Cara Mengakali Turnitin Yang Harus Kamu Tahu

Cara Mengakali Turnitin Yang Harus Kamu Tahu

Turnitin merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang dibuat khusus untuk mendeteksi adanya plagiarisme dalam sebuah dokumen. Plagiarisme sendiri merupakan tindakan mencuri karya tulis orang lain dan jelas termasuk pelanggaran terhadap hak cipta. Nah oleh karena itu, tindakan plagiarisme dalam dunia menulis sangat dikecam oleh banyak orang.

Dalam membuat sebuah karya tulis, entah itu jurnal, paper, skripsi, hingga tugas sekali pun, jangan pernah menjiplak. Akan lebih baik jika kamu menulis sendiri lalu di cek menggunakan Turnitin, apakah terdapat indikasi plagiasi di dalamnya. Jikalau ada pun, kamu masih bisa memperbaikinya sebelum dikumpulkan atau di publikasikan.

Namun yang menjadi masalah, ketika kamu menulis dan di cek menggunakan Turnitin, ternyata indikasi plagiasi sangat tinggi, apa yang harus di lakukan ? Apakah harus diganti satu per satu ? Apakah tidak ada cara untuk lolos dari Turnitin ?

Jangan khawatir, di pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang car amengakali Turnitin yang harus kamu tahu sehingga tingkat plagiasi yang ada di dokumenmu bisa menurun. Ada beberapa trik yang bisa kamu coba untuk mengakali Turnitin. Simak baik – baik ya.

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

 Menggunakan Parafrase

Bagi yang belum tahu, parafrase adalah mengganti sebuah kata dengan kata yang berbeda namun tetap memiliki makna yang sama. Atau menulis ulang sebuah paragraf dengan kalimat yang berbeda atau kalimat sendiri. Teknik ini bisa kamu gunakan untuk mengakali Turnitin, karena dengan parafrase kamu tetap bisa menggunakan sebuah pendapat, gagasan, atau kalimat dari seseorang tanpa terindikasi plagiarisme.

Penggunaan parafrase ini di samping bisa menurunkan hingga meloloskan pengecekkan Turnitin, juga lebih mudah untuk di mengerti dan dipahami. Selain itu, parafrase juga bisa digunakan untuk mengurangi sebuah kutipan yang terlalu sering digunakan.

Di bawah ini terdapat 6 cara untuk membuat parafrase yang baik supaya bisa digunakan untuk mengakali Turnitin yaitu

  1. Baca tulisan atau dokumen secara keseluruhan sampai kamu paham apa isi tulisan tersebut.
  2. Tulislah inti dokumen atau ide pokok di kertas yang lain.
  3. Setelah menulis inti – inti dokumen, kamu bisa menemukan kata kunci yang bisa digunakan sebagai dasar pembuatan p
  4. Buatlah parafrase baru menggunakan kata kunci yang sudah ditentukan.
  5. Bandingkan antara dokumen asli dengan parafrase yang sudah dibuat, apakah ide pokoknya masih sama dan sejalur.
  6. Untuk istilah khusus, frasa, hingga terminologi, kamu bisa menggunakan tanda petik double.
  7. Jangan lupa untuk menuliskan sumber refernsinya.

Jangan Pernah Copy Paste Sembarangan

Trik selanjutnya adalah jangan pernah melakukan copas secara sembarangan. Copy paste tulisan secara sembarangan akan membuat persentase plagiasi semakin tinggi sehingga kualitas tulisanmu semakin buruk. Selain itu, jika kamu hanya mengandalkan copy paste, kratifitasmu dalam menulis akan semakin menurun dan susah berkembang.

Lebih Baik Tidak Memakai Referensi Berupa Dokumen Legal

Supaya tingkat plagiasi rendah, kamu harus menghindari penggunaan sumber referensi berupa dokumen legal, misalnya seperti Undang – Undang, Tap. MPR, dan lainnya. Mengapa seperti itu  ? Biasanya sokumen legal seperti produk pemerintah sudah baku dan redaksinya susah untuk di ubah. Hal inilah yang akan membuat tingkat plagiasi semakin tinggi. 

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Trik selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengakali Turnitin adalah dengan menggunakan aplikasi pihak keiga. Di sini, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi Light Shot. Caranya cukup mudah, yaitu

  1. Download aplikasi Light Shot dan install di komputer atau laptop
  2. Setelah itu, buka dokumen yang akan di cek di Turnitin
  3. Tekan tombol prt Sc Sys Rq
  4. Kemudian arahkan pointer ke bagian dokumen yang ingin diloloskan dari Turnitin. Aplikasi Light Shot akan menandai area tersebut menjadi bentuk gambar
  5. Buka lembar Ms. Word baru
  6. Pastekan dokumen yang akan di loloskan di Turnitin
  7. Jika sudah, tinggal melakukan pengecekkan dokumen di Turnitin sampai hasilnya keluar

Lakukan Pengecekkan Secara Rutin

Arti dari kata rutin di sini adalah berkala. Maksudnya kamu perlu melakukan pengecekkan tulisan secara berkala menggunakan Turnitin. Misalnya kamu sedang membuat skeripsi. Akan lebih baik jika kamu melakukan pengecekkan dokumen perbab saja, sehingga apabila terdapat revisi tidak terlalu banyak dan tidak membuat pusing. Jika menunggu tulisan selesai dibuat, maka indikasi plagiasinya bisa saja tinggi karena sebelumnya belum pernah di cek.

Gunakan Tanda Kutip Di Tempat Yang Tidak Biasa

Trik lain yang bisa kamu lakukan untuk mengakali Turnitin adalah dengan menggunaka tanda kutip pada beberapa kata atau kalimat dari sebuah sumber lalu menyertakan sumber tersebut. Setelah itu, klik Exclude kutipan tadi supaya lolos Turnitin.

Kamu juga bisa memberiikan tanda kutip pada bagian yang tidak seharusnya diberi tanda kutip. Jangan lupa mewarnai tanda kutip tersebut dengan warna putih sehingga tidak akan terdeteksi plagiasi oleh Turnitin.

Spasi Diubah Menjadi Huruf Atau Bentuk Lain

Kamu juga bisa mengubah spasi menjadi huruf atau bentuk lainnya untuk menghindari plagiarisme. Misalnya kamu bisa mengubah spasi menjadi titik titik dan diberi warna merah. Cara ini bisa mengecoh Turnitin karena dianggap sebagai satu kesatuan atau satu kata.

Menambah Huruf Di Kata Tertentu

Cara nakal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan sembarang huruf di sebuah kata atau mengulangi huruf terakhir dari sebuah kata lalu di beri warna putih. Cara ini juga bisa cukup sukses untuk mengakali Turnitin sehingga bebas dari plagiarisme.

Jika kamu memiliki kendala dalam pengecekkan Turnitin, kami menyediakan jasa parafrase untuk menurunkan persentase Turnitin. Dibantu oleh tim  berkualitas dan berpengalaman di bidangnya serta harga yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan pengecekkan Turnitin di kami.

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?