7 Tips Mengubah Skripsi, Tesis atau Disertasi Menjadi Buku Referensi

7 Tips Mengubah Skripsi, Tesis atau Disertasi Menjadi Buku Referensi

Mengubah tugas akhir menjadi buku referensi cukup sering dilakukan oleh para dosen. Dosen yang menerbitkan sebuah buku, khususnya jenis buku referensi akan mendapatkan maksimal 40 poin untuk poin kredit jabatan dosen. Namun, tidak mudah untuk mengubah skripsi, tesis atau disertasi menjadi sebuah buku referensi.

Banyak perubahan yang harus dilakukan ketika mengkonversi tugas akhir menjadi sebuah buku referensi. Hal ini karena bentuk penulisan tugas akhir dan buku berbeda, sehingga diperlukan banyak penyesuaian, mulai dari struktur, gaya bahasa, hingga isi buku.

7 Tips Mengubah Skripsi, Tesis atau Disertasi Menjadi Buku Referensi

Tidak hanya untuk mendapatkan poin kredit, sebagian dosen memang ingin mengubah tugas akhir menjadi buku referensi karena ingin penelitiannya bisa bermanfaat untuk orang lain. Beberapa hal berikut ini harus Anda lakukan ketika ingin mengubah skripsi, tesis atau disertasi menjadi buku referensi.

  1. Mengubah Judul

Judul sebuah tugas akhir sangat kaku dan tidak ada unsur “pemasaran” yang bisa menarik pembaca. Judul tugas akhir pun umumnya panjang dan menjadi terlalu panjang jika dipakai untuk judul sebuah buku. Oleh karena itu, meskipun harus sesuai dengan isinya, judul harus diubah menjadi lebih simpel dan memiliki nilai daya tarik.

  1. Mengembangkan Isi Pembahasan

Tugas akhir umumnya hanya merangkum 5-7 bab saja, sedangkan tebal buku referensi harus memenuhi standar UNESCO yaitu tebal minimal 40 halaman dengan ukuran 15,5 cm x 23 cm. Oleh karena itu, perlu ada pengembangan agar membuat banyak bab dan membahas permasalahan lebih rinci.

Bab yang paling banyak terpakai ketika mengubah tugas akhir menjadi buku referensi adalah bab metode penelitian dan hasil serta pembahasan. Pembahasan dalam tugas akhir umumnya dijelaskan secara singkat padat, sehingga perlu dikembangkan lagi untuk menjadi sebuah buku referensi.

  1. Mengubah Cara Penyajian

Struktur skripsi, tesis dan disertasi yaitu pendahuluan, metodologi, analisis, kesimpulan, dan lainnya. Sedangkan, struktur isi buku referensi yaitu bagian luar, bagian dalam dan bagian belakang. Setiap bagian memiliki sub bagiannya.

Khususnya untuk bagian isi utama buku, penyajian pembahasan tidak menggunakan struktur tugas akhir, tetapi mempunyai bagian dengan tema utama lalu tema kecil dengan sub-sub bab. Perbedaan struktur ini yang membuat penyajian isi pembahasan harus diubah.

Contohnya jika dalam tugas akhir metodologi dan pembahasan berada di bab yang berbeda, sedangkan dalam buku referensi penyajian pembahasan dan metode bisa berada dalam bab yang sama, tergantung dari tema bab yang dibahas.

  1. Tidak Semua Harus Dimasukkan

Saat mengubah tugas akhir menjadi buku referensi, tidak semua isi di dalamnya harus ditulis kembali ke dalam versi buku. Bagian-bagian dari skripsi, tesis atau disertasi yang tidak diperlukan dalam buku lebih baik dipangkas atau diedit. Meskipun dalam disertasi bagian itu penting, belum tentu cocok jika untuk sebuah buku.

Target buku referensi lebih luas dibandingkan skripsi, tesis atau disertasi. Sehingga pembahasan dan gaya bahasanya pun perlu diubah. Jika misalnya ada kalimat yang panjang dan bertele-tele, lebih baik diperbaiki kalimatnya agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum.

Selain itu, bisa juga diganti penyajiannya dengan menggunakan grafik atau tabel. Jika ada bagian yang dirasa tidak perlu ada dibuku, maka tidak diperlu dimasukkan, tidak usah repot-repot diedit atau semacamnya jika memang tidak perlu ada di dalam buku.

  1. Kurangi Kutipan Langsung

Jika dalam tugas akhir Anda yang akan dijadikan buku referensi terdapat banyak kutipan langsung, maka lebih baik dikurangi atau bahkan dihilangkan untuk versi buku. Ubah kutipan-kutipan tersebut menjadi bentuk kalimat tidak langsung. Isi buku referensi jarang sekali banyak kutipan langsung.

Hal ini karena beberapa alasan, yaitu untuk mengurangi jumlah tinjauan pustaka, tidak terlalu cocok untuk jenis buku referensi, dan jika kutipan tersebut cukup sulit dimengerti, Anda dapat memaparkan ulang sehingga lebih mudah untuk dipahami.

  1. Mengubah Gaya Bahasa

Hal penting lainnya ketika mengubah tugas akhir menjadi buku referensi yaitu mengubah gaya bahasa. Gaya bahasa pada buku referensi memang harus formal karena termasuk karya ilmiah. Namun, gaya bahasa buku referensi tetap berbeda dari skripsi, tesis dan disertasi.

Anda harus menggunakan gaya bahasa yang biasa digunakan untuk buku referensi. Bacalah beberapa buku referensi agar Anda bisa mengetahuinya dan membedakan dengan gaya bahasa pada tugas akhir. Selain itu, hindari pengulangan kata yang sama, terlalu banyak menggunakan istilah yang asing, dan bahasa yang tidak jelas.

  1. Mengubah Kesimpulan Menjadi Implementasi

Dalam buku referensi jarang sekali ada bab kesimpulan karena dirasa tidak perlu. Jika di tema/bab akhir ingin ada penutupan, Anda dapat memaparkan implementasi atau manfaat dari isi buku tersebut. Bagi pembaca buku, bab implementasi lebih penting dibandingkan kesimpulan karena mereka dapat mengetahui manfaat dari penelitian tersebut.

Cara Mengubah Tugas Akhir Menjadi Buku Referensi

Buku referensi memiliki format atau struktur khusus. Jika Anda sudah mengembangkan pembahasan dan mengerti tentang hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, Anda hanya perlu menyusun sesuai dengan struktur buku referensi.

Anda hanya perlu menambahkan beberapa hal lainnya, seperti kata pengantar, sambutan, prakata, epilog dan sebagainya. Pembuatan buku referensi memang sedikit lebih rumit dari buku biasanya karena jenisnya yang termasuk buku ilmiah.

Mengubah tugas akhir menjadi buku referensi sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang banyak karena strukturnya yang kompleks. Jika Anda ingin membuat buku referensi, tetapi sibuk dengan kegiatan lain, Kami menyediakan jasa membuat buku referensi yang bagus dan terpercaya.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *