5 Langkah Mudah untuk Review Jurnal Internasional

5 Langkah Mudah untuk Review Jurnal Internasional

Pernahkah Anda melakukan review jurnal internasional? Kegiatan ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga, terlebih untuk kaum mahasiswa. Biasanya para dosen akan memberikan tugas untuk mereview jurnal sebagai penilaian tugas atau penilaian akhir. Beberapa orang menganggap bahwa review jurnal sangat merepotkan.

Padahal, Anda juga bisa memasukkan sedikit opini ke dalam review jurnal. Akan tetapi, opini yang disampaikan haruslah sesuai dan bisa diterima oleh banyak pihak. Selain itu, usahakan opini yang dicantumkan tidak menimbulkan permasalahan. Kegiatan review jurnal mempunyai tujuan untuk memberikan informasi terkait artikel jurnal.

Langkah Mudah untuk Review Jurnal Internasional

Review jurnal diharapkan bisa membantu pembaca untuk memahami garis besar jurnal tanpa harus membaca jurnal tersebut secara langsung. Hal ini tentunya secara tidak langsung akan membantu pembaca untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dari jurnal. Jika Anda ingin mencoba melakukan review terhadap jurnal, berikut beberapa langkah mudahnya.

Memilih Artikel Jurnal yang Berkualitas

Langkah pertama yang bisa Anda coba sebelum membuat review dari jurnal internasional adalah dengan memilih jurnal. Meski labelnya internasional, bukan berati jurnal tersebut semuanya bisa dipercaya. Beberapa jurnal nyatanya berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Belum lagi tata bahasannya yang cukup berantakan.

Alhasil, isi dari jurnal tersebut bisa memiliki pengertian yang salah karena bahasanya yang berantakan. Itulah kenapa penting sekali untuk memilih jurnal yang berkualitas. Karena semakin berkualitas jurnal, semakin berkualitas pula review yang dibuat. Biasanya, jurnal berkualitas bisa dilihat apakah terindeks scopus atau tidaknya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan jurnal berkualitas. Pertama, perhatikan abstrak dan pengantar dari artikel jurnal. Apakah bagian abstrak tersebut sudah merangkum artikel atau belum, masalah yang dibahas, teknik, struktur, dan lain sebagainya. Karena bagian ini sangat membantu penulis dalam menentukan garis besar isi jurnal.

Kedua, lakukan evaluasi referensi atau tinjauan pustaka sebelum membuat review jurnal internasional. Pastikan jika sumber dari jurnal yang dipilih berasal dati sumber terpercaya. Hal paling penting adalah apakah sumber rujukan sesuai di bidang penelitian atau nama yang terkenal saja. Selain itu, Anda bisa memeriksa metode penelitian.

Tidak hanya itu saja, penting untuk menilai sejauh mana kualitas jurnal tersebut menghasilkan data dan hasil terbaik. Lakukan juga evaluasi terhadap bukti dan analisis non ilmiah. Terakhir, Anda bisa menilai gaya tulisan untuk menentukan seberapa bagus kualitas jurnal internasional yang dipilih.

Mulai Membaca Jurnal Internasional

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk review jurnal internasional adalah mulai membaca. Cobalah untuk memulai membaca bagian abstrak. Setelah itu, bisa melanjutkan dengan membaca bagian metodologi, hasil, dan pembahasan. Jika jurnal yang dipilih dirasa terlalu berat temanya, cobalah untuk membaca secara perlahan.

Paling tidak Anda harus tahu garis besar secara keseluruhan dari jurnal yang akan direview. Jika sudah mengetahuinya, maka membuat review akan terasa lebih mudah. Hal ini karena penulis hanya perlu membaca sekali lagi jurnal internasional tersebut secara menyeluruh. Lakukan secara berulang untuk membuat isi jurnal melekat di benak.

Mencatat Poin Penting

Sambil membaca, ada baiknya langsung membuat atau mencatat beberapa poin penting. Hal ini tentunya akan memudahkan penulis dalam melakukan review jurnal internasional. Apalagi jika penulis adalah tipe orang yang mudah lupa. Jadi, tidak perlu lagi membaca ulang jurnal secara keseluruhan. Tinggal membaca poin-poin penting dan membuat ulasannya.

Biasanya ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat review jurnal. Mulai dari judul jurnal, nama pengarang, nama jurnal, volume, issue, tahun terbit, sampai halaman. Tidak sampai di sini saja, tapi penulis juga harus menentukan tujuan dari penelitian, bahan dan prosedur, hasil dan pembahasan, sampai keunggulan dan kelemahan jurnal.

Memperhatikan Format Penulisan Jurnal

Langkah yang bisa dilakukan untuk membuat review jurnal internasional adalah memperhatikan format penulisan jurnal. Biasanya, dosen akan memberikan sejumlah format tertentu yang harus diikuti oleh para mahasiswa. Namun, ada juga dosen yang tidak terlalu ambil pusing soal format penulisan review jurnal.

Jika begitu, Anda hanya perlu memilih format penulisan review jurnal yang paling lengkap. Tujuannya agar review jurnal terlihat lebih menarik, rapi, dan nyaman saat dibaca. Selain itu, cobalah untuk memilih format penulisan review yang menggunakan tabel. Karena penggunaan tabel membuat pembaca bisa menangkap informasi lebih cepat.

Mulai Menulis Jurnal

Langkah selanjutnya adalah mulai menulis jurnal. Jika Anda masih ragu, cobalah untuk membuat draftnya secara kasar. Ditambah dengan poin penting yang sudah dicatat, tentunya aktivitas review akan menjadi mudah. Bahkan, penulis akan merasa jika membuat review jurnal terasa menyenangkan.

Hal pertama yang bisa Anda tulis adalah identitas jurnal. Identitas ini penting untuk memudahkan pembaca menemukan informasi yang dibutuhkan. Contohnya nama pengarang, judul artikel jurnal, nomor volume, tanggal publikasi, dan lainnya.

Setelah itu, Anda bisa memulai menulis ringkasan isi jurnal sebagai paragraf pembuka. Bagian ini bisa berisikan latar belakang, tinjauan pustaka, metode penelitian, sampai teori yang digunakan. Ringkasan jurnal haruslah menjelaskan tentang jurnal, tujuan penulisan, dan hasilnya seperti apa.

Jika sudah, maka Anda bisa menulis gagasan atau pendapat pribadi terkait jurnal. Langkah terakhir, buatlah kesimpulan dari hasil review. Kesimpulan bisa berupa pemahaman atau pendapat terkait isi jurnal secara keseluruhan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali apa yang ditulis, ya.

Meski review jurnal internasional yang harus dilakukan, bukan berati kegiatan akademik ini sangat membosankan. Anda bisa memilih tema yang relevan dengan bidang studi dan minat. Dengan begitu, pastinya review akan terasa lebih mudah dan cepat selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *