Beberapa Tips Atau Cara Untuk Menjadi Dosen Pembimbing Yang Baik

Beberapa Tips Atau Cara Untuk Menjadi Dosen Pembimbing Yang Baik

Menjadi seseorang dengan profesi sebagai seorang dosen tidaklah mudah. Semakin lama tentunya diharapkan semakin bertambah pengalaman dan semakin bersemangat dalam berbagi ilmu dan meningkatkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Jenjang karir juga tentunya semakin diperhitungkan.

Setelah sekian tahun menjadi dosen, bukan tidak mungkin selanjutnya Anda akan diberikan kepercayaan untuk menjadi seorang dosen pembimbing, misalnya dosen pembimbing laporan akhir atau skripsi mahasiswa tertentu. Tidak hanya satu orang, tapi bisa jadi lebih.

Seorang dosen pembimbing laporan akhir atau skripsi adalah dosen yang secara khusus ditunjuk oleh kampus untuk membantu mengarahkan, membimbing, mengoreksi, dan menandatangani dokumen tertentu dari mahasiswa yang dibimbing.

Menjelang semester akhir, interaksi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing akan meningkat. Pada kesempatan ini digunakan untuk satu sama lain menjadi lebih dekat. Dosen dapat mengerti karakteristik mahasiswa yang akan dibimbingnya.

Menentukan siapa yang akan menjadi dosen pembimbing tentunya tidak dilakukan secara serta merta, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang dosen pembimbing, diantaranya:

  1. Pengalaman dan Kredibilitas

Pengalaman atau jam terbang menjadi poin pertama. Tidak memerlukan waktu yang sangat lama, dengan jam terbang minimal tahun seorang dosen sudah memiliki kesempatan besar untuk menjadi seorang dosen pembimbing.

Selain jam terbang, kredibilitas seorang dosen juga diperhitungkan jika ingin menjadi seorang dosen pembimbing. Misalnya dilihat dari gelar yang diperoleh, prestasi atau kontribusi apa yang sudah dia berikan pada dunia pendidikan

  1. Sikap Profesionalitas

Seorang dosen yang profesional adalah dosen yang mendahulukan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadinya. Hal tersebut bisa dilihat dari sikap dan keputusan yang diambil saat diberi tugas tambahan.

Karena jika sudah menjadi dosen pembimbing, harus bersedia untuk meluangkan waktu membimbing walaupun di saat akhir pekan.

  1. Ketegasan

Dosen dengan image yang tegas dan rasional dianggap cocok menjadi dosen pembimbing. Sebab dosen pembimbing akan membantu mahasiswa menyusun skripsi dengan baik dan benar, sekaligus akan dikatakan salah jika memang salah dan dikatakan benar jika memang benar.

  1. Kedisiplinan

Tidak hanya rajin masuk kelas tepat waktu, kedisiplinan seorang dosen juga dilihat dari kedisiplinan untuk melakukan penelitian, publikasi karya ilmiah dan tugas lainnya. Sehingga dapat mendorong mahasiswanya untuk menyelesaikan laporan akhirnya.

  1. Berpendirian Teguh

Menjadi dosen pembimbing juga belajar membentuk karakter yang kuat dan berpendirian teguh. Karakter kuat ini akan membantu seorang dosen memberi bimbingan dengan benar, tidak mudah menerima gratifikasi dari mahasiswa.

Tips Menjadi Dosen Pembimbing Yang Baik

Setelah mengetahui kriteria – kriteria yang harus dipenuhi jika ingin menjadi dosen pembimbing. Langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana cara menjadi dosen pembimbing yang baik.

  • Menyiapkan Waktu Khusus untuk Bimbingan

Menjadi dosen pembimbing maka artinya kesibukan menjadi dosen akan semakin bertambah. Selain tetap aktif mengajar di kelas, selain itu aktif pula menjalankan tugas sebagai dosen lainnya.

Kesibukan yang semakin bertambah kemudian menuntut seorang dosen untuk lebih disiplin dalam mengatur waktu yang dimiliki agar tidak bentrok dengan jadwal lainnya. Melakukan pemeriksaan laporan akhir mahasiswa membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga perlu menyediakan waktu agar skripsi mahasiswa yang dibimbing dapat dikoreksi dengan baik dan tepat.

Seorang dosen baiknya menentukan jadwal bimbingan, sebab mahasiswa biasanya punya jadwal lebih fleksibel. Ketika Anda sudah menentukan jadwal maka mereka akan mengikutinya, dan bimbingan pun lancar tanpa mengganggu aktivitas lain yang dimiliki.

  • Membuat Group Bimbingan

Membuat group bimbingan dapat membantu bagi dosen yang memiliki jadwal yang padat dan waktu bertemu mahasiswa sedikit. Dengan membuat grup bimbingan yang berisi Anda dan beberapa mahasiswa yang dibimbing dapat lebih memudahkan komunikasi dan proses bimbingan.

Bimbingan secara online memang kurang efektif jika dibandingkan dengan bimbingan secara langsung. Namun dengan membuat group bimbingan diharapkan dapat menjadi solusi saat kondisi dosen sedang sangat sibuk. Melalui group bimbingan dosen bisa menanyakan progress mahasiswanya dan mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan secara langsung tanpa harus menunggu pertemuan dengan dosen pembimbingnya.

  • Membagikan Referensi Penyusunan Laporan Akhir

Sebagai seorang dosen pembimbing juga harus rajin untuk membaca berbagai sumber literatur ilmiah. Sehingga ketika mahasiswa yang dibimbing membutuhkan referensi literatur untuk landasan teori dan menguatkan penelitian, dosen bisa memberikan rekomendasi.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk meminta mahasiswa mencari referensi sendiri, untuk melatih mahasiswa agar tetap mandiri dan mau berusaha.

  • Memberikan Dorongan Kepada Mahasiswa

Selama membuat menyusun laporan akhir atau skripsi, sudah dipastikan mahasiswa akan berhadapan dengan kesulitan atau kendala. Kesulitan ini tentunya berisiko menghambat proses pembuatan laporan akhir atau skripsi dan memerlukan dosen pembimbing untuk mengatasinya.

Tidak perlu terlibat langsung untuk menyelesaikan masalah yang dialami mahasiswa yang bersangkutan. Cukup dengan mendengarkan keluh kesah mahasiswa kemudian memberi saran dan masukan yang relevan untuk menyelesaikan masalahnya.

Selain membantu, mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk segera menyelesaikan laporan akhir atau skripsi perlu dilakukan. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian seorang dosen terhadap mahasiswanya.

  • Memperdulikan Kondisi Mahasiswa

Selama masa bimbingan, tidak ada salahnya jika dosen memposisikan diri sebagai teman atau sahabat bagi mahasiswa yang tidak melulu menanyakan tentang revisi dan progress laporan akhir. Menanyakan kabar dan kondisi mahasiswa menjadi salah satu bentuk kepedulian seorang dosen.

Selain menerapkan tips dia atas, menjadi dosen pembimbing yang baik juga harus mengetahui peran penting yang dimiliki dalam penyusunan skripsi mahasiswa yang dibimbing, diantaranya:

  1. Menjadi pendukung setia mahasiswa
  2. Memberikan bimbingan setulus hati
  3. Memberikan arahan kepada mahasiswa
  4. Menyediakan waktu untuk melaksanakan bimbingan
  5. Membantu mahasiswa menjelaskan kepada penguji
  6. Memberi dukungan nilai
  7. Mendidik mahasiswa agar disiplin dan bertanggungjawab

Menjadi seorang dosen pembimbing memang harus memenuhi sejumlah kriteria, dan jika telah berhasil. Maka tinggal fokus menjadi dosen pembimbing yang baik. Bisa dengan cara mencoba menerapkan tips pada uraian di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Klik, Untuk Bisa Kami Bantu Sekarang