Bagaimana Cara Menulis Buku Referensi?

Bagaimana Cara Menulis Buku Referensi?

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dari menulis sebuah buku, terlebih jika itu adalah buku referensi, yang mana akan sangat berguna dalam bidang akademisi. Seperti yang Anda ketahui, bidang akademisi sangat membutuhkan berbagai macam jenis referensi dalam karya ilmiah yang akan ditulis, baik bagi mahasiswa maupun dosen. Berikut ini adalah penjelasan terkait bagaimana cara menulis buku referensi yang baik dan benar.

Rupanya tak banyak yang mengetahui tata cara menuliskan buku referensi yang baik dan benar, sehingga dari ketidaktahuan tersebut akan menyebabkan seseorang menjadi ragu apakaha akan menulis buku referensi atau tidak. Padahal, jika dalam bidang akademisi, buku referensi sangat dibutuhkan, terlebih yang bersifat valid. Tiap karya tulis ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa dalam tiap tugas ang diberikan dosen pun membutuhkan buku referensi.

Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait tata cara menulis buku referensi yang baik dan benar yang dapat Anda pelajari.

Ketahui Pentingnya Buku Referensi

Perlu Anda ketahui bahwasannya menulis buku bukan;ah perkara mudah yang dapat dilakukan oleh sembarang orang, melainkan harus dilandasi dengan keilmiahan dan keakurasian ilmu yang ada di dalamnya. Sehingga, menulis sebuah buku dapat menjadi sejarah keilmuan seseorang, bahkan setelah orang tersebut meninggal. Oleh karenanya, prestasi semacam ini sangat berguna terlebih bagi orang akademisi di sekitar Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan bagaimana cara menulis buku referensi yang baik dan benar, terlebih dahulu perlu Anda ketahui bahwasannya terdapat pedoman yang ketat dalam penulisan buku referensi yang harus Anda tepati jika hendak menuliskannya. Hal tersebut menyangkut terkait etika dalam penulisan buku, format penulisan, jumlah halaman, hingga karakteristik buku yang akan Anda tulis nantinya.

Sebagai seorang calon penulis buku referensi, sudah sepantasnya Anda mengetahui hal-hal tersebut secara mendetail dan menaati apa yang menjadi rambu-rambu di dalamnya. Hal tersebut akan semakin memudahkan Anda dalam menuliskan buku referensi dan akan membuat buku yang Anda tulis valid, sehingga dapat digunakan di berbagai kalangan, terlebih kalangan akademisi.

Beberapa Hal Terkait Etika Penulisan Buku Referensi

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan terkait bagaimana cara menulis buku referensi yang baik dan benar adalah terkait etika penulisan buku, yang mana sesuai dengan yang dikemukakan oleh seorang ahli bernama R. Masri S.P, dalam bukunya yang berjudul “How to Write”.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jujur atas rujukan yang Anda gunakan dalam penulisan buku tersebut, semua harus Anda cantumkan tanpa terlewat satu pun. Selain itu, dalam pengutipan, Anda tidak boleh mengutip secara sama persis melebihi 10%, jika lebih maka itu artinya buku yang Anda susun tidak valid. Bahkan dapat dikatakan bahwasannya bahan penulisan buku Anda dapat bersumber dari manapun, di belahan dunia lain sekalipun.

Sebagai seorang penulis, Anda menjadi seorang penggagas ide yang mendasari penulisan buku tersebut, juga yang mengembangkan gagasan sehingga buku tersebut dapat Anda susun dengan baik. Oleh karenanya, sistematika penulisan buku referensi yang akan Anda tuliskan pun harus Anda susun sendiri. Nah, beberapa hal tersebut kiranya dapat menjadi sebagian jawaban dari pertanyaan bagaimana cara menulis buku referensi yang baik dan benar.

Inilah Format Penulisan Monograf (Buku Referensi)

Perlu Anda ketahui bahwasannya buku referensi terdapat dua bagian, yang mana terdiri dari luar buku dan juga dalam buku. Tiap bagian tersebut dibagi menjadi beberapa bagian lagi, bagian luar dibagi menjadi tiga, yakni preleminaries, isi utama, dan juga postliminaries. Oleh karenanya, tiap buku referensi yang baik dan benar sudah pasti memuat bagian-bagian tersebut tanpa melewatkan satu pun.

Bagian-bagian tersebut merupakan salah satu jawaban dari pertanyaan bagaimana cara menulis buku referensi yang baik dan benar yang harus Anda pahami sebelum menuliskan buku referensi. Sedangkan bagian-bagian buku referensi yang perlu Anda ketahui antara lain bagian luar buku, yang berisi cover, judul utama, nama penulis, dan juga nama penerbit.

Sedangkan bagian punggung buku pada buku referensi berisi beberapa bagian antara lain judul utama, nama penulis, dan juga nama penerbit. Kemudian, ada juga bagian cover belakang yang terdiri atas judul utama, sedikit catatan tentang penulis, synopsis, nama dan juga alamat penerbit, nomor ISBN, dan juga tingkatan buku tersebut diperuntukkan.

Selain bagian tersebut terdapat juga bagian dalam buku referensi yang terdiri atas preliminaries yang memuat halaman Perancis, judul utama, halaman hak cipta, halaman persembahan, halaman yang berisi ucapan terima kasih, kata sambutan, kata pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar singkatan, dan juga ada halaman pendahuluan yang berisi pengenalan masalah secara umum.

Sedangkan isi utama dari buku referensi antara lain bagian buku, baba tau sub bagian buku tersebut, sub bab, dan juga referensi atau daftar Pustaka yang memuat berbagai rujukan yang digunakan dalam penulisan buku referensi tersebut. Adapun postliminaries berisikan lampiran, epilog, daftar isilah, halaman indeks, dan diakhiri dengan biografi penulis yang ditulis secara singkat.

Sebagai seorang yang akan menuliskan buku referensi yang nantinya akan digunakan oleh orang lain sebagai rujukan, Anda perlu mempeharikan berbagai macam jenis rujukan yang Anda gunakan. Anda juga harus memahami berbagai macam hal terkait rambu-rambu dalam penulisan buku referensi sebelum memulainya.

Ada banyak sekali hal yang perlu Anda perhatikan terkait pertanyaan bagaimana cara menulis buku referensi yang baik dan benar, yang mana Anda juga harus melakukan riset secara mendalam tersebih dahulu sebelum mulai menulis sebuah buku referensi.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *