Bagaimana Cara Membuat Review Jurnal Ekonomi?

Bagaimana Cara Membuat Review Jurnal Ekonomi?

Sudahkah Anda pernah membuat review jurnal ekonomi? Pada dasarnya, membuat contoh review jurnal ekonomi hampir sama dengan review jurnal pada umumnya. Bahkan dari segi manfaat membuat reviewnya juga memiliki kesamaan.

Jika Anda mencermati contoh review jurnal ekonomi yang didapatkan dari media cetak maupun media online, maka tentu akan termuat penjelasan dari mulai bagian judul hingga kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak pemaparan contoh review jurnal ekonomi di bawah ini!

Begini Contoh Review Jurnal Ekonomi yang Benar

Perhatikan contoh review jurnal ekonomi berikut;

Judul                                               : Sewa Guna Usaha (Leasing) xdalam Perspektif Syari’ah

Volume dan Halaman             : Volume 5, Nomor 1

Tahun                                             : 2013

Penulis                                          : Nining Wahyuningsih

Reviewer                                      : Muhammad Ali Imran Caniago

Tanggal                                         : 21 Mei 2020

Tujuan Penelitian                     : Tujuan utama dilakukannya penelitian yaitu untuk memperoleh pengalaman yang lebih baik terhadap pemahaman cara transaksi leasing dalam sudut pandang syariah

Subjek Penelitian                      : Lembaga sewa (leasing) untuk usaha konvensional dan syari’ah

Hasil Penelitian                         : Leasing (perusahaan sewa) untuk mempunyai aktivitas usaha yang bergerak dalam bidang pembiayaan kebutuhan para nasabah.

Pembiayaan ini bermaksud jika nasabah membutuhkan barang ataupun modal yang dibeli secara kredit atau sewa, lalu pihak leasing kemudian membiayai sesuai dengan kebutuhan nasabah dan kesepakatan antara kedua pihak.

Kelebihan                                     : kelebihan yang dimiliki oleh jurnal ini adalah penggunaan bahasanya yang sederhana, sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan diserap oleh para pembaca.

Pada jurnal ini pembahasan mengenai leasing juga berasal dari dua sudut pandang yang berbeda. yaitu dari sudut pandang yang konvensional dan sudut pandang syariah. Dengan demikian, maka para pembaca akan dapat mengenali perbedaan dari keduanya.

Kelemahan                                  : Identitas dari jurnal tidak termuat di dalamnya, tidak terdapat nomor halaman, bagian abstrak jurnal masih menggunakan bahasa Indonesia, terdapat beberapa kata yang kurang sesuai dengan kaidah EYD

Berdasarkan contoh review jurnal ekonomi di atas, hal yang pling banyak menjadi pertanyaan adalah terkait dengan volume dan nomor jurnal. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan volume dan nomor pada jurnal?

Jadi, volume jurnal dapat dikatakan sebagai hal yang menyatakan pada tahun ke berapa terbitan jurnal tersebut, sedangkan nomor jurnal menyatakan penerbitan di tahun yang terkait.

Tujuan Membuat Review Jurnal

Tujuan membuat review jurnal yang utama adalah bergantung pada pertanyaan dari riset khusus yang dibahas. Namun secara umum pembuatannya bertujuan untuk;

  1. memperbaiki adanya ambiguitas dari definisi serta membuat garis besar dari cakupan topik yang dibahas di dalam jurnal
  2. memberikan serangkaian bentuk dari gambaran yang terintegrasi serta disintesis mengenai keadaan dari pengetahuan dewasa ini.
  3. mengindentifikasikan inkonsistensi dalam hasil yang sebelumnya serta penjelasan yang potensial
  4. mengevaluasi pendekatan metodologis yang terdapat dalam jurnal dan wawasan yang unik
  5. Mengembangkan kerangka kerja konseptual yang mendamaikan serta dapat memperluas riset terdahulu
  6. menjelaskan terkait dengan wawasan penelitian, celah dan bahan kritik, serta arah untuk penelitian di masa mendatang.

Standar Utama dalam Pembuatan Review Jurnal

Dalam pembuatan review jurnal, harus terdapat setidaknya 3 standar yang utama yaitu;

  1. domain dari penelitian harus sesuai dengan review jurnal, sehingga terdapat cukup isi dari penelitian yang terdahulu untuk membuat integrasi serta sintesis yang berharga, terutama apabila penelitian yang masih ada telah mengungkap ketidakkonsistenan baik secara teoretis maupun heterogenitas dalam efeknya.
  2. review harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin, teknik pengumpulan data, dan analisis literatur yang sesuai, cakupan literatur yang mendalam serta luas, dan gaya penulisan sitasi yang sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
  3. di dalam review jug aharus menawarkan wawasan baru yang signifikan berdasar pada perbandingan sistematis dari banyak studi, bukan hanya sekedar laporan yang menggambarkan penelitian terdahulu.

Contoh review jurnal ekonomi di atas termasuk ke dalam kategori yang cukup sulit, utamanya bagi para penulis yang baru saja memulai mereview jurnal di bidang ekonomi.

Manfaat Mereview Jurnal

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat review jurnal, di antaranya adalah;

  1. membuat penulis lebih memahami sudut pandang orang lain mengenai topik yang menjadi pembahasan di dalam jurnal
  2. membuat review jurnal menjadi sebuah tahap mengoreksi bagi istilah atau kata-kata yang kurang efektif di dalam jurnal, sehingga penulis dapat mempertimbangkannya untuk dihapus atau diperbaiki
  3. membuat review jurnal dapat membantu memperjelas terkait dengan pertanyaan
  4. dengan membuat review jurnal akan menjadikan Anda belajar bertata bahasa
  5. mereview jurnal dapat mendorong Anda untuk bisa membuat versi yang lebih baik di lain waktu, karena ulasan dapat menjadi sebuah kritikan sekaligus saran yang membangun terhadap suatu publikasi termasuk jurnal.

Dari manfaat yang didapatkan dari membuat review jurnal maka, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa membuat review jurnal memiliki banyak manfaat, baik bagi penulis jurnal maupun reviewer sendiri.

Selain tujuan yang jelas, dan manfaat yang banyak, membuat review jurnal juga terbilang menyenangkan dan dapat membuat Anda semakin paham terhadap isu-isu populer yang terjadi. Hal ini dikarenakan jurnal biasanya selalu memuat isu-isu populer, terutama jika tahun terbitnya di bawah 5 tahun.

Jika Anda merupakan mahasiswa di jurusan ekonomi, maka membuat review seperti contoh review jurnal ekonomi di atas, tidak ada salahnya untuk dicoba. Sebelum membuat pastikan, Anda telah memahami betul caranya dengan mempelajari contoh review jurnal ekonomi seperti di atas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *