Cara Membuat Jurnal Manajemen Pemasaran

Membuat jurnal memang sudah menjadi tugas yang harus dilewati oleh setiap mahasiswa karena melalui pembuatan jurnal itu, pengetahuan dan wawasan mahasiswa terhadap materi prodi yang diambil dalam periode tertentu akan diuji sehingga perhatian maksimal sangat diutamakan ketika membuat jurnal.

Terdapat banyak tema jurnal yang bisa diambil mahasiswa, salah satunya adalah membuat jurnal manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran sendiri merupakan ilmu suatu ilmu yang mempelajari tentang proses analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian aktivitas pemasaran agar dapat mencapai target pasar yang diinginkan.

Anda butuh jasa konversi, improve, translate, menurunkan turnitin, revisi artikel jurnal nasional dan internasional segera hubungi kami di: whatsapp 0878-6400-6999.

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam dunia ekonomi sehingga sering dijadikan sebagai tema untuk tugas pembuatan jurnal.

Dibandingkan dengan tugas penelitian lainnya seperti pembuatan skripsi, membuat jurnal tentu akan lebih sulit karena jurnal ini memuat informasi penelitian yang lebih jelas sehingga mungkin anda membutuhkan bantuan mengenai cara membuat jurnal manajemen pemasaran.

Berikut ini merupakan cara membuat jurnal manajemen pemasaran:

  1. Pilih bidang yang mudah dikuasai

Setiap bisnis tentu memiliki manajemen pemasaran yang berbeda. Dari banyaknya bisnis, pilih topik seputar bisnis yang bekerja di bidang yang rasanya mudah anda kuasai.

Dalam melakukan terdapat berbagai cara yang bisa anda gunakan untuk mengambil topik untuk jurnal manajemen pemasaran berikut caranya:

  • Observasi

Anda bisa memulainya dengan mengamati langsung bisnis kecil hingga besar yang berada di lokasi anda.

  • Wawancara

Cara terbaik untuk mendapat topik adalah bertanya langsung dengan pemilik bisnis atau bagian pemasaran di suatu perusahaan mengenai suatu isu.

  1. Ajukan topik kepada dosen

Setelah anda sudah yakin dengan topiknya, anda bisa mengajukan topik tersebut kepada dosen sebagai bahan untuk judul jurnal manajemen pemasaran. Walaupun dosen bisa saja menyebalkan, anda bisa meminta perhatiannya dengan membuat hatinya senang atau menawarkan bingkisan gratis dengan ganti waktunya.

Jika dosennya setuju terhadap topik yang anda ajukan, sekarang anda sudah bisa melakukan penelitian untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan untuk mengisi jurnalnya nanti.

  1. Lakukan analisis

Kegiatan manajemen pemasaran selalu mengutamakan kegiatan analisis. Jadi, anda juga harus melakukan analisis yang mendalam ketika membuat jurnal manajemen pemasaran nantinya.

Apapun topik yang anda ambil, jurnal manajemen pemasaran selalu memiliki proses sama yang harus diteliti, yakni:

  • Pasar sasaran

Setiap pasar terdiri atas segmen pasar tertentu. Jadi, mengevaluasi segmen pasar berdasarkan topik yang anda pilih dan menetapkannya sebagai sasaran merupakan kegiatan yang sangat penting.

Selain konsumen, anda juga perlu mengamati tingkat persaingan karena perencanaan yang berkaitan dengan pesaing sama pentingnya dengan perencanaan yang berkaitan dengan konsumen.

  • Perencanaan strategi pemasaran

Untuk mencapai sasaran yang sudah direncanakan, anda perlu merencanakan strategi pemasaran. Amati segala hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan strategi pemasaran mulai dari keputusan tentang biaya pemasaran, lokasi, dan bauran pemasaran.

Tentunya, setiap strategi akan berbeda sesuai dengan peran suatu perusahaan dalam pasarnya, sehingga tentukan juga apakah perusahaan yang anda teliti merupakan pemimpin pengikut, pendatang, atau penggarap peluang.

  • Program pemasaran

Terdapat berbagai variabel yang peran penting dalam pelaksanaan program pemasaran, berikut variabel-variabel yang perlu anda teliti:

  1. Produk, produk merupakan tawaran dasar dari setiap perusahaan yang meliputi tampilan, kemasan, merek, dan kualitas pelayanan.
  2. Harga, harga harus disesuaikan dengan nilai yang ditawarkan.
  3. Tempat, tempat akan menunjukkan di mana perusahaan akan melakukan kegiatan produksi dan distribusi.
  4. Promosi, kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk mengenalkan dan membujuk konsumen untuk membelinya.
  • Mengendalikan usaha pemasaran

Anda perlu menganalisis secara profitabilitas mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi pelaksanaan program pemasaran yang sudah dibuat.

  1. Sediakan referensi

Jika anda merasa kebingungan dalam menentukan topik ataupun isi jurnal manajemen pemasaran. Anda bisa menyediakan referensi sebagai arahan untuk membuat jurnal manajemen pemasaran, tetapi pastikan referensi yang anda dapat mengandung informasi yang relevan dengan topik yang sedang anda bahas.

Untuk mendapat referensi tersebut, anda bisa pergi ke perpustakaan, mencari file referensi di internet, melihat jurnal-jurnal manajemen pemasaran yang sudah dikerjakan sebelumnya, atau melihat beberapa rekomendasi berikut:

  • Hubungan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keuntungan Bisnis.
  • Pelaksanaan Pemasaran di Media Offline dan Online.
  1. Minta bimbingan dosen sekali-kali

Selain bantuan dari referensi, anda juga perlu meminta bimbingan dari dosen sekali-kali karena dosen bisa saja menjaga karya jurnal anda dari kesalahan yang mungkin tidak anda sadari dan dosen juga dapat membantu anda dalam memberikan gambaran sehingga isi jurnal terlihat lebih lengkap.

  1. Kaitkan hasil analisis dengan variabel terkait

Setelah anda mendapatkan segala data untuk menyusun jurnalnya, anda perlu mengaitkan data hasil dari penelitian yang sebelumnya anda lakukan terhadap variabel atau isu yang anda bahas.

Ketika sudah, anda bisa melakukan penarikan kesimpulan untuk mendapat inti makna dari tugas membuat jurnal manajemen pemasaran yang anda kerjakan.

Anda butuh jasa c, revisi artikel jurnal nasional dan internasional segera hubungi kami di: whatsapp 0878-6400-6999.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *