Cara Membuat Jurnal Sistem Informasi Manajemen

Cara Membuat Jurnal Sistem Informasi Manajemen

Cara Membuat Jurnal Sistem Informasi Manajemen – Apakah anda masih bingung tentang cara membuat jurnal sistem informasi manajemen? Membuat jurnal memang terasa seperti tugas yang paling sulit dikerjakan karena anda diharuskan untuk melakukan banyak penelitian terhadap isu yang dibahas.

Namun, mau tidak mau, anda harus mengerjakannya karena pembuatan jurnal merupakan tugas yang akan menentukan apakah seorang mahasiswa dari suatu prodi berhak naik pangkat atau tidak.

Terdapat banyak jenis jurnal, salah satu jenis jurnal yang harus dibuat oleh mahasiswa fakultas komputer adalah membuat jurnal sistem informasi manajemen.

Cara membuat jurnal sistem informasi manajemen tentu berbeda dengan jenis jurnal lainnya karena sistem informasi sendiri merupakan ilmu yang membahas tentang penggunaan teknologi informasi untuk kebutuhan akuntansi perusahaan seperti perhitungan biaya produksi, layanan, dan strategi pemasaran.

Pada dasarnya, tugas pembuatan jurnalnya akan melibatkan penggunaan bahasa pemrograman yang membuatnya berbeda dengan jenis jurnal lainnya.

Untuk membantu anda dalam menyusun jurnalnya, berikut ini merupakan cara membuat jurnal sistem informasi manajemen:

  1. Tentukan konsentrasi yang paling sesuai dengan minat

Sistem Informasi Manajemen (SIM) terbagi atas berbagai bagian sehingga sebelum anda membuat jurnalnya, anda perlu menentukan konsentrasinya dulu.

Secara umum fokus sistem informasi manajemen terbagi atas:

  • Sistem informasi akuntansi, sistem yang menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  • Sistem informasi akademik, sistem yang menyediakan informasi seputar proses pendidikan atau kurikulum di suatu perguruan.
  • Sistem informasi pemasaran, sistem yang menyediakan informasi seputar kegiatan promosi seperti penjualan, penelitian, dan lain-lain.
  • Sistem informasi manajemen persediaan
  • Sistem informasi personalia
  • Sistem informasi distribusi.
  • Sistem informasi pembelian.
  • Sistem informasi kekayaan.
  • Sistem informasi analisis kredit.
  • Sistem informasi penelitian dan pengembangan.
  • Sistem informasi analisis perangkat lunak
  • Sistem informasi teknik
  • Sistem informasi rumah sakit.

Ketika memilih konsentrasi, sebaiknya anda memilih konsentrasi yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan anda sehingga ketika menyusun jurnalnya nanti, anda tidak akan mengeluh kesulitan.

Jika anda masih saja bingung, anda bisa mencari referensi dari berbagai media atau berkonsultasi langsung dengan dosen anda.

  1. Lakukan penelitian terhadap proses manajemen

Dari kata manajemen, sudah pasti kalau jurnal sistem informasi manajemen akan mengutamakan proses manajemen. Maka dari itu, sudah menjadi tugas anda untuk meneliti segala proses manajemen yang berhubungan besar terhadap kinerja bisnis.

Terdapat 3 kegiatan yang harus anda teliti ketika membuat jurnal sistem informasi manajemen, yakni:

  • Perencanaan

Perencanaan merupakan fondasi dasar untuk mencapai suatu tujuan. Maka dari itu, anda harus mengamati tujuan yang ditetapkan dan identifikasi metode apa yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Pengendalian

Selain perencanaan, pengendalian juga dibutuhkan untuk memastikan kalau rencana yang diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan apa yang rencanakan sebelumnya.

Jadi, mengamati segala kebutuhan untuk memonitor pelaksanaan rencana sama pentingnya dengan mengamati perencanaan.

  • Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan merupakan faktor terakhir yang akan menentukan keberhasilan dari proses manajemen karena di tahap ini, seorang manajer akan memilih beberapa metode untuk melaksanakan tujuan yang telah ditetapkan.

  1. Buatlah alur sistem yang baik

Cara membuat jurnal sistem informasi manajemen yang tercepat adalah dengan membuat alur sistem yang baik. Alur sistem ini diartikan sebagai alur dari suatu proses bisnis yang menjelaskan tenang awal berjalanya suatu sistem, kondisi sistem, proses sistem, dan hasil yang dihasilkan.

Terdapat berbagai hal yang harus anda perhatikan ketika menyusun alur sistem, berikut tips membuat alur sistem yang baik:

  1. Alur sistem dimulai dari halaman atas ke bawah dan dari bagian kiri ke kanan.
  2. Aktivitas yang digambarkan harus disusun secara urut dan hati-hati.
  3. Mulai dan berakhirnya aktivitas harus dijelaskan dengan kata kerja.
  4. Percabangan dari aktivitas yang digambarkan tidak perlu digambarkan pada alur sistem yang sama. Percabangannya cukup digambar di halaman yang berbeda atau hapus saja jika tidak memiliki dampak terhadap aktivitas utama.
  5. Sederhanakan alur sistemnya.
  1. Rancang database berdasarkan data yang didapat

Setelah anda mendapat semua data dari hasil penelitian, berikutnya anda bisa membuat rancangan sistem informasi yang ingin dijalankan sehingga sistem informasinya dapat berjalan lebih lancar.

Rancangan database sama seperti design sehingga anda tidak perlu mahir dalam menguasai bahasa pemrograman ketika merancang database dan program. Yang anda butuhkan adalah penalaran data yang sudah anda dapat dari alur sistem dan judul yang sudah jadi.

  1. Implementasikan hasil rancangan dan lihat hasilnya

Terakhir anda perlu melakukan implementasi hasil rancangan database dan bahasa program yang dipakai. Dengan ini, anda bisa melihat hasil secara langsung sehingga anda bisa menarik kesimpulan lebih akurat dan lengkap.

Perlu anda ketahui, tergantung dengan konsentrasi sistem informasi manajemen yang anda pilih, program yang diperlukan untuk menjalankan hasil rancangannya bisa saja berbeda.

Ingin konsultasi Jasa Jurnal Internasional? silahkan hubungi tim kami di : SMS/WhatsApp: 087-864-006-999.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Cari Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Turunkan Turnitin Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *