Cara Membuat Artikel Jurnal Teknik Informatika dengan Mudah

Cara Membuat Artikel Jurnal Teknik Informatika dengan Mudah

Cara Membuat Jurnal Teknik Informatika  – Di zaman yang serba canggih ini, teknik informatika telah menjadi destinasi favorit ketika mereka diberikan pilihan fakultas kuliah karena teknik informatika sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang penerapan logika matematika dalam proses pengelolaan informasi atau data melalui pemanfaatan teknologi komputer seoptimal mungkin.

Hal ini tentu membuat fakultas teknik informatika sebagai salah satu fakultas yang cocok dipilih oleh mahasiswa zaman sekarang karena selain mendapat ilmu teknik, mahasiswa juga memiliki pemikiran yang kritis dan logis sehingga mahasiswa lulusan teknik informatika pantas dikerjakan oleh perusahaan mana saja.

Menjelang masa-masa terakhir, mahasiswa fakultas informatika dihadapi dengan berbagai tugas yang melibatkan kegiatan penelitian, salah satu tugas paling populer dan paling sering adalah tugas membuat jurnal teknik informatika.

Namanya, pembuatan jurnal tentu harus dilakukan secara hati-hati karena isi dari jurnal akan dijadikan sebagai referensi penelitian. Bagi anda yang mengalami kendala ketika membuat jurnal teknik informatika, anda tidak perlu gelisah karena di bawah ini akan menjelaskan cara membuat jurnal teknik informatika yang benar.

Berikut cara membuat jurnal teknik informatika:

  1. Pilih topik yang tepat

Langkah pertama dalam membuat jurnal teknik informatika, tentu saja, mencari topik yang tepat.

Mencari topik mungkin terdengar seperti hal yang simpel, akan tetapi dalam prakteknya bisa menjadi hal yang sulit karena tidak sembarang topik bisa diangkat sebagai bahan pembahasan jurnal, terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki suatu topik, yakni:

  • Topik yang diangkat harus menarik.
  • Topik harus relevan karena jurnal hanya membahas masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat.
  • Topik harus berhubungan dengan bidang yang anda pilih.
  • Isi topik harus bermanfaat.
  • Topik harus mengandung teori dasar.

Untuk mempermudah anda dalam mencari topik, anda bisa melihat hasil topik yang pernah dikerjakan oleh para senior atau melihat berita terkini seputar dunia informatika untuk mendapat gambaran.

  1. Buat gambaran awal mengenai perangkat lunak yang akan dibuat

Membuat jurnal teknik informatika mungkin agak berbeda dengan membuat jenis jurnal lainnya karena anda harus melakukan percobaan yang melibatkan kegiatan teknik.

Untuk mempersiapkan anda dalam melakukannya, buatlah gambaran awal mengenai perangkat lunak yang akan dibuat. Hal ini termasuk spesifikasi program, fasilitas, manfaat, tujuan, dan kesulitan yang disajikan dengan jelas.

Anda bisa mencari informasi yang dibutuhkan untuk mendukung proses membuat jurnal teknik informatika, melalui pencarian informasi di internet atau membaca teori dari buku-buku yang berhubungan.

  1. Buat judul yang tepat

Topik yang anda buat harus diubah menjadi judul. Penulisan untuk judul jurnal teknik informatika juga tidak seperti menulis judul pada karya ilmiah lainnya. Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat judul, yakni:

  • Judul harus bisa menerangkan isi jurnal secara ringkas.
  • Jumlah kata tidak boleh terlalu banyak (12 kata untuk bahasa Indonesia dan 10 kata untuk bahasa inggris).
  • Penulisan judul harus menggunakan huruf kapital untuk semua hurufnya dan dicetak tebal, serta tegak.
  1. Konsultasikan bahan jurnal kepada dosen

Buat proposal jurnal anda dan ajukan jurnal tersebut ke dosen anda. Saat mengajukan jurnalnya, anda harus bisa menjelaskan apa yang anda bahas dan buat di dalam jurnal tersebut. Jika dosen setuju, anda bisa memulai proses pengerjaan jurnal anda.

Perlu diingat juga, anda mungkin akan berkonsultasi beberapa kali dengan dosen karena selama pembuatan jurnal, anda akan membutuhkan bantuannya untuk memastikan setiap isi jurnal sudah relevan, akurat, dan tidak salah.

  1. Kumpulkan semua referensi yang tersedia

Membuat jurnal teknik informatika, khususnya membuat teori atau program adalah hal yang sangat sulit untuk dikerjakan. Untuk mempermudah anda dalam melakukannya, anda membutuhkan referensi.

Referensi ini akan memberikan anda gambaran mengenai hal apa saja yang perlu dibahas dalam rancangan jurnal anda terutama jika referensinya sesuai dengan topik pembahasan anda, hal ini tentu akan sangat membantu.

Anda bisa browsing di internet, membaca buku di perpustakaan, atau melihat hasil kerja kakak senior untuk menemukan referensi.

  1. Kerjakan rancangan perangkat lunak

Dalam proses membuat jurnal teknik informatika, hal ini bisa menjadi bagian yang paling sulit karena tidak semua mahasiswa fakultas teknik informatika dapat menguasai programming untuk melakukan percobaan.

Jika anda tidak bisa menguasai programming, setidaknya anda harus berusaha untuk menguasai materi dasarnya. Jika tetap saja tidak bisa, maka anda harus mencari bantuan dari luar, tetapi siapkan dulu prototype programnya agar cepat diproses.

  1. Susun setiap bagian jurnal

Setelah program telah selesai dikerjakan, anda sudah bisa menyusun setiap bagian jurnal karena anda sudah mendapatkan segala data yang diperlukan dari hasil percobaan program.

Anda bisa mengisi variabel, metode penelitian, hasil penelitian, dan simpulkan hasil yang anda dapat dari pembuatan program, serta berikan saran dan kritik terhadap program yang dikerjakan.

Bingung cara Artikel Jurnal Teknik Informatika  Hubungi konsulan jurnal jagojurnal :  087-864-006-999

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *