11 Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jangan Sampai Jadi Bumerang!

11 Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jangan Sampai Jadi Bumerang!

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif sering kali membuat orang bingung dalam membedakannya. Tidak heran jika masih banyak yang keliru. Kedua penelitian tersebut mempunyai beberapa pengertian dari para ahli. Salah satunya menurut pendapat Sugiyono.

Sugiyono berpendapat bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menggambar, menjelaskan, serta menemukan kualitas dari pengaruh sosial. Sementara menurut pendapat Creswell, penelitian kuantitatif memiliki sifat objektif. Peneliti bebas dari penelitian dan bahasanya formal berdasarkan teori serta kata kuantitatif.

Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Secara umum, penelitian kuantitatif adalah metode yang menekan pada pemahaman lebih dalam terhadap masalah. Sementara penelitian kualitatif adalah penelitian yang membutuhkan riset dan menggunakan analisis. Cara mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa melihat beberapa perbedaan antara kedua jenis penelitian tersebut di bawah ini.

  1. Dilihat dari Desain Penelitian

Salah satu letak perbedaan yang bisa Anda lihat dari kedua jenis penelitian tersebut adalah desain penelitian. Penelitian kuantitatif mempunyai sifat yang khusus, statis, dan terperinci. Jika diperhatikan, alur penelitian kuantitatif sudah direncanakan sejak awal dan tidak bisa diubah.

Sementara, penelitian kualitatif mempunyai sifat umum, dinamis, dan fleksibel. Biasanya, penelitian kualitatif dapat berkembang selama proses penelitian sedang berlangsung. Karena penelitian kualitatif lebih menampakkan proses maknanya.

  1. Dilihat dari Analisis Data

Perbedaan kedua yang bisa Anda temukan dari dua penelitian tersebut adalah analisis data. Penelitian kuantitatif bisa dilakukan analisis pada tahap akhir sebelum pembuatan laporan. Berbeda dengan penelitian kualitatif yang analisisnya dapat dilakukan selama proses penelitian sedang berlangsung.

  1. Dilihat dari Istilah Subjek Penelitian

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif terletak pada istilah dalam subjek penelitian. Penelitian kuantitatif mempunyai subjek penelitian yang disebut sebagai responden. Sementara, penelitian kualitatif mempunyai subjek penelitian yang bisa disebut sebagai narasumber.

  1. Dilihat dari Cara Memandang Fakta

Cara memandang fakta antara kedua jenis penelitian tersebut juga berbeda. Penelitian kuantitatif akan memandang fakta atau kebenaran pada objek penelitian yang dilakukan di luar. Peneliti harus berada di posisi netral dan tidak memihak. Sesuatu yang ditemukan di lapangan akan disebut sebagai fakta.

Dengan kata lain, penelitian kuantitatif didasarkan teori dan menuju data. Sementara, penelitian kualitatif memandang fakta atau kebenaran tergantung dari cara peneliti menginterpretasikan data. Adanya hal yang kompleks itulah yang membuatnya tidak bisa sekadar dijelaskan oleh angka.

Penelitian kualitatif didasarkan dari data yang kemudian dijelaskan oleh berbagai teori relevan. Dari sanalah teori tercipta dengan tujuan untuk menguatkan teori yang sudah ada sebelumnya.

  1. Dilihat dari Pengumpulan Data

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif bisa Anda lihat dari proses pengumpulan data. Penelitian kuantitatif akan mengumpulkan data menggunakan serangkaian instrumen penelitian. Instrumen tersebut berupa tes atau kuesioner. Nantinya, data yang sudah terkumpul akan dikonversikan menggunakan ketentuan kriteria sebelumnya.

Dengan kata lain, penelitian kuantitatif kualitasnya ditentukan oleh banyaknya responden penelitian yang ikut terlibat. Sementara penelitian kualitatif lebih berfokus pada sesuatu yang tidak bisa diukur oleh hitam putih kebenaran. Itulah kenapa penelitian kualitatif membutuhkan pengorekan data yang lebih dalam.

Alhasil, kualitas dari penelitian kualitatif tidak ditentukan dari seberapa banyaknya narasumber yang ikut terlibat. Akan tetapi, kualitasnya ditentukan dari seberapa dalam peneliti menggali informasi spesifik dari narasumber.

  1. Dilihat dari Jenis Data

Tahukah Anda jika penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif berbeda dari jenis datanya? Penelitian kuantitatif mempunyai jenis data yang numerik dan statistik. Sementara jenis data dari penelitian kualitatif adalah deskriptif dan eksploratif.

  1. Dilihat dari Tujuan Penelitian

Penelitian kuantitatif mempunyai tujuan penelitian untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Jenis penelitian ini akan menguji teori dan melakukan generalisasi fenomena sosial yang diteliti. Sementara tujuan penelitian kualitatif adalah memperoleh pemahaman yang mendalam, mengembangkan teori, lalu mendeskripsikan realitas dan kompleksitas sosial.

  1. Dilihat dari Macam-macam Metode

Baik penelitian kuantitatif atau penelitian kualitatif, keduanya mempunyai beberapa macam metode. Metode pada penelitian kuantitatif adalah eksperimen, survei, korelasi, regresi, analisis jalur, dan expost facto. Sementara penelitian kualitatif, metodenya adalah fenomenologi, etnografi, studi kasus, historis, dan grounded theory.

  1. Dilihat dari Implikasi Hasil Riset

Perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif terletak pada implikasi hasil riset. Penelitian kuantitatif mempunyai hasil berupa fakta atau teori yang berlaku secara umum. Jadi, di mana pun dan kapan pun, fakta tersebut berlaku.

Sedangkan penelitian kualitatif mempunyai implikasi yang terbatas pada situasi tertentu. Alhasil, jenis penelitian kualitatif hasilnya tidak bisa digeneralisasi dalam setting yang berbeda.

  1. Dilihat dari Representasi Data

Penelitian kuantitatif hasil penelitiannya bisa dipresentasikan dalam bentuk hasil penghitungan matematis. Nantinya, hasil penghitungan tersebut dianggap sebagai fakta yang sudah terkonfirmasi. Jenis penelitian ini mempunyai keabsahan yang ditentukan oleh validitas dan reliabilitas instrumen.

Sementara, penelitian kualitatif hasil penelitiannya berupa interpretasi peneliti terhadap suatu fenomena. Jadi, laporan penelitian yang dibuat dari jenis penelitian ini akan lebih banyak mengandung deskripsi.

  1. Dilihat dari Ciri-ciri

Penelitian kuantitatif dan kualitatif mempunyai beberapa ciri yang bisa Anda lihat dengan mudah. Penelitian kuantitatif mempunyai ciri untuk mengukur satu atau lebih variabel penelitian, menguji teori yang sudah dipilih peneliti, dan memfungsikan teori sebagai titik tolak.

Sedangkan penelitian kualitatif mempunyai ciri menggunakan lingkungan sebagai sumber data, mempunyai sifat deskriptif analitik, bersifat induktif, dan mengutamakan makna. Ada lagi ciri lainnya, yaitu tekanan pada proses bukan hasil.

Nah, perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif di atas bisa Anda pahami sekarang dengan mudah. Jadi, Anda tidak perlu lagi bingung atau keliru dalam membedakan dua jenis penelitian tersebut.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa penulisan Buku Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *