Apa Itu Aplikasi Turnitin ?

Sebagai seorang mahasiswa, tentu kamu banyak sekali mendapatkan tugas, entah itu membuat sebuah makalah atau sebuah penelitian. Dalam membuat karya tulis, sudah pasti dilarang keras untuk menjiplak tulisan orang lain bukan ? Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas sebuah software atau webisite yang memang dirancang khusus untuk aktivitas akademis, termasuk melakukan pengecekkan plagiasi atau penjiplakan. Dengan cara ini kamu akan terbantu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen dengan mudah.

Turnitin, Software Pendeteksi Plagiarisme

Bagi yang masih awam, Turnitin adalah sebuah nama dari sebuah website yaitu www.turnitin.com. Website ini memiliki fasilitas untuk melakukan pengecekkan terhadap sebuah tulisan atau dokumen yang diunggah, apakah di dalamnya terdapat indikasi penjiplakan atau plagiarisme. Dengan melakukan pengecekkan terhadap suatu karya tulis atau dokumen,maka keaslian dari karya tersebut bisa teruji dan terjamin.

Sebenarnya, website Turnitin ini sendiri sudah ada cukup lama karena sudah diluncurkan 24 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1997. Umumnya Turnitin digunakan di perguruan tingi atau universitas besar di seluruh dunia. Kenapa Turnitin di gunakan di perguruan tinggi ?

Di lapangan, bisa ditemui banyak sekali kasus mahasiswa yang membuat tugas kuliah atau sebuah karya penelitian yang dengan asal menjiplak tulisan orang lain. Hal inilah yang membuat khawatir, pasalnya plagiasi adalah tindakan yang tidak dibenarkan. Akan sangat berbahaya jika tulisan tersebut langsung di copy-paste, tanpa mencantumkan sumber resminya.

Perguruan tinggi atau universitas bisa terancam nama baiknya jika mahasiswa terindikasi melakukan tindakan plagiasi di tugas akhir kuliahnya (skripsi, tesis, hingga disertasi).  Oleh karena itu, Turnitin ini bisa menjadi alternatif aman untuk mengecek keaslian sebuah tulisan atau dokumen, baik oleh dosen mau pun mahasiswa. Dengan alasan ini, diharapkan semua orang, terutama para akademisi, memahami betapa pentingnya originalitas sebuah karya.

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Manfaat Menggunakan Turnitin

Saat ini ada banyak sekali website untuk mengecek plagiarisme yang ada di internet. Namun jika untuk melakukan pengecekkan keaslian sebuah karya ilmiah, Turnitin lebih direkomendsikan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan Turnitin ini, yaitu

  1. Website Pendekeksi Plagiasi Yang Resmi.

Tidak seperti alat pendeteksi plagiarisme yang bisa ditemukan dengan mudah di internet, Turnitin cukup berbeda. Website ini sebenarnya merupakan sebuah pendeteksi plagiarisme berbayar dan cukup mahal. Jika digunakan secara secara pribadi, mungkin hampir semua orang merasa keberatan. Nah, oleh karena itu, di sebagian besar perguruan tinggi biasanya membeli lisensi dari Turnitin ini untuk digunakan secara masif, terutama oleh civitas akademisi di perguruan tinggi tersebut.

Biasanya, sebelum digunakan oleh banyak mahasiswa, sebuah institusi akan menunjuk seorang admin yang akan bertugas untuk membuatkan akun Turnitin untuk para dosen, yang nantinya dosen tersebut akan membuat sebuah kelas Turnitin yang bisa digunakan oleh para mahasiswa untuk mengoreksi tugas,  mendeteksi kesamaan kalimat yang ada di dalam skripsi, atau pun sebagai tempat untuk mengumpulkan tugas suatu mata kuliah tertentu.

  1. Website Turnitin Menjamin Privasi Dari Dokumen Yang Diperiksa

Ketika kamu memiliki sebuah draft skripsi, maka akan sangat penting untuk melakukan pengecekkan plagiasi. Meskipun ada banyak sekali alat untuk memeriksanya, namun kamu juga harus waspada jangan sampai alat, aplikasi, atau website yang digunakan akan merekam hingga menyimpan dokumen yang akan kamu cek.

Hal ini penting untuk kamu perhatikan dengan cermat, karena tidak sedikit pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengumpulkan berbagai macam dokumen yang diperiksakan tingkat plagiasinya dan besar kemungkinan dokumen tersebut akan di salah gunakan, entah untuk dijual, diterbitkan dengan nama orang lain, dan sebagainya.

Nah, dengan menggunakan Turnitin ini, kamu bisa mengupload dokumen yang akan diperiksa keasliannya dengan tenang. Turnitin ini memiliki fitur “No Repository“ yang di mana jika fitur ini dinonaktifkan maka dokumen yang sudah diunggah tidak akan tersimpan di server Turnitin.

  1. Turnitin Menjamin Keaslian Naskah

Sebagai sebuah aplikasi atau website yang digunakan oleh akademisi untuk memeriksa keaslian sebuah naskah atau dokumen, maka sudah pasti Turnitin ini bisa menjamin keaslian atas tulisan yang diperiksanya. Dengan cara ini, mahasiswa atau dosen bisa menjamin keaslian naskah yang sudah ditulisnya sehingga karya tulis yang sudah dibuat bisa dipertanggung jawabkan keasliannya.

Hal ini juga selaras dengan program pemerintah untuk mencegah tindak penjiplakan karya tulis atau plagiasi. Selain itu, dengan penjaminan keaslian sebuah karya tulis, si penulis hingga institusi yang menaungi akan terbebas dari sanksi memoratorium yang sering dikeluarkan oleh pihak Dikti. Biasanya sanksi ini berikan kepada seseorang atau institusi yang ketahuan menjiplak sebuah karya, dalam bentuk penangguhan jabatan, pencabutan gelar yang diberikan kepada mahasiswa, hingga penangguhan sertifikasi dosen.

  1. Turnitin Memiliki Banyak Kelebihan Di Bandingkan Yang Lain

Dalam mengecek suatu plagiasi, Turnitin memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki oleh website pendeteksi plagiasi yang lain. Sebagai contoh, Turnitin memiliki fasilitas side by side comparison. Tools ini bisa digunakan sebagai alat untuk membandingkan dokumen yang diupload di Turnitin dengan hasil pengecekkan. Dengan kata lain, tools ini bisa menampilkan dua jendela di satu layar secara bersamaan.

Selain itu, Turnitin juga mampu melakukan scan atau pengecekkan terhadap berbagai jenis format dokumen, mulai dari doc, docx, txt, hingga file pdf sekali pun.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan aplikasi Turnitin ini ? Jika iya, maka jangan lupa untuk bertanya kepada pihak kampus terlebih dahulu ya.

Jika kamu memiliki kendala dalam pengecekkan Turnitin, kami menyediakan jasa parafrase untuk menurunkan persentase Turnitin. Dibantu oleh tim  berkualitas dan berpengalaman di bidangnya serta harga yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan pengecekkan Turnitin di kami.

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *