Begini Cara Translate Jurnal Internasional ke Bahasa Indonesia

Bagi seorang mahasiswa, menerjemahkan jurnal internasional menjadi kegiatan yang cukup sering dilakukan, mulai dari tugas dosen atau untuk mengerjakan skripsi. Menerjemahkan jurnal secara manual memakan waktu yang lama dan cukup sulit. Agar lebih mudah, tersedia cara translate jurnal yang bisa selesai dengan cepat.

Kebanyakan jurnal internasional yang sering diterjemahkan yaitu jurnal bahasa Inggris, tetapi bagi jurusan bahasa asing seperti bahasa Korea, bahasa Jepang, dan sebagainya mungkin saja akan menerjemahkan jurnal dalam bahasa asing tersebut. Cara translate jurnal ini bisa digunakan untuk beberapa bahasa asing.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Cara Menerjemahkan Jurnal Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word menjadi software yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa maupun dosen. Ternyata Microsoft Word bisa menerjemahkan dokumen secara langsung tanpa memerlukan alat tambahan lain. Berikut ini cara translate jurnal menggunakan Micrsosoft Word.

  1. Buka file jurnal dengan Microsoft Word
  2. Pilih teks yang ingin diterjemahkan menggunakan “select”
  3. Klik menu “Review” yang tersedia di navigasi bar Microsoft Word
  4. Pilih “Translate”, lalu pilih ke bahasa apa dokumen tersebut ingin diterjemahkan
  5. Tunggu sebentar saat sampai proses translate selesai
  6. Hasil terjemahan akan ditampilkan pada halaman baru

Kelebihan menerjemahkan menggunakan Micsoroft Word yaitu bisa memilih bagian yang ingin diterjemahkan saja jika kebutuhan Anda bukan isi seluruhnya. Namun, Anda juga akan diberi kesempatan jika ingin menerjemahkan seluruh isi jurnal tanpa cara yang ribet.

Cara Menerjemahkan Jurnal Menggunakan Google Docs

Cara selanjutnya yaitu menggunakan Google Docs untuk menerjemahkan jurnal. Namun, cara ini Anda harus menyiapkan ruang penyimpanan yang bisa menampung hasil dari jurnal yang sudah diterjemahkan. Berikut ini cara transalte jurnal dengan Google Docs.

  1. Pastikan Anda mempunyai aplikasi Google Docs di ponsel atau laptop dan file jurnal sudah terupload di Google Docs
  2. Buka file jurnal yang akan diterjemahkan
  3. Pilih “Alat” lalu pilih “terjemahkan dokumen”
  4. Pilih bahasa Indonesia lalu klik “terjemahkan”
  5. Tunggu sebentar, kemudian isi jurnal sudah berganti bahasa di Tab yang baru

Cara ini tidak hanya dari bahasa asing ke bahasa Indonesia saja. Anda bisa menerjemahkan jurnal dari bahasa apa saja ke bahasa yang dibutuhkan yang tersedia di pilihan bahasa tersebut.

Selain itu, kelebihan translate di Google Docs adalah format penulisan hasil terjemahan akan sama persis dengan dokumen jurnal aslinya. Jika dokumen jurnal belum terupload di Google Docs, Anda dapat meng-upload dokumen tersebut melalui Google Drive terlebih dahulu.

Cara Menerjemahkan Jurnal Menggunakan Situs Online

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan situs online untuk menerjemahkan jurnal. Banyak situs online yang bisa digunakan untuk translate dokumen berbahasa asing ke bahasa Indonesia. Berikut ini cara translate jurnal menggunakan situs online.

  1. Buka situs online translator, lalu pilih menu “Translator”
  2. Cari kotak bertuliskan “Upload File” di bagian bawah, lalu klik
  3. Cari file jurnal yang ingin diterjemahkan, lalu klik. Tunggu beberapa saat sampai bahasa yang digunakan dalam file tersebut terdeteksi.
  4. Pilih bahasa yang diinginkan untuk menerjemahkan jurnal tersebut
  5. Klik “Transalte”
  6. Setelah selesai akan tersedia file yang sudah diterjemahkan dalam bentuk pdf, lalu unduh file tersebut.

Cara translate jurnal di situs online memang mudah, tetapi kelemahannya yaitu bagi jurnal yang memiliki jumlah halaman yang banyak umumnya tidak gratis. Anda harus login dan membayar untuk selama periode tertentu.

Jika Anda pasti akan sering menerjemahkan banyak jurnal selama periode tersebut, maka tidak salah untuk berlangganan di situs itu. Namun, jika kepentingan Anda hanya sekali atau tidak tentu kapan akan menerjemahkan lagi biayanya terbilang mahal dan sayang jika tidak terpakai.

Cara Menerjemahkan Jurnal Menggunakan Google Translate

Jika ketiga cara di atas tidak bisa Anda gunakan, masih ada cara lain meskipun prosesnya cukup ribet. Cara tersebut yaitu menggunakan Google Translate. Cara ini membutuhkan waktu yang lama karena prosesnya yang manual dan jumlah kata yang bisa diterjemahkan terbatas. Berikut ini cara translate jurnal menggunakan Google Translate.

1. Ketik Langsung

Cara yang pertama ini pasti kebanyakan orang sudah paham. Caranya dengan mengetikkan kalimat yang ingin diterjemahkan, lalu secara otomatis kalimat tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang dipilih. Cara ini dihindari banyak orang karena rata-rata bagian jurnal yang diterjemahkan cukup banyak.

Jika menggunakan cara ini, Anda akan bekerja dua kali karena harus mengetik bagian yang berbahasa asing lalu mengetik kembali kalimat yang sudah diterjemahkan ke halaman baru.

2. Copy Paste

Copy paste sedikit lebih memudahkan dibanding harus mengetik manual. Namun, jurnal yang berbentuk pdf harus diubah ke bentuk word agar bisa disalin. Hasil dari terjemahannya pun bisa disalin lalu dipindahkan ke halaman word yang baru. Agar cara ini lebih mudah lagi lakukan pembagian layar pada laptop.

Menerjemahkan Jurnal Menggunakan Jasa Translate

Cara translate jurnal terakhir yang bisa membantu Anda yaitu menggunakan jasa translate. Jasa translate akan sangat membantu bagi Anda yang tidak bisa menggunakan cara instan dan tidak punya waktu jika memakai Google Translate. Biayanya pun umumnya lebih murah dibanding berlangganan di situs online. Anda bisa mencari jasa translate jurnal di internet, seperti Google atau media sosial.

Banyak cara translate jurnal yang bisa dicoba bukan? Cobalah dari cara yang paling mudah dan gratis. Namun, jika memang cara tersebut tidak bisa, Anda bisa menggunakan jasa translate karena caranya yang mudah meskipun berbayar.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *