Bagaimana Cara Merubah Skripsi Menjadi Buku?

Bagaimana Cara Merubah Skripsi Menjadi Buku?

Apakah Anda sudah tahu cara merubah skripsi menjadi buku? Apa itu hal yang mungkin? Nyatanya hal itu bisa dilakukan dengan mudah, lho. Banyak sekali mahasiswa yang mengubah skripsi menjadi buku. Salah satu alasannya sebagai bukti atau kepuasan pribadi. Selain itu, bisa saja menjadi referensi untuk dikonsumsi secara luas oleh masyarakat.

Bagi kalangan dosen, mengubah skripsi menjadi buku bisa membantunya meningkatkan jenjang karier. Apalagi salah satu unsur dalam penilaian kredit dosen adalah karya ilmiah yang sudah dipublikasikan. Tidak heran jika banyak yang berusaha mengubahnya dengan beberapa tujuan.

Cara Merubah Skripsi Menjadi Buku

Ternyata untuk mengubah skripsi menjadi buku dibutuhkan beberapa cara, lho. Pasalnya untuk mengubah karya ilmiah menjadi buku bukan hanya sekadar copy paste saja. Nah, bagi Anda yang ingin mengubah skripsi atau tesis menjadi sebuah buku, berikut beberapa cara mudahnya.

Melalukan Penyesuaian Anatomi Buku

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan anatomi buku. Maksudnya ialah bagian apa saja yang harusnya ada dalam buku. Hal ini karena syarat untuk buku dinyatakan layak apabila dalam buku tersebut terdapat anatomi yang lengkap. Mulai dari cover, bagian preliminaries, text matter, sampai postliminaries.

Anatomi buku bagian preliminaries berisikan halaman terdepan setelah cover, halaman judul utama, halaman hak cipta, halaman persembahan, halaman ucapan terima kasih, halaman kata pengantar, sampai halaman prakata. Selain itu, halaman daftar isi, halaman daftar tabel, daftar ilustrasi, sampai daftar singkatan dan akronim masuk ke dalam bagian preliminaries.

Anatomi buku bagian teks biasanya berisikan bab, subbab, sampai sub-subbab. Bagian ini harus disajikan secara urut agar memudahkan pembaca dan biasanya terdiri dari minimal 3 bab. Sementara bagian akhir anatomi buku berisikan daftar pustaka, glosarium, halaman lampiran, halaman indeks, dan tentang penulis.

Mengubah Judul

Cara merubah skripsi menjadi buku bisa dilakukan dengan mengubah judul. Pasalnya, judul yang diajukan untuk tugas akhir biasanya sangat kaku dan terlalu baku. Alhasil, judul tersebut tidak mengandung nilai jual. Lalu, bagaimana jika diterbitkan dengan judul yang kaku? Pastinya belum tentu akan laku keras meski kualitas isi buku sangat bagus.

Berbeda jika Anda membuat judul yang menarik dan mengandung unsur marketing di dalamnya. Pastinya banyak yang akan merasa tertarik hanya dengan membaca judul saja. Lalu, jika masyarakat merasa buku itu kualitasnya bagus, tidak menutup kemungkinan akan menjadi buku best seller.

Oleh karena itu, Anda bisa mengubah judul dengan catatan tetap menyesuaikan isi dari buku tersebut. Selain itu, bentuk tesis secara struktur dan bahasa tentunya berbeda dengan bentuk buku. Ditambah lagi target pembacanya juga berbeda. Itulah kenapa proses mengonversi skripsi menjadi buku tidak boleh sembarangan.

Melakukan Penyuntingan Naskah

Cara merubah skripsi menjadi buku selanjutnya adalah melakukan penyuntingan naskah. Dalam proses ini, Anda bisa melakukan penulisan ulang pada bagian tertentu. Bisa dibilang cara ini sangat penting untuk membuat pembaca lebih mudah memahaminya. Hal ini karena bahasa yang digunakan pada skripsi dominan ke baku dan kaku.

Ditambah lagi penyajian karya tulis ilmiah biasanya menggunakan kalimat tesis, premis, dan hipotesis yang kuat. Sasarannya pun adalah penguji atau ilmuwan. Tidak heran jika terkadang pembaca merasa kebingungan saat membaca skripsi karena tidak terbiasa.

Dengan melakukan penulisan ulang menggunakan bahasa sederhana dan ringkas tentu akan membuat pembaca mudah paham. Selain itu, seorang penulis harus menggunakan sudut pandang yang subjektif tentang pengalaman dan latar belakang keilmuan.

Apalagi untuk Anda yang ingin menciptakan buku dengan tujuan untuk dikonsumsi oleh masyarakat secara luas. Tidak hanya penulisan ulang terhadap bahasa saja, tapi juga memperhatikan bab.

Tentunya tidak mungkin jika buku hanya berisi empat bab saja. Paling tidak membutuhkan 25 bab atau lebih dan juga kurang. Selain itu, biasanya isi buku berfokus pada isi, sementara skripsi hanya terbatas karena mencakup hal penting saja. Itulah kenapa mengubah isi pada skripsi perlu dilakukan dengan cara pengembangan.

Cara untuk membuat buku agar terasa lebih menarik adalah dengan menyisipkan pertanyaan pada setiap halamannya. Selain itu, jika skripsi Anda mempunyai banyak kutipan di dalamnya, ubahlah bentuknya menjadi kutipan tidak langsung. Tujuannya agar kutipan tersebut bisa dipahami oleh masyarakat awam.

Melakukan Editing dan Finishing

Setelah melakukan penyuntingan naskah dengan mengubah bahasanya secara garis besar, maka langkah selanjutnya adalah proses editing. Bagi orang tindakan ini begitu sepele padahal sangat penting. Cara merubah skripsi menjadi buku inilah seseorang bisa tahu apakah masih ada kekurangan atau tidaknya sebelum buku itu diterbitkan.

Proses editing bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan apakah ada typo atau tidaknya. Meski agak susah, Anda bisa menggunakan aplikasi atau situs untuk membantu mengeceknya. Selain mengecek typo, proses editing bisa dilakukan dengan melihat catatan kaki, tata bahasa, sistematika, sampai pencantuman sumber.

Saat sudah sampai di tahap ini, Anda juga bisa menambahkan ide ke dalam naskah yang sedang disusun. Dengan kata lain, ada beberapa pembahasan yang detailnya dijelaskan pada buku dan tidak ditemukan pada skripsi. Hal ini tentunya akan membuat buku semakin berkualitas karena isinya semakin mendalam.

Memilih dan Mengajukan ke Penerbit

Saat proses editing dan finishing dilakukan, tentunya Anda membutuhkan penerbit untuk menerbitkan buku tersebut. Carilah penerbit yang biasanya menerima karya ilmiah atau kembangan dari skipsi. Selain itu, saat ditolak oleh penerbit, cobalah untuk mencari penerbit lainnya dan mempelajari kualitas setiap penerbit agar bisa lolos dengan mudah.

Hal ini karena beberapa penerbit pastinya mempunyai ketentuan yang berbeda. Jadi, dibutuhkan riset untuk tahu bagaimana cara lolos di suatu penerbit. Setelah melihat beberapa cara di atas, apakah Anda berniat mengikuti cara merubah skripsi menjadi buku?

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *