Bagaimana Cara Melakukan Review Jurnal Teknologi Informasi? Ini Dia Contohnya!

Bagaimana Cara Melakukan Review Jurnal Teknologi Informasi? Ini Dia Contohnya!

Teknologi Informasi menjadi salah satu hal yang mendominasi kehidupan sekarang dan masa yang akan datang dan akan terus berlanjut hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Teknologi informasi semakin berkembang menjadikan manusia mau tidak mau harus mengubah kebiasanaan dan cara berpikirnya terhadap sesuatu. Sebut saja masalah belanja, biasanya belanja kebutuhan akan dilakukan dengan cara yang tidak secepat yang diinginkan, seperti harus bersiap untuk keluar, mecari dan mendatangi setiap tempat yang menyediakan kebutuhan yang ingin dibeli, mencari harga yang sesuai, mencari kualitas yang dinginkan, dan sebgainya. Semua permasalahan yang dihadapi oleh manusia pada masa itu diselesaikan hanya dengan satu cara oleh kemajuan teknologi informasi, dapat dilihat dari banyaknya marketplace yang tersedia secara online, hanya dengan smart phone dan gerakan jari yang tidak menguras tenaga dan hebatnya dilakukan kapan saja dan dimana saja kita mendapatkan sesuatu yang kita butuhkan dan inginkan.

Banyak jurnal yang membahas bidang teknologi informasi, yang memberikan solusi dari permasalahan yang tidak mudah, bahkan bagi sebagian orang mustahil untuk diselesaikan, dan jika selesaipun maka mengapa bisa? Seperti itulah pemikiran kita.

Sekarang kita masuk pada inti pembahasan yaitu cara melakukan review jurnal teknologi informasi. Jurnal teknologi informasi menyajikan banyak informasi mulai dari permasalahan yang sedang dihadapi saat ini, metode penelitian, rumusan masalah, solusi, dan yang lainnya. Agar lebih mudah memahami tentang manfaat jurnal teknologi informasi dan cara mereview jurnal teknologi informasi, berikut saya berikan contoh review jurnal teknologi informasi.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Contoh:

Judul Jurnal      : Pengembangan Aplikasi Bank Sampah Menggunakan Layanan Teknologi   Informasi Cloud Computing pada Bank Sampah Melati Bersih

Penerbit            : Jurnal Teknik Informatika Vol. 8 No. 2 Oktober Tahun 2018

Penulis              : Siti Ummi Masruro, Siti Ermila Suciasih, Hendra Bayu Suseno

Resume             : Semakin berkembangnya teknologi informasi (TI) telah terbukti dengan adanya pengembangan Aplikasi Bank Sampah dan membuktikan bahwa perusahaan dan organisasi sudah semakin maju dengan menggunakan teknologi yang juga semakin berkembang. Dilatar belakangi karena semakin rumitnya transaki perhitungan dan pengelolaan data yang masih dilakukan secara manual. Selain masalah yang telah disebutkan tadi, ada pula masalah lain yaiutu ketersediaan sumber daya teknoligi informasi yang semakin menjadi faktor penting, sehingga informasi yang tersediakan juga semakin berkualitas. Semakin canggih teknologi yang tersedia maka segala sumber daya yang ada harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya entah itu software, hardware, maupun brainware karena akan memakan biaya semakin besar dan juga waktu yang dibuthkan untuk peralihan teknologi juga akan semakin lama. Dikarenakan maslah-maslah ini maka dikembangkan aplikasi yang membantu dalam transaksi dan penanganan data tabungan Bank Sampah Melati Bersih. Pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Codeigniter, dan Database menggunakan MySQ, Tools yang digunakan adalah UML (Unified Modelling Language), membbgunakan sistem pengembangan RAD (Rapid Application Development), Aplikai ini berkolaborasi dengan layanan teknologi informasi (TI) Cloud Computing (Komputer Awan), PaaS (Platform as a Service) adalah layanan yang digunakan, dan menggunakan model penyebaran cloud computing Private Could Computing.

Judul jurnal yang saya review adalah Pengembangan Aplikasi Bank Sampah Menggunakan Layanan Teknologi   Informasi Cloud Computing pada Bank Sampah Melati Bersih. Review meliputi judul jurnal, penerbit, penulis, dan resume singkat padat dan jelas dari jurnal. Jurnal ini membahas tentang mengembangkan sebuah aplikasi yang akan membantu masyarakat dalam mengelola sampah secara mudah dan mendapatkan keuntungan dari hal yang tidak dipikirkan bahwa sampah dapat menghasilakn uang. Informasi pertama yang kita dapatkan adalah masalah yang dihadapi adalah bagaimana cara menangani sampah, metode penelitian untuk mendapatkan solusi penanganan sampah, metode pengembangan aplikasi pengelola sampah, tools yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, dan hasil yang dicapai dari penelitiannya.

Setelah membaca review jurnal di atas, sekarang kita beralih ke sacara melakukan review jurnal TI. Berikut langkah-langkah melakukan review jurnal Teknologi Informasi.

  1. Menentukan topik jurnal yang ingin direview

Topik adalah pokok pembahasan yang diangkat disebuah jurnal. pemilihan topik yang tepat akan memberikan manfaat yang baik baki penulis dan juga pembaca. Usahakan pemilihan topik disesuaikan dengan permasalahan yang sedang banyak dihadapi saat ini, sehinga review jurnal yang dibuat lebih bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi penulis dan juga pembaca.

  1. Membaca secara detail jurnal

Sebenarnya membaca jurnal secara keseluruhan tidak dianjarkan, cukup membaca sekililas bagian abstrak yang merupakan gambaran singkat dari jurnal dan membaca sekilas pembahasan jurnal. tetapi jurnal teknologi informasi adalah jurnal yang menyediakan pembahasan secara kompleks sehingga tidak dapat hanya dibaca sekilas, karena pada bagian abstrak hanya dijelaskan inti-intinya saja namun tidak dijelaskan bagaimana cara melakukannya atau langka-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Memahami permasalahan

Untuk mereview kita harus memahami permasalahan yang disuguhkan dalam jurnal, sehingga pembaca dapat mengangkat pertanyaan seperti apa yang akan diberikan pada topik jurnal.

  1. Memahami metode penelitian

Metode penelitian pada sebuah jurnal merupakan cara yang dilakukan untuk meneliti sehingga mendaoatkan data yang diinginkan. Jadi penting bagi penulis untuk memahami metode tersebut agar bisa menyuguhkan pada pembaca secara sederhana yang lebih mudah dimengerti oleh pembaca awam.

  1. Memahami solusi dari permasalahan

Setelah melakukan penelitian pasti akan ada solusi, tujuan dari pembacaan sebuah jurnal ilmiah adalah ingin mengetahui solusi akhir yang diberikan peneliti untuk menangani permasalahn yang dibahas. Sehingga review jurnal yang dilakukan dapat menyajikan solusi yang diperlukan dengan baik dan benar.

  1. Memahami tujuan yang disampaikan

Memahami tujuan penelitian adalah hal yang tidak kalah pentingnya, karena dari situ kita dapat mengetahui tujuan yang hendak disampaikan dan dicapai oleh peneliti. Penulis harus memahami agar tujuan peneliti tersampai kepada pembaca.

Manfaat yang didapat dari review jurnal teknologi informasi adalah:

  1. Mengetahu permasalahn yang sedang dihadapi saat ini
  2. Mendapat pemahaman tentang cara menangani masalah
  3. Mempelajari metode-metode baru
  4. Mengetahui adanya teknologi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut

Sekian penyampain artikel cara mereview jurnal teknologi informasi dan manfaat nya, semoga bermanfaat.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *