Cara Membuat Artikel Jurnal Kesehatan dengan Mudah

Cara Membuat Artikel Jurnal Kesehatan dengan Mudah

Cara Membuat Artikel Jurnal Kesehatan – Fakultas kesehatan merupakan salah satu fakultas yang paling banyak diminati oleh mahasiswa zaman sekarang karena fakultas kesehatan memiliki banyak bidang yang masing-masing menawarkan prospek kerja yang menjanjikan sehingga bisa disesuaikan dengan pemintaan setiap mahasiswa.

Selama menjalani prodi kesehatan, mahasiswa tentu akan diberikan banyak tugas salah satunya adalah membuat jurnal kesehatan. Membuat jurnal kesehatan bisa menjadi hal yang sulit karena mahasiswa diharuskan untuk melakukan penelitian yang sifatnya berkelanjutan.

Bagi anda yang sedang mengalami kendala dalam membuat jurnal kesehatan, anda bisa memperhatikan ulasan berikut ini tentang cara membuat jurnal kesehatan yang benar.

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Berikut ini merupakan cara membuat jurnal kesehatan:

  1. Tentukan topik

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika membuat jurnal adalah menentukan topik. Topik yang ada di fakultas kesehatan memang banyak karena setiap bidang memiliki beragam isu yang cukup menarik.

Untuk mempermudah anda dalam menentukan topik, berikut merupakan tips-tips mencari topik jurnal yang bisa anda pakai:

  • Pilih bidang yang sesuai dengan minat

Fakultas kesehatan terdiri atas banyak bidang. Dari banyaknya bidang, anda perlu memilih bidang yang paling sesuai dengan minat anda karena jika anda asal pilih, bisa saja kalau isu yang dibahas belum sepadan dengan kemampuan anda.

Kalau anda masih ragu untuk memilih, anda bisa mengintip materi dari setiap bidang dan cari apakah ada isu yang menarik perhatian anda atau tidak.

  • Cek berita terupdate

Untuk apa cek berita? Walaupun hal ini terdengar aneh, tetapi anda harus mengetahui informasi terkini seputar bidang anda karena namanya jurnal itu hanya membahas topik-topik yang sedang hangat dibicarakan oleh warga.

Jadi, jangan malu untuk membuka berita di browser atau media sosial seputar bidang anda.

  • Cek hasil jurnal yang pernah dikerjakan sebelumnya

Jika anda tetap saja tidak mendapat gambaran mengenai topik yang akan dibahas dalam jurnal, anda bisa melihat hasil jurnal yang pernah dikerjakan oleh kakak senior.

Ketika mengambil ide dari jurnal yang sudah jadi, pastikan anda tidak mengcopy karena pembuatan jurnal harus 100% murni. Untuk itu, anda hanya perlu mengambil inti pembahasan dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

  1. Susun judul dengan benar

Topik yang anda angkat akan dijadikan sebagai bahan pembuatan judul jurnal. Penulisan judul jurnal berbeda sehingga untuk memastikan kalau judul yang anda buat nantinya bisa diterima oleh dosen, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai berikut:

  • Penulisan judul jurnal harus berada di bagian tengah atas halaman pertama.
  • Setiap kata yang ada di judul jurnal harus memakai huruf kapital, dicetak tebal, dan tegak.
  • Jumlah kata yang dipakai tidak boleh melebihi 12 kata untuk bahasa Indonesia dan tidak boleh melebihi 10 kata untuk bahasa inggris.
  • Hindari penggunaan klise karena hal ini akan membuat makanya memudar atau tidak menarik.
  1. Tentukan alasan kenapa anda melakukan penelitian

Ketika dosennya telah memberi anda lampu hijau, berikutnya anda perlu menentukan alasan kenapa anda mau melakukan penelitian terhadap isu yang diangkat. Hal ini penting karena dari alasan tersebut akan memberikan anda jawaban mengenai hal atau variabel penelitian apa saja yang perlu dibahas.

Kegiatan ini akan mencakup penelitian variabel, pengambilan populasi atau sampel, pengumpulan data, dan analisis data.

layanan: jasa revisi jurnal

  1. Tentukan metode penelitian yang akan digunakan

Dalam melakukan penelitian, anda tentu memerlukan suatu metode yang tepat sehingga anda bisa mendapat jawaban yang lebih akurat dari penelitian terhadap variabel. Dalam pembuatan jurnal kesehatan, terdapat dua metode yang bisa dipakai, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif.

Untuk membantu anda dalam menentukan metode penelitian mana yang harus dipakai, berikut penjelasan lebih lanjutnya:

  • Metode kualitatif adalah jenis metode yang mengutamakan proses dan makna yang belum diukur, serta mengutamakan sifat yang realita. Biasa digunakan ketika peneliti ingin membuat pembahasan.
  • Metode kuantitatif adalah jenis metode yang mengutamakan pengukuran dan analisis terhadap hubungan sebab akibat sehingga sering digunakan untuk pembuatan hasil atau pembahasan.
  1. Gunakan referensi

Untuk mempermudah anda dalam menyusun isi jurnal, anda bisa menggunakan referensi dari berbagai sumber karena referensi ini akan memberi anda berbagai ide atau saran yang bisa membuat pembahasan jurnal anda semakin berkualitas.

Namun, tidak semua referensi bisa digunakan, anda hanya bisa menggunakan referensi yang terupdate, bersifat dasar, dan relevan dengan isu yang anda bahas dalam jurnal kesehatan.

baca: jasa editing dan proofreading jurnal

  1. Minta sesi bimbingan dari dosen

Peran dosen dalam tugas membuat jurnal kesehatan tidak kalah pentingnya karena dosen dapat memberikan anda arahan dan menjaga agar jurnal anda membuat kesalahan.

Jadi, jangan malu untuk meminta sesi bimbingan dari dosen dan perlu anda ingat kalau bimbingan ini bisa berkali-kali karena anda harus memastikan setiap bagian dari jurnal kesehatan yang anda buat sudah memenuhi kriteria tertentu.

Butuh layanan konsultasi Artikel Jurnal Kesehatan? Segera hubungi jagojurnal WhatsApp: 087-864-006-999.

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *