4 Cara Menerjemahkan Jurnal Bahasa Inggris Tanpa Ribet

4 Cara Menerjemahkan Jurnal Bahasa Inggris Tanpa Ribet

Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris tanpa harus mencarinya satu per satu dengan kamus. Ada banyak aplikasi dengan fitur canggih yang bisa Anda manfaatkan untuk menerjemahkan. Yuk simak pembahasan lengkap di bawah ini!

Ini Dia 4 Cara Menerjemahkan Jurnal

Berikut ini akan dibahas 4 cara mudah menerjemahkan jurnal, mulai dari aplikasi Microsoft Word, Google Drive, Google Translate, dan juga aplikasi android lain. Dimana beberapa diantara itu sudah dilengkapi dengan banyak fitur yang akan memudahkan berbagai kendala terkait penulisan dan terjemahan.

1. Microsoft Word

Ternyata Anda bisa memanfaatkan Ms Word untuk menerjemahkan jurnal lo. Caranya mudah, pertama bukalah file PDF dengan aplikasi Ms Word, lalu klik kanan pada jurnal PDF yang sudah tersimpan.

Selanjutnya pilih opsi Open With dan arahkan kursor pada opsi tersebut lalu pilihlah Ms Word. Langkah berikutnya terjemahkan jurnal dalam bentuk word ke dalam bahasa yang Anda inginkan. Jika sudah pilih tab review dan klik tulisan translate – translate document.

Di dalam menu translate dokumen Anda akan menemukan kotak dialog translate language option. Di bagian ini pilihlah kolom Translate From lalu pilih lagi bahasa jurnal yang ingin Anda terjemahkan. Sedangkan pada menu Translate to pilihlah bahasa terjemahan yang akan Anda pakai.

Jika sudah Anda atur Anda bisa klik OK. Setelah itu biasanya akan muncul pemberitahuan mengenai proses penerjemahan yang akan Anda lakukan, pilihlah send agar proses penerjemahan tersebut bisa dilanjutkan. Tunggu beberapa waktu hingga proses menerjemahkan tersebut selesai.

Perlu Anda tahu terlebih dahulu bahwa cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris dengan menggunakan Ms Word sangat terbatas hingga 10 halaman saja. Jika lebih dari 10 halaman maka sisanya tidak akan bisa diterjemahkan seperti keinginan Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih cara sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika yang akan Anda terjemahkan tidak lebih dari 10 halaman maka Anda bisa memanfaatkan Ms Word untuk menerjemahkannya.

2. Google Drive

Cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris yang kedua adalah dengan menggunakan Google Drive. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Google Drive yang sudah dikenal sebagai teknologi yang menyimpan segala dokumen penting dengan kapasitas yang cukup besar. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata Google Drive juga bisa digunakan untuk menerjemahkan dokumen dari bahasa Inggris atau bahasa asing lain ke bahasa yang diinginkan.

Untuk cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris dengan Google Drive pun sangat mudah. Pertama Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Google yang Anda miliki dengan menggunakan alamat email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Kemudian pilihlah menu Drive atau Drive Saya lalu klik tanda tambah di bagian pojok kiri atas.

Selanjutnya unggah jurnal yang ingin Anda terjemahkan dengan Google Drive, jika proses unggah sudah berhasil, Anda bisa klik kanan pada jurnal yang sudah tersimpan lalu piihlah opsi Open With dan pilih Google Dokumen. Apabila jurnal tersebut sudah terbuka dalam dokumen Google Anda bisa klik tab tool di bagian atas halaman.

Di situlah Anda bisa memilih opsi terjemahkan dokumen. Agar lebih mudah membedakan dokumen yang belum diterjemahan dengan dokumen yang sudah diterjemahkan Anda bisa mengedit nama dokumen di kolom paling atas dialog. Terakhir klik tombol biru yang ada di bagian bawah sebelah kiri dialog dan dokuman akan langsung diterjemahkan.

Kelebihan dari cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris dengan menggunakan Google Drive ada pada hasil terjemahannya yang bisa Anda download dalam bentuk dokumen. Dimana format jurnal yang sudah diterjemahkan akan sesuai dengan jurnal yang asli sehingga dokumen akan jauh lebih rapi.

3. Google Translate

Cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris yang ketiga adalah dengan menggunakan Google Translate. Penerjemah yang satu ini tentu sudah sangat familiar di tengah masyarakat. Karena kemampuannya yang bisa mengatur bahasa sekaligus, Google Translate sering digunakan untuk menerjemahkan kalimat panjang.

Dan ternyata situs bawaan dari Google ini juga bisa dipakai untuk menerjemahkan jurnal baik yang berupa dokuman ataupun PDF lo. Meskipun dengan menggunakan Google Translate menerjemahkan jurnal terlihat lebih mudah dan sederhana, namun Google Translate juga memiliki kekurangan yang wajib Anda tahu.

Kelemahan Google Translate terletak pada proses pemindahan hasil translate yang harus dilakukan secara menual per kata. Kemudian baru dipindahkan satu per satu ke dokumen word yang Anda inginkan.

4. Aplikasi Android

Cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi android. Untuk Anda pengguna android, cara ini sangat cocok untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi tentu akan lebih praktis, namun Anda harus menyediakan memori android yang besar untuk menyimpan aplikasi tersebut.

Beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda lakukan diantaranya Screen Translate, Google Terjemahan, dan juga Document Languange Translator. Ada juga beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan secara gratis. Sehingga Anda tidak perlu repot dan bingung lagi untuk menerjemahkan jurnal.

Setelah mengetahui 4 cara menerjemahkan jurnal bahasa Inggris di atas, kini Anda bisa memilih salah satu cara sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Dengan teknologi digital yang semakin maju kini menerjemahkan bahasa jadi jauh lebih mudah tanpa harus menerjemahkannya satu per satu dengan kamus secara manual.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *