6 Trik Cara Mengubah Artikel Ilmiah Menjadi Artikel Populer Yang Menarik

Tugas menulis artikel ilmiah tentu sudah menjadi hal yang tidak bisa dihindari karena pembuatan artikel ilmiah sudah menjadi pertimbangan utama untuk kelulusan mahasiswa.

Namun, sering sekali artikel ilmiah yang sudah jadi sulit dimengerti oleh pembaca khususnya mereka yang bukan berasal dari bidang tertentu sehingga artikel tersebut harus diubah menjadi artikel populer yang menarik jika ingin artikel tersebut dibaca oleh lebih banyak orang.

Artikel populer sendiri hampir sama seperti artikel ilmiah karena keduanya membahas hasil penelitian, akan tetapi artikel populer memuat rangkuman artikel ilmiah dengan metode penyajian bahasa yang ringan sehingga lebih mudah dimengerti dan bisa dibaca oleh lebih banyak pembaca.

Mengubah artikel ilmiah menjadi artikel populer yang menarik tentu bukan merupakan tugas yang mudah. Oleh karena itu, bagi anda yang diharuskan untuk mengubah artikel ilmiah menjadi artikel populer, trik berikut ini akan memberi tahu anda bagaimana cara mengubahnya.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Turunkan Turnitin Klik Disini

6 Trik cara mengubah artikel ilmiah menjadi artikel populer yang menarik

  1. Pilih judul yang menarik

Hal pertama yang dapat menarik perhatian pembaca untuk membaca suatu artikel adalah judul karena judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca. Oleh karena itu, usahakan sebaik mungkin anda membuat judul yang dapat menarik perhatian.

Terdapat banyak cara untuk membuat judul artikel terlihat lebih menarik, tetapi secara umum cara di bawah ini merupakan cara yang paling sering dipakai.

  • Berikan janji yang bisa didapat pembaca jika membaca artikel populer tersebut atau beri tahu apa yang bisa mereka lewatkan jika mereka tidak membaca artikel.
  • Gunakan kalimat yang spesifik terhadap kebutuhan si pembaca.
  • Gunakan kata kerja aktif agar judulnya terlihat lebih hidup dan lebih menarik untuk dibaca.
  • Usahakan anda membuat judul yang pendek, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan artikel.
  1. Perhatikan panjang artikel yang ingin ditulis

Sebelum menulis isi artikel, sebaiknya anda perhatikan dulu panjang artikel yang ingin ditulis karena hal ini akan membantu anda dalam merangkum materi apa saja yang perlu ditulis di artikel populer dan membuat isi artikel anda terlihat lebih enak untuk dibaca.

Biasanya, panjang terbaik untuk artikel populer adalah sekitar 600 sampai 800 kata, tetapi bisa sampai ribuan tergantung dengan informasi yang ada di artikel ilmiahnya.

Untuk mengetahui seberapa panjang artikel yang harus anda tulis, anda bisa memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Ketertarikan informasi di artikel ilmiah

Jika informasi yang ada di artikel ilmiah terlihat lebih menarik daripada biasanya seperti penemuan baru atau fakta yang jarang diketahui, maka anda bisa membuat artikelnya sedikit lebih panjang.

  • Target pembaca

Tergantung dengan target audiens anda, panjang artikel bisa berbeda karena setiap audiens memiliki pemahaman dan kebutuhan yang berbeda. Jika target audiens anda adalah dosen atau profesor luar, maka anda harus membuat artikelnya lebih panjang. Jika audiensnya adalah orang biasa, maka anda bisa membuat artikel yang lebih pendek.

  • Tujuan penulisan

Jika tujuan anda mengubah artikel ilmiah menjadi artikel populer demi mendapat pembaca yang lebih banyak, anda bisa membuat artikel yang lebih pendek semenjak orang biasa lebih suka membaca artikel yang singkat. Jika tujuannya adalah untuk mendapat penilaian atau review, maka anda bisa membuat artikel yang lebih panjang.

  1. Gunakan bahasa yang ringan atau yang mudah dimengerti

Anda juga perlu memperhatikan penggunaan bahasa ketika membuat artikel populer. Hal ini penting karena penggunaan bahasa akan menentukan seberapa lama anda bisa menahan ketertarikan pembaca untuk terus membaca artikel anda sampai habis.

Pastikan anda memakai penggunaan bahasa yang disukai oleh pembaca awam. Bahasa yang perlu anda gunakan harus ringan, lugas, non teknis, dan sederhana sehingga pembaca dapat memahami isi dari artikel populer yang anda buat dan dapat membacanya hingga sampai bagian akhir.

  1. Tulis paragraf pembuka yang singkat, padat, dan menarik

Anda mungkin mau memusatkan sebagian besar waktu Anda untuk pembuatan paragraf pembuka. Hal ini mungkin terdengar sulit, tetapi sangat penting untuk mendapat pembaca yang lebih banyak karena paragraf pembuka akan menggambarkan atau mewakili isi artikel yang anda tulis.

Jika pembaca merasa pembuka paragraf terlihat menarik, maka mereka akan berpikir kalau isinya juga menarik sehingga patut dibaca. Jika pembukanya tidak menarik, maka mereka tidak akan membaca sampai habis.

Untuk membuat paragraf pembuka anda terlihat menarik, tulis inti pokok yang bisa didapat pembaca jika mereka mau lanjut membaca, pastikan anda menulis paragraf pembuka dengan singkat, tetapi padat. 2 atau 3 kalimat sudah cukup untuk membuat paragraf pembuka yang menarik.

  1. Tutup artikel dengan paragraf yang kuat

Selain pembuka, anda juga perlu memperhatikan penutup karena bagian penutup akan memberikan penilaian pembaca terhadap artikel populer yang anda tulis.

Dalam penulisan bagian penutup, anda bisa menggunakan paragraf yang berisi kesimpulan dari semua materi yang anda bahas dalam artikel populer.

  1. Pastikan tema artikel merupakan yang aktualitas

Terakhir, anda harus memastikan kalau artikel populer yang anda tulis benar-benar dapat menarik perhatian pembaca. Caranya adalah dengan menulis artikel yang aktualitas atau materi artikel yang ditulis berkaitan dengan isu yang sedang berkembang di masyarakat.

Hal ini akan memberi anda kesempatan untuk menjangkau audiens di luar bidang anda semenjak kebanyakan orang akan mencari topik yang sedang hangat dibicarakan meskipun topik itu tidak memiliki kaitan dengan bidang mereka.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Turunkan Turnitin Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *