Cara Membuat Jurnal Ekonomi Pembangunan

Perguruan tinggi sering menggunakan ekonomi pembangunan sebagai tema untuk tugas yang akan kepada mahasiswa fakultas ekonomi dalam rangka peningkatan peringkat belajar mereka. Ekonomi pembangunan sendiri membahas tentang hal yang berhubungan dengan pembangunan ekonomi suatu negara berkembang seperti negara Indonesia.

Melihat pengaruh ekonomi yang kuat terhadap kehidupan masyarakat Indonesia tentu menjadikan ekonomi pembangunan sebagai topik utama yang harus diberikan kepada setiap mahasiswa fakultas ekonomi untuk menerbitkan jurnal ekonomi pembangunan.

Jika kali ini merupakan pertama kalinya anda membuat jurnal ekonomi pembangunan, anda mungkin masih belum tahu apa-apa tentang cara membuat jurnal ekonomi pembangunan, tetapi tidak perlu khawatir karena di bawah ini terdapat cara membuat jurnal ekonomi pembangunan.

Anda butuh jasa konversi, improve, translate, menurunkan turnitin, revisi artikel jurnal nasional dan internasional segera hubungi kami di: whatsapp 0878-6400-6999.

Berikut cara membuat jurnal ekonomi pembangunan:

  1. Ambil tema penelitian yang sedang populer

Terkadang, menentukan judul jurnal bisa menjadi hal yang sulit. Oleh karena itu, Jika anda masih belum merasa yakin terhadap judul yang dipilih, anda bisa mengintip tema penelitian yang sedang populer.

Untuk mengetahui tema penelitian apa saja yang sedang populer anda bisa mengintip hasil jurnal yang pernah dikerjakan oleh para senior sebelumnya atau jika anda merasa judul yang dikerjakan oleh senior sudah tidak relevan lagi, anda bisa menggunakan beberapa ide berikut:

  • Pengaruh Kebijakan Pemerintah dan Pendapatan Hasil Terhadap Pertumbuhan ekonomi Negara.
  • Pengaruh Sirkulasi Keuangan, Inflasi, dan Suku Bunga Terhadap Kegiatan Ekspor Impor di Indonesia.
  • Perbandingan Perkembangan Ekonomi di Pula Jawa dengan pulau Besar Lain yang Ada di Indonesia.

Dapat anda lihat, di atas merupakan topik hangat yang sering masyarakat bicarakan mengenai ekonomi pembangunan sehingga tema tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat judul yang nantinya akan Anda ajukan kepada dosen.

Jika anda misalnya khawatir jika seseorang akan meng-copy ide di atas, anda tidak perlu panik karena anda hanya perlu mengambil inti makna dari ide di atas dan sesuaikan dengan kebutuhan sehingga anda bisa membuat jurnal ekonomi pembangunan sendiri yang pastinya berbeda dengan punya orang lain.

  1. Modifikasi temanya terlebih dahulu sebelum bertemu dengan dosen

Setelah anda memilih melihat ide di internat atau perpustakaan, biasanya anda akan memiliki gambaran tentang tema jurnal ekonomi pembangunan yang akan anda dibuat nantinya.

Dengan gambaran tersebut, tentunya, anda ingin mengajukannya langsung ke dosen agar jurnalnya bisa langsung dikerjakan, akan tetapi anda tidak perlu terburu-buru karena anda harus memastikan jika judul yang diajukan benar-benar valid dan sesuai dengan kaidah penulisan jurnal.

Judul jurnal berbeda dengan judul yang ada di skripsi. Judul jurnal memiliki kriteria tersendiri seperti tidak terlalu panjang (5 sampai 14 kata untuk Bahasa Indonesia), memiliki makna yang jelas, khas, dan tidak menggunakan klise seperti “studi tentang….”.

  1. Tentukan metode penelitian yang akan digunakan

Apakah anda ajukan untuk tugas pembuatan jurnal ekonomi pembangunan sudah diterima oleh dosen? Jika sudah, maka selanjutnya anda perlu memahami metode penelitian yang akan digunakan nanti.

Hal ini penting karena pembuatan jurnal akan menjadi lebih sulit jika anda sendiri tidak tahu cara menarik sampel untuk pembahasan jurnalnya nanti.

Terdapat dua metode penelitian yang sering dipakai oleh mahasiswa ketika membuat jurnal apapun, yakni metode kualitatif dan kuantitatif, untuk lebih jelasnya, anda bisa memperhatikan perbedaannya sebagai berikut:

  • Metode kualitatif adalah metode penelitian yang dasarnya bertolak belakang dari data yang terkumpul dan berakhir dengan suatu teori.
  • Metode kuantitatif adalah metode penelitian yang dimulai dari teori ke data dan berakhir pada penerimaan atau penolakan teori yang digunakan.
  1. Amati segala faktor yang berpengaruh terhadap ekonomi pembangunan

Dibandingkan dengan bidang ekonomi lainnya, ekonomi pembangunan memiliki materi yang unik karena pada dasarnya ekonomi pembangunan dipengaruhi oleh faktor sosial dan non ekonomi sehingga mengidentifikasi pengaruh dari setiap faktor tersebut sangatlah penting dalam penyusunan jurnal ekonomi pembangunan.

Berikut ini merupakan faktor yang berpengaruh besar terhadap ekonomi pembangunan:

Faktor ekonomi

  • Sumber daya manusia.
  • Sumber daya alam.
  • Sumber daya modal.
  • Teknologi.

Faktor non ekonomi

  • Kondisi sosial dan budaya masyarakat.
  • Kondisi politik.
  1. Siapkan referensi yang relevan

Menyusun isi jurnal ekonomi pembangunan hanya dengan menggunakan pandangan sendiri tentu akan menjadi suatu hal yang sangat sulit karena belum tentu anda mengerti semua materi yang terdapat dalam judul.

Untuk membantu anda, terdapat cara membuat jurnal ekonomi pembangunan yang lebih mudah, yakni menggunakan referensi. Referensi ini bisa anda jadikan sebagai arah atau rekomendasi ide yang dapat membantu anda dalam mengisi jurnal ekonomi pembangunan.

Jadi, sebelum mengerjakan jurnalnya, anda perlu mencari referensi terlebih dahulu, baik dari internet atau dari perpustakaan, tetapi pastikan referensi yang anda gunakan merupakan referensi yang berhubungan dengan ekonomi pembangunan.

Anda butuh jasa konversi, improve, translate, menurunkan turnitin, revisi artikel jurnal nasional dan internasional segera hubungi kami di: whatsapp 0878-6400-6999.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *