Cara Membuat Artikel Jurnal Kesehatan Masyarakat

Cara Membuat Artikel Jurnal Kesehatan Masyarakat

Cara Membuat Artikel Jurnal Kesehatan Masyarakat – Fakultas kesehatan masyarakat merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang cara pencegahan penyakit, memperpanjang harapan hidup, meningkatkan kesehatan masyarakat secara mental dan fisik melalui upaya masyarakat dan lembaga medis yang terorganisir.

Sama seperti fakultas lainnya, mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat juga akan diberikan berbagai tugas dan tugas yang paling sering ditemui adalah tugas yang berhubungan dengan kegiatan penelitian seperti membuat jurnal kesehatan masyarakat.

Bagi anda yang membutuhkan bantuan untuk membuat jurnal kesehatan masyarakat, ulasan berikut ini akan membahas tentang cara membuat jurnal kesehatan yang benar.

Langsung saja Anda cermati ulasan berikut yuk!

baca juga: Jasa Translate Jurnal Internasional di Bekasi Terpercaya Profesional

  1. Kelompokan konsentrasi fakultas kesehatan masyarakat

Fakultas kesehatan masyarakat terdiri atas banyak bidang yang masing-masingnya mempelajari materi yang cukup penting di lingkungan masyarakat. Untuk mempermudah anda dalam menentukan topik jurnal, membaginya menjadi kelompok-kelompok kecil bisa menjadi langkah awal yang baik.

Berikut kelompok-kelompok fakultas kesehatan masyarakat, yakni:

  • Epidemiologi, ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit pada tingkat populasi serta mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penyebaran penyakit tersebut.
  • Biostatistika, ilmu statistika yang mengajarkan tentang penerapan metode statistika ke dalam lingkungan biologi dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang ada di dunia medis.
  • Kesehatan Lingkungan, ilmu yang mempelajari tentang segala pengaruh dari faktor lingkungan secara fisik, kimia, dan biologis terhadap aspek-aspek kesehatan manusia.
  • Pendidikan Kesehatan dan Perilaku, ilmu yang mempelajari tentang perubahan perilaku individu, kelompok, ataupun populasi yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan di masa kini dan di masa depan.
  • Administrasi Kesehatan Masyarakat, ilmu yang mempelajari tentang peran ketatausahaan dalam menyediakan informasi tentang kesehatan masyarakat.
  • Gizi Kesehatan Masyarakat, ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara nilai gizi yang terkandung dalam makanan dan minuman terhadap kesehatan masyarakat demi tercapainya produktivitas.
  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja dalam suatu institut atau proyek kerja.
  • Kesehatan Reproduksi, ilmu yang mempelajari tentang kondisi kesehatan sistem produksi dari segi fisik, mental, dan sosial beserta fungsi prosesnya.
  • Sistem Informasi Kesehatan, suatu ilmu yang mempelajari tentang proses pengelolaan data dan informasi kesehatan secara sistematik untuk mendukung manajemen dan mengembangkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  • Surveilan Penyakit Menular dan Tidak Menular, suatu ilmu yang bertujuan untuk mengawasi dan menentukan apakah suatu penyakit bersifat menular atau tidak demi menjaga kesehatan masyarakat.
  1. Tentukan topik yang ingin dibahas

Dari kelompok tersebut, anda perlu menentukan konsentrasi mana yang paling menarik minat anda atau yang paling mudah untuk dibahas.

Jika anda merasa kurang yakin dalam memilih konsentrasi, anda bisa mengintip setiap bidang ilmu dan perhatikan apakah materi yang di konsentrasi itu menarik atau apakah materinya masih sesuai dengan kemampuan anda atau tidak.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan topik adalah dengan melihat hasil jurnal kesehatan masyarakat yang sudah jadi, bukan untuk copy paste, tetapi untuk melihat inti pembahasannya sehingga bisa anda ubah sesuai dengan kebutuhan sendiri.

baca juga: jasa konversi jurnal 

  1. Susun judul jurnal dengan benar

Ketika anda sudah mendapat topik yang menarik, anda perlu menyusun judul tersebut dengan tepat sehingga ketika anda mengajukan ke dosen, jurnalnya tidak akan ditolak atau diberi tugas revisi.

Penulisan judul jurnal memiliki beberapa aturan, berikut aturannya:

  • Posisi judul jurnal harus berada di bagian atas tengah pada halaman pertama.
  • Setiap kata yang ada di judul jurnal harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital.
  • Semua huruf harus dicetak tebal dan tegak.
  • Jumlah kata untuk jurnal kesehatan masyarakat bisa bervariasi tergantung dengan bahasanya. Untuk jurnal dalam bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 12 kata. Untuk jurnal dalam bahasa inggris tidak boleh lebih dari 10 kata.
  • Judul jurnal harus menarik dan dapat menjelaskan seluruh isi jurnal, sehingga anda perlu menghindari penggunaan klise.
  1. Siapkan referensi

Cara terbaik untuk mendapat data yang valid dan jawaban yang lebih pasti adalah dengan menggunakan referensi. Referensi ini bisa ditemukan di mana saja, anda bisa menemukannya di internat, di perpustakaan, atau melihat jurnal kesehatan masyarakat yang sudah pernah dikerjakan.

Namun, pastikan juga kalau referensi yang anda pakai sesuai dengan topik yang anda bahas dalam jurnal dan informasinya harus akurat, relevan dan bersifat dasar.

  1. Konsultasi dengan dosen anda

Memiliki seorang pembimbing tentu akan menjadi tugas membuat jurnal kesehatan masyarakat semakin mudah. Maka dari itu, anda tidak boleh malu untuk meminta bimbingan dari dosen, tetapi pastikan anda memintanya ketika beliau bersedia.

Dalam mengonsultasikan jurnal, bawalah rekomendasi judul setidaknya 4 buah dan pelajari konsep tentang variabel penelitian sehingga dosen nantinya akan lebih yakin dan lebih percaya terhadap pemikiran anda.

Ingin membuat artikel jurnal Kesehatan Masyarakat? Kami menyediakan jasa konversi hasil penelitian kedalam artikel jurnal silahkan klik disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Turunkan Turnitin Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *