Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional di HP dalam Hitungan Detik

Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional di HP dalam Hitungan Detik

Beberapa orang mungkin sedang mencari cara menerjemahkan jurnal internasional.  Apakah Anda salah satunya? Namun, ada juga yang mungkin belum tahu tentang jurnal internasional. Jurnal ini masuk sebagai jurnal ilmiah di mana sifatnya mendunia. Alhasil, jurnal yang dibuat biasanya akan diseleksi secara ketat dan bersifat baru.

Secara umum, jurnal internasional biasanya menggunakan bahasa Inggris. Namun, ada pula yang menggunakan bahasa lain, seperti bahasa Arab, bahasa Rusia, dan bahasa Mandarin. Tentunya bagi seseorang yang tidak bisa bahasa asing akan merasa kesulitan saat membaca jurnal tersebut. Lalu, bagaimana jika diharuskan membaca jurnal untuk membuat review?

Cara Menerjemahkan Jurnal Internasional di HP

Bagi kalangan mahasiswa, jurnal internasional pastinya sudah tidak asing lagi. Hal ini karena biasanya dosen akan memberikan tugas berupa review jurnal di mana salah satu sumbernya harus jurnal internasional. Nah, bagi mahasiswa yang tidak menguasai bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, pasti akan merasa sulit. Berikut cara untuk menerjemahkan jurnal.

Menggunakan PDF Document Translator

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk menerjemahkan jurnal adalah PDF Document Translator. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis. Namun, ada batas penggunaannya, yakni maksimal tiga kali. Anda bisa mengakses aplikasi ini secara bebas dengan menjadi pengguna premium.

Anda bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu di Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan saat berada di halaman utama, tekan menu Upload File. Pengguna bisa mencari dan memilih file yang ingin diterjemahkan ke bahasa lain. Tunggu beberapa saat sampai proses upload file selesai.

Aplikasi PDF Document Translator akan mendeteksi bahasa asli dari file. Setelah itu, pilih bahasa tujuan yang ingin diterjemahkan dan tekan menu Translate. Tunggu sampai proses terjemahan selesai dan Anda bisa melihat hasilnya di layar ponsel. Jika ingin mengunduhnya, bisa menekan menu tanda panah arah bawah yang berada di pojok kanan atas.

Menggunakan Online Doc Translator

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menerjemahkan jurnal internasional adalah Online Doc Translator. Tidak perlu mengunduh aplikasi, Anda bisa menggunakan situs untuk mengaksesnya dengan mudah dan gratis. Caranya dengan mengunjungi situs onlinedoctranslator.com.

Setelah itu, Anda bisa menekan menu Terjemahkan Sekarang. Nantinya, akan muncul halaman dan tekan menu Upload File. Langkah selanjutnya, pilih file jurnal yang ingin diterjemahkan ke bahasa lain, lalu tekan menu Open. Jika upload sudah selesai, tekan menu To untuk mencari bahasa yang ingin diterjemahkan.

Tunggu beberapa saat sampai proses translate selesai. Anda bisa mengunduh file hasil terjemahan dengan cara menekan menu Download Dokumen Terjemahan. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang diinginkan untuk menyimpan hasil unduhan dan tekan menu Ok.

Menggunakan Aplikasi File Translator: PDF Translator

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menerjemahkan jurnal internasional adalah File Translator: PDF Translator. Aplikasi ini bisa Anda download atau unduh terlebih dahulu di Google Play Store. Setelah itu, barulah bisa menggunakannya untuk menerjemahkan file jurnal.

Cara menggunakannya pun sangat mudah karena aplikasi tersebut dirancang untuk digunakan pada smartphone. Saat aplikasi sudah terbuka, pengguna bisa menekan menu Open File to Translate. Lalu, pilih salah satu file jurnal yang akan diterjemahkan.

Cara mengubah bahasa bisa dilakukan dengan mengubah kolom bendera negara. Setelah itu, Anda bisa menekan menu Translate di tempat yang tersedia. Lalu, tunggu sampai proses terjemahkan dokumen sampai selesai. Biasanya, hasil terjemahan akan ditampilkan pada bagian kolom yang berada di bawahnya.

Menggunakan Aplikasi Google Drive

Ada lagi cara lainnya yang bisa dipilih untuk menerjemahkan jurnal internasional hanya dari smartphone saja, yakni Google Drive. Apakah Anda sudah tahu jika aplikasi tersebut ternyata bisa digunakan sebagai solusi untuk terjemahkan dokumen? Jika belum tahu caranya, bisa melihat langkah di bawah ini.

Pertama, pastikan Anda sudah mempunyai akun Google Drive. Biasanya akun ini akan tersambung dengan akun Google. Setelah itu, pengguna bisa menekan menu My Drive yang berada di pojok. Lalu, pengguna bisa menekan menu Upload Files dan pilihlah dokumen yang akan diterjemahkan.

Setelah memilih file, pengguna bisa menekan menu Open, lalu klik kanan dan pilih menu Open With. Nantinya, akan tersedia beberapa opsi dan pilih opsi Google Docs. Setelah dokumen terbuka dalam bentuk Google Docs, Anda bisa menekan menu Tools. Cari dan pilih opsi Translate Document.

Nantinya akan ada kolom yang tersedia dan bertuliskan Translate Into. Di bagian kolom tersebut, pilihlah bahasa yang diinginkan untuk menjadi hasil terjemahan. Langkah selanjutnya, tekan menu Translate dan tunggu prosesnya sejenak. Saat hasil terjemahan sudah muncul, Anda bisa menyimpannya dengan cara menekan menu File, lalu Save As.

Menggunakan Layanan Google Translate

Cara menerjemahkan jurnal internasional di smartphone bisa dilakukan dengan menggunakan layanan Google Translate. Selain digunakan untuk menerjemahkan kata demi kata, layanan dari Google ini juga bisa digunakan untuk menerjemahkan dokumen. Namun, proses yang dibutuhkan saat menggunakan smartphone membutuhkan waktu lama.

Jadi, ada baiknya untuk menggunakan laptop atau PC saat ingin menerjemahkan dalam bentuk dokumen. Caranya bisa dilakukan dengan memilih opsi Document yang berada di sebelah opsi Text.

Setelah itu, pilih menu Jelajahi Komputer dan masukkan file yang akan diterjemahkan. Jika sudah, tekan menu Terjemahkan yang ada di bagian bawah sebelah kanan. Nantinya akan muncul hasil terjemahan sesuai bahasa yang diinginkan pada halaman baru.

Sekarang sudah tidak perlu lagi bingung untuk menerjemahkan jurnal internasional, bukan? Selain bisa membantu menerjemahkan dokumen, Anda juga bisa belajar bahasa asing secara tidak langsung dengan aplikasi di atas.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *