Bingung Review Jurnal? Ini 6 Cara Review Jurnal agar Lebih Menyenangkan

Bingung Review Jurnal? Ini 6 Cara Review Jurnal agar Lebih Menyenangkan

Beberapa orang mungkin kesulitan untuk cara review jurnal. Pasalnya, untuk melakukan review diharuskan mempunyai pengetahuan dan mencari referensi terkait jurnal. Karena review tidak hanya berisi ulasan saja, melainkan juga poin penting dari pembahasan jurnal. Penulis harus mampu menjelaskan kelengkapan, kualitas, dan akurasi dari penelitian jurnal.

Selain itu, penulis juga harus bisa memberikan saran, komentar, dan rekomendasi kepada pembacanya. Itulah kenapa kegiatan review jurnal menjadi salah satu hal yang cukup rumit dilakukan. Apalagi untuk kaum mahasiswa yang biasanya diberikan tugas untuk mereview jurnal sebagai tugas akhir.

Manfaat Review Jurnal yang Jarang Diketahui

Siapa sangka, ternyata kegiatan akademik satu ini bisa memberikan sejumlah manfaat, lho. Melakukan review jurnal bisa membantu untuk memperjelas pertanyaan dan memungkinkan penulis mempunyai sudut pandang baru. Apalagi jika pembahasan yang diangkat pada artikel jurnal sangat penting diketahui di kehidupan modern.

Selain itu, seorang penulis bisa meningkatkan tata bahasa dengan baik melalui review. Penulis juga bisa lebih aktif dalam memberikan saran atau kritik dari jurnal tersebut. Jika review yang Anda buat dan publikasikan sangat berkualitas, bisa saja jurnal tersebut dijadikan referensi oleh banyak orang.

Cara Review Jurnal agar Terasa Lebih Menyenangkan

Review jurnal membutuhkan pemahaman dan tidak boleh dianggap sebelah mata. Belum lagi harus melakukan penelitian sehingga membuat kegiatan review terasa seperti sesuatu yang membosankan. Nyatanya, Anda bisa menjadikan review sebagai aktivitas yang menyenangkan dengan beberapa cara di bawah ini.

Memilih Jurnal dengan Halaman Sedikit

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mereview jurnal adalah memilih halaman sedikit. Terlebih jika Anda tidak terbiasa untuk membaca jurnal dan melakukan review. Memilih halaman yang sedikit bisa membantu menghemat waktu, baik dalam membaca jurnal sampai penyusunan review jurnal.

Alhasil, saat ada revisi terhadap review jurnal, Anda mempunyai waktu lebih untuk memperbaikinya. Selain itu, memilih jurnal dengan jumlah halaman sedikit bisa mempermudah Anda untuk merangkai kalimat yang padat dan berisi. Tentunya review jurnal bisa dilakukan dengan cepat dan menghasilkan kualitas bagus.

Memilih Jurnal yang Mempunyai Banyak Nilai Positif

Cara review jurnal agar terasa lebih menyenangkan bisa dilakukan dengan memilih jurnal yang mengandung nilai positif. Jurnal yang mempunyai banyak nilai positif akan membuat review terasa lebih berkualitas karena menampilkan sisi positif jurnal. Tentunya hal ini juga bisa berpengaruh terhadap penilaian tugas review jurnal.

Alhasil, Anda bisa menambahkan sedikit opini untuk membuat review semakin berkualitas. Namun, opini yang harus dilampirkan dibuat dengan natural. Jika opini dibuat secara berlebihan, tentu akan menimbulkan tanda tanya.

Terlebih jika Anda memasukkan unsur pendapat dari sebelah pihak saja. Bisa jadi dosen mengetahui bahwa review tersebut dibuat berdasarkan opini, bukan fakta. Padahal, kegiatan itu membutuhkan fakta dan penelitian yang cukup mendalam.

Memilih Jurnal yang Sering Direview Orang Lain

Salah satu cara review jurnal yang bisa dicoba adalah memilih jurnal yang sering direview orang lain. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan dan keuntungan bagi penulis. Biasanya jurnal yang sering direview orang lain mempunyai sumber referensi terpercaya dalam jumlah banyak.

Alhasil, penulisan review akan terasa lebih mudah. Anda hanya perlu membaca banyak sumber referensi serupa terkait jurnal lalu mengambil poin-poin pentingnya untuk dijadikan sebagai review.

Bisa dibilang cara ini serupa dengan menulis ulang sehingga penulis bisa menghemat waktu lebih banyak. Selain itu, penulis tidak perlu khawatir dipertanyakan tentang penjelasan atau informasinya karena banyak orang yang sudah melakukan review jurnal itu.

Membuat Catatan dengan Menulis Poin Penting

Ada lagi cara lainnya yang harus dilakukan saat membuat review jurnal, yakni membuat catatan dengan menulis bagian poin penting. Penulis bisa membaca jurnal secara sekilas terlebih dahulu. Dengan membaca sekilas, setidaknya penulis bisa tahu apa saja garis besar pembahasan dari jurnal tersebut.

Setelah sudah mengetahui garis besarnya, Anda bisa membaca jurnal secara keseluruhan dan berulang kali. Sembari membaca, cobalah untuk menggarisbawahi atau menulis poin penting di catatan. Mencatat poin penting juga bisa membantu untuk merumuskan masalah dan menemukan solusi dari pertanyaan tersebut.

Memperhatikan Gaya Penulisan Review Jurnal

Cara review jurnal selanjutnya yang penting dilakukan adalah dengan memperhatikan gaya penulisan. Review jurnal biasanya ditulis menggunakan bahasa yang ringkas, jelas, dan padat. Tidak heran jika terkadang jurnal berisikan bahasa yang cukup rumit dan terkesan sedikit kaku.

Cara membuat pembaca memahami isi review Anda bisa dengan menuliskan review dengan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele. Usahakan untuk membuat penjelasan yang lebih mudah dipahami dibandingkan saat membaca jurnal secara langsung. Selain bahasa, sebagai seorang penulis, penting untuk memperhatikan tanda baca dan ejaan.

Melakukan Evaluasi Jurnal

Melakukan evaluasi jurnal bisa menjadi cara review jurnal terakhir yang bisa dilakukan. Sebelum menulis review secara keseluruhan, ada baiknya untuk melakukan evaluasi terhadap referensi jurnal. Pastikan jika referensi jurnal memang berasal dari sumber terpercaya. Dengan begitu, Anda akan merasa tenang saat menulis review jurnal.

Setelah menulis review secara keseluruhan, Anda juga bisa melakukan evaluasi akhir. Caranya dengan membaca ulang review apakah sudah tepat atau belum, apakah menjawab atau tidaknya, dan lain sebagainya. Hal terpenting dari evaluasi adalah melihat review yang dibuat sudah dibuat dengan ejaan dan tata bahasa yang menyenangkan untuk dibaca.

Meski Anda sering mendapatkan tugas berupa review jurnal, sekarang tidak perlu ditakutkan atau dikhawatirkan lagi, bukan? Terapkan cara review jurnal di atas agar kegiatan akademik tersebut terasa lebih menyenangkan. Mau mencobanya sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *