Cara Membuat Artikel Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris

Cara Membuat Artikel Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris

Cara Membuat artikel Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris – Apakah anda seorang mahasiswa fakultas pendidikan bahasa inggris yang sudah ada di tingkat akhir? Jika iya, tentunya, anda sudah tidak asing lagi ketika berhadapan dengan tugas penelitian seperti tugas membuat jurnal ilmiah.

Jurnal sendiri merupakan sebuah laporan ilmiah yang memuat informasi tentang penelitian terhadap suatu permasalahan atau isu yang disusun secara sistematis.

Mahasiswa bisa membuat jenis jurnal yang berbeda karena pembagian tugas jurnal disesuaikan dengan program studi yang dipegang oleh mahasiswa dan kali ini program studinya adalah pendidikan bahasa inggris.

Seperti yang anda tahu jurnal pendidikan bahasa inggris memiliki susunan sistematis yang harus ditulis dengan baik. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin tahu cara membuat jurnal pendidikan bahasa inggris yang benar, anda hanya perlu memperhatikan ulasan berikut dengan cermat.

  1. Tentukan topik

Bahasa inggris mencakup segala bidang di masyarakat sehingga menentukan topik untuk jurnal pendidikan bahasa inggris seharusnya menjadi hal yang mudah.

Walaupun mudah, anda tidak bisa sembarang memilih topik karena jurnal memiliki kriteria tersendiri tentang judul yang bisa dipakai sebagai bahan pembahasan.

Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika menentukan topik jurnal pendidikan bahasa inggris:

  • Topik jurnal yang bisa diangkat harus berhubungan dengan bidang ilmu yang anda tekuni.
  • Topik jurnal harus menarik khususnya bagi para peneliti.
  • Topik jurnal harus mengandung unsur problematik, hal yang akan menjadi masalah atau sudah menjadi masalah dapat diselesaikan, dan masalah tidak perlu selalu negatif.
  • Topik jurnal harus mengandung teori atau pengetahuan dasar karena topik sendiri bersifat mendasar.
  • Walaupun topik pendidikan bahasa inggris bersifat universal, namanya topik harus tetap terbatas pada bidang yang anda tekuni.
  • Melibatkan proses pengumpulan data.
  • Topik yang dibahas harus bermanfaat bagi peneliti dan masyarakat.
  1. Susun judul sesuai dengan topik yang diangkat

Setelah anda menemukan topik yang cocok untuk tugas membuat jurnal pendidikan bahasa inggris, berikutnya adalah menyusun judul jurnal sesuai dengan topik yang diangkat.

Sama seperti menentukan topik, penyusunan judul jurnal pendidikan bahasa inggris juga memiliki aturan tersendiri. Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika menyusun judul jurnal pendidikan bahasa inggris:

  • Judul harus bisa menjelaskan isi jurnal pendidikan bahasa inggris secara ringkas dan jelas.
  • Penulisan judul jurnal harus berada di bagian atas halaman pertama.
  • Setiap kata pada judul jurnal terdiri atas huruf kapital yang dicetak tebal dan berdiri tegak.
  • Jumlah kata tidak boleh terlalu banyak, yakni maksimal 12 kata untuk bahasa Indonesia dan 10 kata untuk bahasa inggris.
  • Nama ditulis di bagian bawah judul tanpa mencantumkan gelar akademik.
  1. Susun abstrak

Abstrak merupakan bagian yang menjelaskan tentang garis permasalahan yang dibahas secara ringkas tanpa mengacu pada isi jurnal.

Dalam penyusunannya, abstrak memiliki beberapa kriteria antara lain:

  • Jumlah kata yang ada di abstrak harus mencapai 250 kata.
  • Penulisan abstrak tidak boleh memakai kutipan atau singkatan.
  • Abstrak juga tidak boleh menggunakan catatan kaki.
  • Biasanya, penulisan abstrak dimulai dengan penguraian poin-poin penting di setiap bagian jurnal.
  1. Tulis latar belakang dengan jelas

Pendahuluan berisi tentang latar belakang dari masalah yang sedang diteliti dalam jurnal dan tujuan dilakukannya penelitian tersebut. Pendahuluan juga dilengkapi dengan teori-teori dari para ahli yang dapat memperkuat latar belakang dari permasalahan yang sedang dibahas.

  1. Tentukan variabel beserta metode penelitian

Ketika anda sudah menyusun latar belakang dari masalah yang dibahas, selanjutnya anda perlu mendiskusikan tentang masalah yang sedang dibahas. Hal ini penting agar anda bisa mendapatkan variabel yang dapat membantu proses penelitian anda.

Setelah anda mendapatkan variabel yang dibutuhkan, anda perlu menentukan metode penelitian apa yang diperlukan untuk mencari tahu jawaban atau solusi dari permasalahan yang diteliti.

Terdapat dua jenis metode penelitian, yakni:

  • Metode penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan untuk menafsirkan suatu fenomena sosial.
  • Metode penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan model matematis, teori, dan hipotetis seputar fenomena alam.
  1. Tulis kesimpulan hasil

Hasil dari penelitian harus ditulis dengan menggunakan paragraf, bukan poin-poin. Informasi yang ada di kesimpulan harus bisa membuktikan kalau hipotesis telah dilakukan dan menerangkan segala kelebihan dan kekurangan metode.

Selain itu, kesimpulan dikuti dengan saran yang bertujuan untuk memberi masukkan terhadap penelitian mendatang agar proses dan hasilnya menjadi semakin baik.

  1. Tulis referensi di halaman akhir

Ketika membuat jurnal pendidikan bahasa inggris, anda tentu akan menggunakan referensi sebagai pembantu dalam mengisi materi jurnal. Referensi yang anda gunakan harus ditulis di halaman terakhir tepat setelah pembuatan kesimpulan yang berarti referensi harus ditulis di halaman yang sama jika masih ada ruang.

Penulisan referensi harus mencantumkan nama penulis, tahun terbit buku, judul buku atau sumber artikel, kota terbit, nama penerbit, dan semuanya harus ditulis sesuai dengan tata cara penulisan daftar pustaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *