalkan benar-benar mendukung paper yang Anda buat tadi.

  1. Koreksi terus tulisan

Kiat lain menulis jurnal ilmiah agar terindex SINTA adalah selalu mengoreksi setiap tulisan ilmiah yang dibuat. Semakin sering Anda mengoreksi tulisan yang Anda buat, tulisan Anda akan lebih baik, baik dari segi isi atau format penulisan.

Tulisan Anda akan terlihat lebih indah dan tertata dengan sering melakukan koreks iterus-menerus. Anda bisa mengoreksi tulisan Anda sendiri atau meminta bantuan teman untuk mengoreksinya.

  1. Tingkatkan kualitas penulisan jurnal ilmiah

Kesempatan untuk memublikasikan jurnal yang Anda tulis dan terindex SINTA bisa Anda lakukan dengan meningkatkan kualitas penulisannya. Untuk meningkatkan kualitas jurnal yang akan ditulis, Anda perlu memastikan inti penelitian secara komprehensif di abstrak tulisan Anda.

Jurnal ilmiah juga biasanya memiliki format penulisan. Kualitas tulisan Anda akan terlihat dari konten dan kepatuhan dalam menuliskan format tulisan yang diminta. Gunakan banyak teori dari para ahli sebagai pendukung ide dalam konten jurnal yang Anda buat. Jangan lupa untuk mencantumkan daftar pustaka yang terbaru dengan format penulisan daftar pustaka yang diminta.

  1. Perhatikan standarisasi penulisan

Kiat lain untuk dapat menulis jurnal ilmiah dan dipublikasikan adalah dengan memperhatikan standarisasi penulisan. Sebelum mengirim jurnal, pastikan juga standar penulisan di jurnal Anda sesuai dengan persyaratan dari tempat publikasi jurnal. Reviewer atau editor akan melihat pantas atau tidaknya jurnal Anda bisa dipublikasikan atau tidak.

Pastikan juga Anda tidak mengirimkan hasil tulisanmu di dua jurnal dalam waktu yang sama. Selain itu, minta teman Anda untuk melakukan evaluasi terhadap standarisasi penulisan dalam jurnal ilmiah yang akan Anda kirim.

  1. Hindari plagiarism

Salah satu tips yang penting untuk diperhatikan saat menulis jurnal ilmiah adalah menghindari plagiarisme. Plagiarisme adalah hal yang paling dilarang dalam tulisan ilmiah.

Hindari menyalin tulisan tanpa menuliskan sumber referensi. Anda dapat menyiasati tulisan dengan memparafrasakan kalimat demi kalimat dengan kalimatmu sendiri.

Jangan lupa periksa tulisan Anda dengan software plagiarisme. Pastikan semua tulisan bebas plagiat di software plagiarisme.

  1. Menjaga kualitas Jurnal

Jaga kualitas jurnal. Sebab Jurnal yang dibuat abal-abal dan seenaknya, tentu hasilnya pun tidak maksimal. Jurnal jadi sulit terindex.

Sebenarnya tidak sekedar hati-hati dalam membuat jurnal penelitian. Tetapi dalam hal mengikutkan jurnal penelitian ke sembarang penyelenggara. Karena penyelenggara jurnal tidak semua baik, ada banyak orang juga yang tertipu oleh jurnal predator.

  1. Mengikuti proses Submit Jurnal

Satu hal yang perlu di tekankan ketika hendak mensubmite jurnal ke SINTA. Ikuti aturan main penyelenggara. Perhatikan penyelenggara jurnal yang Anda ikuti. Karena ada tim penyelenggara jurnal yang lebih senang dengan menerima jurnal via email. Ada juga penyelenggara yang lebih senang dengan system menginput data.

Terlepas dari ada beberapa cara model submite jurnal, tetap menunggu hasil seleksi dari pihak tim penyelenggara. Bagi yang lolos seleksi jurnal, mereka akan memperoleh pemberitahuan dan akan memperoleh informasi lebih lengkap, baik terkait tentang proses review, pembayaran dan masih banyak lainnya.

Ternyata, butuh usaha yang tekun agar kemampuan menulis jurnal ilmiah menjadi mumpuni. Anda harus terus menulis dan memperbaiki tulisan Anda agar dapat dipublikasikan dan terindex SINTA. Semoga bermanfaat.

Butuh layanan jasa konversi hasil penelitian kedalam artikel jurnal? Segera hubungi konsultan jurnal jagojurnal.com WhatsApp: 087-864-006-999 Detail layanan Klik disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Turunkan Turnitin Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *