Cara Membuat Artikel Jurnal Pendidikan Matematika

Cara Membuat Artikel Jurnal Pendidikan Matematika

Cara Membuat Artikel Jurnal Pendidikan Matematika – Bagi sebagian besar orang, pendidikan matematika terdengar seperti ilmu yang sulit dikuasai, akan tetapi tidak begitu bagi mereka yang sudah gemar dengan dunia hitungan.

Bagi mereka pendidikan matematika adalah ruang untuk melatih dan mengembangkan daya pikir mereka sehingga tidak mengherankan jika peminat fakultas pendidikan matematika tidak pernah habis.

Meskipun pendidikan matematika terdengar sebagai fakultas yang lebih inklusif, akan tetapi sama seperti fakultas lainnya, pendidikan matematika memiliki tugas penelitian yang perlu dikerjakan berulang kali, yakni membuat jurnal pendidikan matematika.

Pada dasarnya, tugas membuat jurnal pendidikan matematika bertujuan untuk mengembangkan sekaligus memperbaiki mutu belajar mahasiswa selama mengikuti kurikulum kuliah dan nantinya hasil penelitian tersebut akan dijadikan sebagai referensi untuk dunia penelitian.

Membuat jurnal pendidikan matematika bisa menjadi hal yang sulit karena tidak hanya mengamati variabel, anda juga perlu menggunakan rumus yang tepat.

Untuk membantu anda dalam menyusun jurnal pendidikan matematika, ulasan berikut ini akan membahas tentang cara membuat jurnal pendidikan matematika yang benar.

Berikut ini merupakan cara membuat jurnal pendidikan matematika:

  1. Tentukan bidang matematika

Matematika bisa dibilang sebagai ilmu yang universal karena segala aktivitas dan fenomena melibatkan unsur matematika sehingga ilmu matematika terdiri atas berbagai bidang yang masing-masing memiliki fokus tersendiri.

Berikut ini merupakan bidang matematika:

  • Besaran
  • Ruang
  • Perubahan
  • Struktur
  • Dasar dan filsafat
  • Matematika diskret
  • Matematika terapan

Dari pilihan bidang tadi, anda perlu menentukan bidang matematika mana yang paling sesuai dengan minat anda. Jika anda masih merasa ragu, anda bisa melihat-lihat dulu materi yang ada di setiap bidang kemudian tentukan bidang mana yang paling sesuai dengan kemampuan anda.

  1. Tentukan topik

Dari bidang yang anda pilih, berikutnya anda bisa memetik topik yang berhubungan dengan bidang pilihan anda. Seharusnya hal ini mudah dilakukan, akan tetapi jika anda merasa kesulitan dalam menentukan topik yang perlu diangkat, tips berikut ini dapat membantu anda dalam menemukannya:

  • Observasi

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menemukan topik adalah dengan mengamati lingkungan sekitar. Pengamatan ini bisa menjadi cara yang efektif karena anda bisa mengaitkan peran bidang matematika yang anda pilih terhadap lingkungan sekitar.

Sebagai contoh, mengukur bangunan tinggi mungkin akan sulit dilakukan jika tidak menggunakan rumus trigonometri. Dengan begitu, anda bisa membuat jurnal tentang Peran Trigonometri dalam Proyek Pembuatan Bangunan Pencakar Langit.

  • Mind map

Mind map atau peta pikiran adalah cara menyaring topik dengan membagikan topik penelitian menjadi beberapa sub topik. Sub topik yang ada akan dibagi lagi menjadi sub topik yang lebih spesifik sehingga hal ini akan membuat peta pikiran yang memudahkan peneliti dalam mengamati hubungan antar setiap topik.

Mind map bisa menjadi cara mencari topik jurnal yang efektif jika topik yang anda angkat terlihat agak rumit atau terlalu luas.

  • Brainstorming

Brainstorming juga bisa menjadi metode pencari topik yang efektif untuk karya ilmiah. Untuk melakukan brainstorming, anda perlu mencari tempat yang nyaman dan tenang karena hal ini akan membuat pikiran anda lebih rileks sehingga lebih mudah untuk mengeksplor ide.

Ketika anda sudah menemukan tempat yang ideal, anda bisa membaca seputar topik pilihan anda baik melalui majalah, berita, atau media sosial, kemudian temukan hal atau masalah yang menarik dari topik tersebut.

  1. Buat judul jurnal dengan benar

Ketika anda sudah menemukan topik yang cocok untuk jurnal pendidikan matematika, anda bisa membuat judul berdasarkan topik tersebut.

Penulisan judul jurnal sebaiknya anda lakukan dengan hati-hati karena judul jurnal memiliki kriteria tersendiri sehingga jika anda tidak mau judulnya ditolak oleh dosen, ikuti tips-tips berikut!

  • Buat judul dengan singkat dan padat, serta dapat menjelaskan isi jurnal yang inovatif, menarik atau mengandung solusi untuk permasalahan yang diteliti.
  • Judul harus berada di bagian atas halaman, dicetak tebal, dan menggunakan huruf kapital untuk semua hurufnya.
  • Jumlah kata tidak boleh melebihi 12 kata untuk bahasa Indonesia dan tidak boleh melebihi 10 kata untuk bahasa inggris.
  • Setelah judul ditulis, tulis nama anda tanpa gelar akademik di bawah judul.
  1. Tentukan variabel penelitian beserta metode penelitiannya

Selanjutnya anda perlu menentukan latar belakang, variabel yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti, dan tujuan penelitian tersebut. Ketika membahas isi permasalahan matematika, anda harus menyajikannya secara ringkas, padat, dan langsung ke intinya sehingga pembaca tidak akan bosan.

Di bagian ini juga, anda perlu menjelaskan bagaimana anda melakukan penelitian atau dengan kata lain, metode penelitian apa yang anda pakai, bisa itu metode kualitatif atau kuantitatif.

  1. Berikan rangkuman hasil penelitian

Terakhir anda perlu memberikan pembahasan untuk menyajikan hasil data ketika percobaan. Ketika melakukannya, bukukan secara jelas mengani segala hal yang terkait dengan tingkah laku dan isu topik karena hal ini akan digunakan sebagai bukti dan lampiran penelitian.

Butuh konsultasi pembuatan jurnal? Segera hubungi jago jurnal.com WhatsApp: 087-864-006-999 untuk jasa konversi hasil penelitian kedalam artikel jurnal klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *