5 Tips Menulis Jurnal Ilmiah Internasional Secara Efektif

5 Tips Menulis Jurnal Ilmiah Internasional Secara Efektif

Secara umum, menulis jurnal ilmiah internasional dibutuhkan untuk kepentingan edukasi. Biasanya salah satu syarat untuk pengajuan thesis dan disertasi mewajibkan untuk membuat jurnal ilmiah internasional.Jurnal ilmiah yang baik dapat menjadi bukti aset kekayaan intelektual yang akan bermanfaat bagi penulisnya.

Syarat Jurnal Ilmiah Internasional

Jika ingin tulisan jurnal ilmiah Anda dapat dijadikan referensi skala dunia, maka harus memenuhi syarat jurnal ilmiah internasional. Syarat jurnal ilmiah internasional yang baik adalah sebagai berikut.

  1. Karya ilmiah harus sesuai dengan kaidah dan etika keilmuan yang relevan dengan materi
  2. Jurnal sudah terdaftar secara resmi dan memiliki nomor ISSN (International Standard Serial Number)
  3. Selain ditulis dalam bahasa nasional, jurnal ditulis dalam bahasa resmi PBB : Inggris, Perancis, Arab, Tiongkok dan Rusia.
  4. Jurnal sudah diterbitkan dalam versi online
  5. Pengelolaan jurnal sudah secara profesional: dieditori pakar bahasa dan ahli terkait.
  6. Artikel yang diterbitkan berasal dari sebuah isu tertentu, baik dari negara asal maupun negara lainnya di seluruh penjuru dunia
  7. Dapat terindeks oleh database internasional seperti Scopus dan Web of Science.

Tips Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional

Berikut ini akan dijelaskan 5 tips dalam penulisan jurnal ilmiah internasional yang efektif untuk dilakukan.

  1. Siapkan Tools Modern

Anda dapat menyiapkan tools medern yang akan membantu Anda dalam mengenkripsi data yang berasal dari seluruh dunia. Bantuan dari Mandeley, Zotero, dan EndNote dapat dijadikan referensi pendamping dalam proses menulis jurnal ilmiah internasional Anda. Bantuan dari beberapa tools tersebut juga akan memberi tahu Anda tentang aspek plagiarisme dan alternatif kalimat yang relevan dengan tulisan Anda.

  1. Belajar dari Tools Elektonik

Tak hanya menyiapkan tools modern, Anda juga harus belajar menggunakan tools elektronik semacam Google Scholars. Tools ini akan membantu Anda mencari variasi kata dan mengakses database lain agar tersusun kalimat ilmiah yang baik dan mudah dimengerti. Satu kata akan terdata dalam ribuan kalimat yang bisa Anda sesuaikan kaidah dan grammar-nya. Hal ini akan semakin memudahkan Anda untuk menyeleksinya sebagai kalimat pendukung.

  1. Belajar Umpan Balik dari Pembimbing

Mahasiswa yang menulis jurnal ilmiah internasional, sebaiknya didampingi oleh pembimbing yang kompeten. Baik oleh dosen maupun tenaga bahasa ahli. Hal ini akan membuat Anda lebih memahami mengenai struktur dan aturan dalam berbahasa, khususnya Bahasa Indonesia. Dalam konteks pembuatan jurnal ilmiah, tentu Anda juga akan membutuhkan referensi bahasa yang benar dalam bahasa asing dengan tata bahasa yang baik.

Beberapa teknik umpan balik yang bisa dipelajari antara lain sebagai berikut.

  • Pemilihan Tema Penulisan

Tak hanya harus benar secara teknik, tema yang akan ditulis harus memiliki landasan kuat yang membumi. Anda bisa menggunakan bahasan tentang isu terkini yang dikemas dengan sudut pandang pembelajaran Anda. Tentu saja hal ini akan menjadi bahan bacaan yang fresh di kalangan mahasiswa atau orang lain yang sedang mempelajarinya.

  • Pemilihan Bahan Tulisan yang Edukatif’

Dengan menulis jurnal ilmiah internasional yang edukatif, Anda juga sudah memberikan image positif atas diri Anda. Pastikan sumber referensi yang Anda jadikan acuan memang berasal dari laman yang resmi, tepercaya, dan bisa dipertanggungjawabkan.

  • Teknik Membuat Reviewer Terkesan

Sebagai makalah calon jurnal internasional, Anda juga perlu mempelajari rangkaian bahasa yang akan dapat membuat para reviewer terkesan. Hal ini akan membantu menaikkan rate jurnal Anda pada laman teratas pencarian. Semakin banyak dilihat, tentu akan semakin banyak pula orang yang akan membacanya.

  • Memperhatikan Penulisan Daftar Pustaka

Berani menulis jurnal ilmiah internasional artinya juga berani mempertanggungjawabkan isinya. Anda harus mencantumkan sumber daftar pustaka dengan benar, menuliskan dengan bahasa baru tanpa terdeteksi plagiat. Dengan demikian, jurnal Anda memiliki kredibilitas yang kuat sebagai salah satu sumber informasi ilmiah yang baik.

  1. Belajar tentang Artikel Penelitian Jurnal Target

Agar orang lain semakin mendapatkan manfaat dari jurnal ilmiah internasional yang Anda tulis, belajarlah tentang jurnal target. Caranya dengan menganalisis bahasa artikel yang akan menjadi target tulisan Anda. Meskipun terinspirasi dari beberapa saduran kalimat, Anda juga harus memikirkan kalimat baru yang relevan, tetapi tidak menunjukkan plagiarisme pada artikel yang dijadikan referensi.

  1. Belajar Tata Kaidah Penulisan yang Benar

Dalam prosesnya, jika ingin menerbitkan jurnal ilmiah internasional, Anda juga harus memahami tata kaidah penulisan yang baik. Paham peletakan konjungsi, tanda baca, dan struktur kalimat yang benar. Dengan berbekal hal ini, Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan hasil tulisan jurnal ilmiah internasional dengan lebih efektif.

Dengan memahami tips menulis jurnal ilmiah internasional di atas, diharapkan Anda dapat menyelesaikan tulisan ilmiah Anda dengan baik. Teknik yang telah dijabarkan bisa menjadi salah satu patokan untuk menyajikan jurnal ilmiah yang berkualitas. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang bisa merasakan manfaat atas jurnal yang Anda tuliskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *