Aplikasi dan Situs untuk Melakukan Translate Jurnal Online dengan Mudah

Aplikasi dan Situs untuk Melakukan Translate Jurnal Online dengan Mudah

Apakah Anda sedang mencari aplikasi atau situs yang bisa translate jurnal online? Jika iya, maka bisa membaca ulasan di bawah ini. Bagi kalangan mahasiswa, jurnal adalah sesuatu yang tidak asing lagi. Terlebih sering kali dosen memberikan tugas berupa review jurnal sehingga mahasiswa harus mencari jurnal tertentu.

Jurnal adalah kumpulan artikel yang mempunyai tema atau bidang tertentu. Jenisnya pun sangat banyak, mulai dari jurnal penelitian, jurnal ilmiah, jurnal pendidikan, jurnal nasional, sampai jurnal internasional. Salah satu jenis jurnal yang biasanya diinginkan oleh dosen adalah jurnal internasional.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Aplikasi atau Situs untuk Translate Jurnal Online

Saat dosen ingin salah satu sumbernya berasal dari internasional, tentunya banyak mahasiswa yang merasa kesulitan. Terlebih jika tidak menguasai bahasa asing. Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi atau situs untuk membantu melakukan translate terhadap jurnal. Berikut beberapa aplikasi atau situsnya.

Menggunakan Situs Google Terjemahan

Salah satu situs yang bisa digunakan untuk membantu translate jurnal adalah Google Terjemahan. Namun, keefektifan dari situs ini tergantung dari teks dan bahasa asli pada jurnal. Jika jurnal tersebut dibuat menggunakan penulisan sesuai standar, maka hasilnya akan bagus dan bisa dipahami oleh pembaca.

Salah satu keunggulan dari Google Terjemahan adalah metode yang digunakan untuk menerjemahkan dokumen. Contohnya metode masukkan file dokumen, opsi keyboard, dan tulisan tangan. Selain itu, Google Terjemahan menawarkan lebih dari 100 bahasa. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat mencari referensi jurnal dengan beragam bahasa asing.

Fitur yang tersedia di Google Terjemahan adalah kemampuan untuk berbagi, menyimpan, mendengarkan, sampai menyalin teks hasil terjemahan. Tidak heran jika banyak yang menggunakan website ini untuk melakukan translate bahasa asing. Namun, kelemahan dari situs ini adalah tata bahasa yang tidak selalu benar dan beberapa sulit dipahami.

Online Doc Translator

Cara yang bisa Anda lakukan untuk translate jurnal online bisa menggunakan Online Doc Translator. Website ini bisa membantu melakukan translate jurnal dalam bentuk dokumen PDF tanpa mengubah bentuk layout. Salah satu keunggulan dari situs tersebut adalah menerjemahkan file lebih dari 10 halaman.

Caranya pun mudah, yakni dengan mengunjungi situs resmi Online Doc Translator. Setelah halaman terbuka, pilih menu atau link dengan tulisan Terjemahkan Sekarang. Tekan menu itu dan nantinya akan diarahkan ke form translation. Melalui form tersebut, Anda bisa menekan menu upload file. Jangan lupa untuk mengganti pilihan bahasa yang diinginkan.

Menggunakan Google Drive

Aplikasi yang bisa membantu untuk translate jurnal online adalah Google Drive. Jika Anda belum mempunyai akun, bisa menyambungkannya terlebih dahulu. Biasanya, Google Drive akan terhubung dengan alamat email pengguna. Jika sudah, Google Drive bisa digunakan sebagai akses untuk masuk dan melakukan translate file.

Ada beberapa cara mudah yang bisa membantu untuk menerjemahkan dokumen. Pertama, tekan menu di bagian My Drive, lalu pilih Upload File jika dokumen yang ingin diterjemahkan ada di folder perangkat. Setelah memasukkan file dokumen yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah membuka file melalui Google Docs.

Caranya dengan klik kanan, pilih menu Buka Dengan, lalu pilih Google Dokumen. Setelah itu, pilih menu Alat dan klik menu Terjemahkan Dokumen. Anda tidak perlu khawatir jika dokumen asli akan berubah karena biasanya muncul pop up untuk membuat dokumen salinan. Masukkan judul dokumen, lalu pilih bahasa yang diinginkan untuk diterjemahkan.

Aplikasi Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Word mempunyai fungsi utama untuk membaca file ke dalam berbagai format. Siapa sangka jika aplikasi Microsoft Word ternyata bisa membantu memudahkan dalam translate jurnal online. Apakah Anda sudah tahu fungsi lain dari aplikasi ini?

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menerjemahkan jurnal adalah membuka dokumen ke dalam Ms. Word. Setelah itu, pilih menu atau tab Review, pilih Translate, dan klik menu Translate Dokumen. Nantinya di bagian kolom Translation Language Option, atur bahasa dasar dari dokumen asli dan pilih bahasa hasil terjemahan.

Setelah itu, tinggal tunggu hasil terjemahan jurnal dan biasanya akan muncul di web browser default. Aplikasi ini akan terasa lebih efektif jika menggunakannya untuk translate jurnal dengan halaman kurang dari 10 halaman.

Situs Yandex

Situs yang bisa membantu untuk menerjemahkan jurnal secara online adalah Yandex. Platform ini memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan dalam bentuk teks, situs web, atau gambar.

Salah satu keunggulan dari situs Yandex adalah antarmuka yang menarik dan kinerja yang cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs ini untuk belajar bahasa baru, lho. Salah satu fitur dari Yandex adalah memeriksa ejaan dan menyarankan perbaikan jika hasil terjemahan buruk.

Selain itu, situs ini mendukung input dan output suara. Sayangnya, di situs Yandex penerjemah gambar hanya mendukung file yang diunggah saja. Jika gambar bersumber dari internet, maka situs ini tidak bisa mendukungnya.

Bing Translator

Situs web yang bisa digunakan untuk translate jurnal online adalah Bing Translator. Salah satu keunggulan dari situs ini adalah input teks yang mencapai 5.000 karakter. Selain itu, Bing Translator mempunyai antarmuka yang menarik dan terbilang modern. Anda juga bisa menyalin teks hasil terjemahan ke clipboard.

Bing Translator mempunyai fitur deteksi secara otomatis. Fitur ini bisa membantu pengguna untuk mengetahui bahasa asli teks sumber sebelum diterjemahkan. Sayangnya, situs ini hanya suport untuk beberapa bahasa saja.

Sekarang tidak perlu lagi bingung untuk melakukan translate jurnal online. Meski bahasa yang digunakan tidak Anda kuasai atau pahami, dengan bantuan aplikasi atau situs di atas, masalah bisa terselesaikan. Mana situs atau aplikasi yang ingin digunakan?

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *