Cara Mengecek Turnitin Dengan Mudah

Cara Mengecek Turnitin Dengan Mudah

Kamu sedang menulis tugas akhir atau skripsi ? Tentunya kamu sudah sering mendengar dari dosen atau pun senior, jika dalam penulisan sebuah karya ilmiah dilarang melakukan penjiplakan atau yang lebih dikenal dengan plagiarisme. Ketika kamu terindikasi melakukan plagiarisme di dalam karya tulismu, kamu sudah mendapatkan banyak kerugian, mulai dari sanksi dikti dan perguruan tinggi hingga parahnya bisa dituntut karena pelanggaran hak cipta.

Nah, dengan demikian diperlukan sebuah media yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian sebuah tulisan sebelum di publikasikan. Kamu bisa mencoba Turnitin, sebuah aplikasi berbasis website yang dikhususkan untuk melakukan pengecekkan terhadap sebuah dokumen secara online, apakah di dalamnya terdapat indikasi plagiasi (penjiplakan) atau tidak, entah disengaja atau pun tidak. Selain itu, Turnitin juga bisa digunakan sebagai sebuah wadah untuk mengumpulkan tugas secara online.

Keuntungan Menggunakan Turnitin

Membuat sebuah karya tulis memang wajib hasil dari pemikiran atau penelitian sendiri, artinya tidak asal copy paste karya orang lain. Dengan menggunakan Turnitin ini,  kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, yaitu

  1. Mudah dipahami dan digunakan

Menggunakan Turnitin untuk memeriksa apakah terdapat indikasi plagiasi adalah solusi yang tepat. Tampilan Turnitin yang sederhana membuat website ini bisa dipahami dengan mudah, mulai dari cara upload dokumen hingga membaca hasil yang keluar.

  1. Cek dokumen cepat

Banyak orang yang mengatakan, jika mengecek dokumen atau karya tulis menggunakan Turnitin sangat lah cepat. Akan tetapi  semua tergantung dari kondisi internet yang digunakan. Namun jika dibandingkan dengan website yang lain, kecepatan Turnitin dalam memeriksa dokumen lebih cepat.

  1. Mudah diakses

Kemudahan lain yang bisa kamu dapatkan dari Turnitin ini adalah bisa diakses melalui berbagai browser, mulai dari Google Chroome, Mozilla firefox, hingga internet explorer sekali pun. Bahkan dokumen yang akan diunggah bisa berlokasi tidak hanya di komputer namun juga bisa diambil secara langsung dari Google Drive hingga Drop Box.

  1. Referensi data besar

Salah satu keunggulan yang dimiliki Turnitin adalah big data atau referensi yang ada di server Turnitin atau artikel – artikel yang masih berada dalam jangkauan Turnitin jumlahnya sangat banyak. Dengan banyaknya referensi ini, pemeriksaan dokumen atau tulisan akan semakin teliti dan cermat.

  1. Menggunakan rubic system

Rubic system atau sistem rubik ini digunakan Turnitin untuk memberikan tanda (highlight) dan nilai tugas. Tidak hanya itu, Turnitin juga memiliki tools untuk memberikan revisi dan nilai pada tugas yang diunggah, baik dalam format word atau pun pdf.

Cara Mengecek Turnitin Dengan Mudah

Ketika kamu sudah mengetahui pentingnya melakukan pemeriksaan tulisan atau dokumen menggunakan Turnitin serta keuntungannya, kamu juga perlu mengetahui cara mengecek Turnitin dengan mudah. Simak langkah – langkah berikut ini ya.

  1. Pertama, masuklah ke webiste Turnitin di turnitin.com.
  2. Setelah halaman awal terbuka, silakan login menggunakan akun Turnitin yang kamu miliki, tentunya menggunakan akun Student.
  3. Selanjutnya, kamu akan masuk ke dalam website Turnitin.
  4. Untuk menggunggah dokumen, kamu bisa klik menu Submit yang terletak di bagian kanan.
  5. Setelah klik menu Submit, halaman akan dialihkan secara otomatis ke kotak dialog Single File Upload yang berisikan identitas dokumen. Mulai dari nama (First Name dan Last Name) hingga judul dokumen (Submission Title) dan harus diisi. Di bawahnya, kamu bisa memilih dokumen yang akan di unggah melalui menu Choose From This Comp Dokumen bisa berasal dari 3 media penyimpannan, yaitu dari komputer, Google Drive, atau Dropbox.
  6. Jika dokumen sudah di pilih, kamu bisa klik menu Up Tunggu beberapa saat sampai dokumen berhasil diunggah.
  7. Jika file sukses terunggah, kamu bisa klik menu Confirm (berwarna biru) dan menu Return to Assignment List.
  8. Tunggu beberapa saat karena dokumen sedang diperiksa sampai muncul persentase p
  9. Ketika pemeriksaan dokumen sudah selesai, kamu bisa melihat hasilnya dengan klik menu View. Di tampilan View, kamu bisa melihat bagian mana saja yang terindikasi plagiasi atau sama dengan sumber lain. Jika sudah terindikasi kesamaan kata, kalimat, hingga sumber, kamu harus segera melakukan revisi. Entah itu dengan mengganti dengan kalimat yang baru atau hanya mengubah susunan kalimatnya saja.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Untuk membaca hasil pengecekkan, kamu bisa melihat dari warna yang ada di dokumen tersebut. Perlu kamu tahu, di Turnitin, terdapat 5 jenis indikasi penjiplakan (plagiasi). Pertama, tingkat plagiasi paling rendah dengan persentasi 0% sampai 5%. Biasanya kalimat akan di beri warna biru. Jika di dokumenmu terdapat indikasi ini, biasanya terdapat persamaan dalam penulisan daftar pustaka.

Selanjutnya tingkat plagiasi rendah dengan persentase 1% sampai 24% dan di beri warna hijau. Umumnya, batas toleransi plagiasi yang ditetapkan perguruan tinggi sebesar 25%. Jika kamu masih di tahap ini maka tulisanmu masih aman, meski pun harus di perbaiki lagi supaya indikasi plagiasi menurun. Namun batas toleransi plagiasi setiap perguruan tinggi berbeda – beda ya.

Indikasi plagiasi selanjutnya berada di kisaran 25% sampai 49% dan berwarna kuning. Di tingkat plagiasi level selanjutnya berada di kisaran persentase 50% sampai 74% dan berwarna orange. Dan tingkat plagiasi tertinggi berada di persentase 75% sampai 100% dengan highlight berwarna merah.

Bagaimana ? Tertarik untuk menggunakan Turnitin sekarang ? Jika kamu tertarik, kamu bisa meminta bantuan dosen atau administrator yang ada di kampus untuk membuatkan akun Turnitin.

Jika kamu memiliki kendala dalam pengecekkan Turnitin, kami menyediakan jasa parafrase untuk menurunkan persentase Turnitin. Dibantu oleh tim  berkualitas dan berpengalaman di bidangnya serta harga yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan pengecekkan Turnitin di kami.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?