Cara Cepat Translate Jurnal dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Cara Cepat Translate Jurnal dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Sebelum ada salah satu produk Google untuk translate jurnal, banyak orang yang menggunakan aplikasi transtool atau bahkan membeli kamus bahasa inggris yang cukup tebal. Kini dengan adanya Google Translate Anda bisa lebih mudah menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa-bahasa yang lain.

1. Gunakan Google Translate

Cara pertama yang juga merupakan cara yang paling umum adalah dengan menggunakan Google Translate. Anda bisa memanfaatkan cara yang pertama ini baik dengan smartphone maupun laptop atau PC. Jika Anda menggunakan laptop atau PC Anda cukup membuka halaman Google Translate dan pilih “Dokumen” serta pastikan dulu bahasanya.

Pastikan bahasa yang Anda pilih sudah benar dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Jika sudah Anda bisa mengupload file jurnal dengan memilih tulisan “Jelajahi Komputer” kemudian jika sudah klik “Terjemahkan”. Sangat sederhana dan mudah bukan?

Meski begitu, cara yang pertama ini memiliki cukup banyak kekurangan, diantaranya layout file yang tidak bisa sesuai dengan file asli meskipun masih tetap rapi dan dapat jelas terbaca.

Tidak hanya itu, jika menggunakan Google Translate Anda harus menyalin setiap kata dan kalimat ke dalam kolom translate. Sehingga muncullah beberapa cara lain yang bisa menjadi alternatif lain. Salah satunya dengan menggunakan Google Docs.

2. Google Docs Alternatif untuk Translate Jurnal

Di era yang semakin canggih dengan teknologi digital, penggunaan Google Docs bukanlah hal baru lagi. Salah satu fitur yang disediakan oleh Google dimana berguna untuk menyimpan file dokumen dan pengeditan layaknya pada Microsoft Word.

Dengan menggunakan Googe Docs Anda tidak perlu khawatir lagi, pasalnya file Anda akan jauh lebih aman dari virus atau resiko hilang. Hal ini karena data yang disimpan di Google Docs akan otomatis masuk ke server google drive.

Anda hanya perlu memastikan selalu terhubung dengan internet, karena tanpa internet Anda tidak akan bisa mendownload kembali file yang tersimpan.

Selain menggunakan Google Translate Anda juga bisa memanfaatkan Google Docs untuk translate jurnal atau file lain. Pertama, Anda harus menyiapkan file jurnal atau file materi dengan format Doc atau Docx yang ingin Anda terjemahkan. File tersebut tidak harus berupa jurnal, karena materi apapun dapat Anda terjemahkan dengan Google Docs.

Jika file sudah siap langkah selanjutnya Anda bisa login ke akun Gmail milik Anda lalu masuk ke Google Drive. Kemudian silakan upload file dokumen tersebut ke Google Drive dan pilih “New” lalu “File Upload”. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Jika sudah Anda bisa membukanya dengan menggunakan Google Docs.

Cukup klik kanan pada file tersebut lalu pilih “Open With” dan klik opsi “Google Docs” lalu klik “Menu Bar”, “Tools” dan terakhir “Translate Document”. Pada menu translate document nantinya akan ada dua keterangan, yang pertama New title Document yang berguna untuk membuat judul file dokumen baru.

Sedangkan Translate Into berguna untuk memilih bahasa yang Anda inginkan untuk menerjemahkan dokumen tersebut. Klik tombol “Translate” dan tunggu hingga semua file Anda berhasil diterjemahkan.

Dari kedua cara di atas, perlu Anda tahu bahwa dengan menggunakan Google Translate Anda tidak bisa mendownload file tersebut dalam bentuk format word, sedangkan Anda bisa mendapatkannya jika menggunakan Google Docs. Sehingga pilihlah cara translate jurnal sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Menerjemahkan Jurnal dengan Ms.Word

Selain dengan Google Docs, cara lain Anda bisa juga menggunakan Ms Word. Tentu buka software yang asing lagi untuk Anda, dengan Ms Word Anda bisa menerjemahkan dokumen tanpa harus menggunakan peralatan tambahan lagi. Tidak hanya mudah, Anda juga tidak perlu lagi mengcopy paste dokumen jika menggunakan Ms Word loh.

Anda hanya cukup memanfaatkan menu-menu yang sudah ada di Ms Word. Pertama bukalah file dokumen dan pilihlah teks yang ingin Anda terjemahkan. Dalam memilih pun Anda bisa menggunakan select atau bisa juga menerjemahkan seluruh isi dokumen sekaligus tanpa harus ribet lagi.

Selanjutnya klik menu Review pada navigasi bar Ms Word. Kemudian pilih Translate. Di dalam Ms Word Anda akan menemukan banyak bahasa lain selain Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan translate jurnal balik, seperti dari Bahasa Indonesia ke Inggris dan sebaliknya.

Tunggulah beberapa saat sampai proses translate selesai. Terakhir hasilnya akan ditampilkan pada bagian sebelah kanan. Cukup mudah bukan? Jadi, kini Anda tidak perlu bingung lagi terkait menerjemahkan jurnal atau file dokumen lain.

Dari ketiga cara yang sudah dibahas, semuanya hanyalah alat bantu saja sehingga Anda harus tetap teliti dalam menggunakannya. Pastikan setiap kata atau paragraf yang sudah berhasil diterjemahkan Anda cek kembali. Pasalnya dalam proses menerjemahkan semuanya tergantung dari tulisan atau ketikan Anda, apakah termasuk bahasa baku atau tidak.

Dimana biasanya hal sesederhana seperti itu bisa membuat hasil translate menjadi kacau dan tidak rapi. Jadi, penting untuk menggunakan kalimat yang benar sebelum menerjemahkannya. Cek lagi apakah ada kesalahan pada jurnal Anda atau justru pada hasil translatenya.

Demikian pembahasan mengenai cara translate jurnal dengan cepat dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, atau bahasa lainnya. Pilihlah cara sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika yang akan diterjemahkan hanya sedikit Anda bisa menggunakan Google Translate, namun jika Anda ingin  menerjemahkan satu file sekaligus maka Anda bisa memilih Google docs atau Ms Word.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?