Cara Membuat Review jurnal yang Benar

Cara Membuat Review jurnal yang Benar

Apakah Anda adalah orang yang suka membuat atau membaca review jurnal? Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membuat review jurnal. Misalnya seperti menambah wawasan mengenai topik yang dibahas di dalam jurnal, atau melatih bertata bahasa da berargumentasi sesuai dengan teori yang relevan.

Begini Cara Mereview Jurnal yang Benar

Pastikan jenis jurnal yang akan Anda buat reviewnya untuk dapat mengetahui ruang lingkup dari jurnal yang dipilih serta tujuan Anda dalam membuat review jurnal. Memberikan jeda dalam proses ini juga berfungsi untuk membantu agar Anda tidak salah dalam menentukan pilihan jurnal yang sesuai dengan bidang Anda.

Terutama apabila Anda akan menggunakan jurnal tersebut sebagai bahan rujukan, maka tentu memilihnya tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan topik penelitian yang akan Anda lakukan.

Selain itu, orisinilitas atau keaslian dari jurnal juga merupakan hal yang sangat penting untuk perhatikan, karena hal tersebut akan memberikan nilai lebih terkait dengan kredibilitas Anda baik dalam hasil review maupun sumber referensi dari riset yang Anda lakukan nantinya.

Dalam memeriksa terkait orisinilitas jurnal, maka Anda dapat melihat dari situs-situs penyedia jurnal yang terpercaya, dan pastikan bahwa jurnal yang Anda pilih untuk dibuat review telah terdaftar secara legal, resmi dan terindeks scopus.

Dengan memperhatikan bagian tersebut, maka Anda bisa mendapat gambaran mengenai hasil yang diperoleh dari riset pada jurnal terkait dengan solusi, metodologi penelitian, dan lain-lain. Gambaran mengenai hasil tersebut tentunya akan menjelaskan seberapa baik dan koherennya jurnal yang Anda pilih tersebut.

Simak, berikut ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam membuat review jurnal!

1. Bacalah Isi Jurnal secara Menyeluruh

Ini merupakan langkah yang sangat wajib untuk dilakukan. Meskipun kebanyakan orang menyarankan untuk membaca bagian awal dan akhir isi jurnal saja namun, akan lebih baik jika Anda membaca isinya secara keseluruhan.

Terkadang, penulisan jurnal cenderung memakai bahasa yang cukup rumit untuk dipahami dan dicerna, sehingga Anda pastinya akan memerlukan waktu untuk memahaminya. Dengan membaca isi jurnal secara keseluruhan, Anda juga dapat lebih memahami isinya dan kekeliruan dalam pembuatan review dapat diminimalisir.

Jika Anda memiliki waktu yang lebih, tidak ada salahnya apabila membaca seluruh isi jurnal secara berulang-ulang. Sembari membaca isi jurnal, Anda boleh menggarisbawahi bagian mana saja yang sekiranya dianggap penting dan termasuk kedalam topik pembahasan yang pokok dari jurnal tersebut.

Selain itu, hal ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan tahap membuat review jurnal yang selanjutnya.

2. Tulislah Identitas Jurnal yang Direview

Identitas yang harus termuat di dalam review meliputi nama penulis jurnal, judul artikel jurnal, nama jurnal yang mempublikasi artikel tersebut, nomor volume jurnal , nomor isu, tanggal publikasi serta jumlah halaman dari jurnal tersebut.

Identitas jurnal sifatnya sangat penting untuk ditylis, karena agar dapat memudahkan dalam penulisan daftar pustaka dan sitasi ketika dijadikan sebagai sumber referensi.

3. Tulis Ringkasan dari Isi Jurnal Sebagai Pembuka

Isi dari jurnal dapat meliputi latarbelakang jurnal, tinjauan pustaka, metodologi penelitian yang digunakan, serta teori dan hasil dari riset yang dilakukan. Dalam bagian pembuka review jurnal, Anda dapat menulis ringkasan dari isi jurnal berdasarkan hal-hal yeng telah disebutkan di atas.

Anda tidak perlu lengkap dan rinci dalam menjelaskannya, hanya cukup membuat satu hingga tig aparagraf saja tergantung dengan panjangnya artikel jurnal yang Anda review. Meskipun singkat, ringkasna dari isi jurnal ini harus bisa mencakup penjelasan mengenai isi artikel, tujuan penulis yang terkadnung di dalam artikel jurnal, dan bagaimana tujuan tersebut hendak dicapai, dan bagaimana

4. Tulis Gagasan atau Opini Pribadi Anda Mengenai Jurnal

Setelah Anda selesai membuat ringkasan dari isi jurnal tersebut, maka selanjutnya tinggal memberikan argumentasi atau opini pribadi Anda tentang jurnal yang telah Anda baca. Pada tahapan ini, Anda dapat memaparkan pemahaman mengenai artikel jurnal, saran atau rekomendasi yang relevan dengan topik, keterbatasan dalam riset atau limitasinya, dan masih banyak lagi.

Menulis gagasan atau opini pribadi mengenai jurnal terkait bisa Adan lakukan dengan memaparkan kelebihan dan kekurangan dari artikel jurnal yang Anda review.

5. Cantumkan Kesimpulan dari Hasil Review

Setelah Anda menuliskan opini pribadi, maka tahapan yang berikutnya adalah menuliskan mengenai kesimpulan dari hasil review jurnal yang telah Anda buat. Kesimpulan dari hasil review jurnal artikel dapat berupa pemahaman dan opini Anda secara garis besarnya terkait dengan isi dari artikel jurnal yang telah Anda buat reviewnya.

6. Tinjau Ulang Hasil Review

Apabila Anda telah selesai membuat review jurnalnya, maka Anda dapat meninjaunya kembali, membacanya ulang dari awal hingga akhir untuk mencari kekurangan-kekurangan lain yang mungkin luput dari Anda selama proses pembuatan review.

Meninjau kembali hasil review jurnal setelah membuatnya juga dapat memberikan pandangan baru bagi Anda dalam melihat hasil review artikel jurnal.

Nah itu dia, cara untuk membuat review jurnal yang baik dan benar. Pembuatan review jurnal sangat penting untuk dikeathui, terutama jika Anda sedang membutuhkan jurnal sebagai sumber literatur tugas tertentu.

Jurnal banyak dipilih oleh para mahasiswa sebagai salah satu sumber referensi karena data-data yang ada di dalamnya tergolong lebih baru bila dibandingkan buku bacaan. Namun demikian, bahan publikasi seperti jurnal dapat dikategorikan populer atau baru jika tahun terbitnya tidak lebih dari lima tahun yang lalu.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *