Cara Menulis Jurnal dari Hasil Penelitian Disertasi dengan Mudah

Cara Menulis Jurnal dari Hasil Penelitian Disertasi dengan Mudah

Perlu Anda ketahui bahwasannya penelitian disertasi, skripsi, dan juga tesis dapat diubah menjadi jurnal ilmiah yang lebih singkat dan padat sehingga orang akan lebih mudah dan lebih cepat dalam membacanya. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan terkait cara menulis jurnal dari hasil penelitian disertasi dengan mudah, yang perlu Anda perhatikan secara mendetail agar penulisan jurnal Anda lebih mudah.

Jurnal ilmiah memiliki kaidah atau aturan dalam penulisan yang harus Anda perhatikan dan Anda patuhi, yang mana aturan tersebut menyesuaikan dengan kebijakan yang diinginkan oleh tiap penerbit jurnal tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tata cara dalam menuliskan jurnal ilmiah dari hasil penelitian disertasi dengan detail dan mudah yang bisa menambah wawasan Anda.

Pahami Bagian-bagian Jurnal Terlebih Dahulu

Cara menulis jurnal dari hasil penelitian disertasi dengan mudah yang pertama adalah dengan memahami bagian-bagian jurnal, apa saja yang seharusnya Anda tuliskan di dalamnya. Bagian pertama jurnal adalah judul, di mana Anda tidak boleh menyusun judul lebih dari 12 kata jika dalam bahasa Indonesia, Sedangkan jika dalam bahasa Inggris maksimal hanya 10 kata saja, jadi perhatikan betul-betul kaidah penulisan ini.

Dalam penulisan judul jurnal ilmiah, Anda harus menuliskan dengan menggunakan huruf kapital, kemudian dicetak tebal dan juga diletakkan di bagian atas dan tengah halaman utama jurnal ilmiah Anda. Setelah judul, Anda harus menuliskan nama penulis jurnal dan juga pembimbing yang dilengkapi dengan afiliasi instansi akademis dari penulis tersebut berasal, juga harus dicantumkan alamat surel elektronik keduanya.

Sedangkan dalam penulisan abstrak, Anda harus bisa menggambarkan isi jurnal secara keseluruhan dalam bagian yang satu ini. Akan tetapi jangan salah memahami karena abstrak sangat berbeda dengan ringkasan, karena abstrak berisi gambaran jurnal secara umum, bukan memuat keseluruhan jurnal seperti ketika Anda merangkum suatu materi ataupun hal lain sejenisnya.

Perlu Anda ketahui bahwasannya tulisan abstrak yang baik akan membuat pembaca jurnal ilmiah Anda makin banyak pula, sehingga Anda harus menyusun abstrak dengan maksimal. Alangkah baiknya juga jika apa yang berhasil Anda temukan dalam penelitian dicantumkan dalam abstrak sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pembaca jurnal ilmiah Anda nantinya.

Setelahnya Anda juga harus mencantumkan kata kunci, yang mana harus bisa menjelaskan subyek dan juga obyek penelitian yang Anda lakukan. Selain itu juga harus dapat menggambarkan pembahasan utama dari jurnal ilmiah yang Anda buat tersebut, atau dalam kata lain dapat mewakili dari pembahasan jurnal tersebut.

Adanya bagian abstrak sendiri adalah untuk memberikan gambaran umum kepada para pembaca ketika membaca jurnal ilmiah tersebut. Dengan kata lain, baik tidaknya abstrak yang Anda buat akan menentukan seberapa banyak pembaca jurnal ilmiah milik Anda pula. Oleh karena itu, perhatikan betul-betul penulisan abstrak pada jurnal ilmiah milik Anda.

Bagian dari cara menulis jurnal dari hasil penelitian disertasi dengan mudah adalah mengetahui tata cara menuliskan jurnal dengan baik dan benar, di mana pendahuluan pada jurnal ilmiah berisikan alasan mengapa Anda meneliti topik dalam jurnal ilmiah Anda, dan mengapa hal tersebut patut atau menarik untuk diteliti. Bagian jurnal ilmiah yang satu ini juga berisi latar belakang mengapa Anda menuliskan jurnal ilmiah tersebut.

Anda juga harus menyertakan hipotesis yang akan Anda ajukan beserta permasalahan yang akan Anda bahas dalam jurbal ilmiah tersebut nantinya. Akan tetapi perlu Anda garisbawahi bahwasannya pendahuluan tidak segamblang pembahasan, sehingga Anda harus bisa membedakan antara keduanya.

Sedangkan dalam metode penelitian, berisi metode apa yang Anda gunakan untuk meneliti topik tersebut, apakah penelitian kualitatif ataukah penelitian kuantitatif. Pada bagian ini juga harus Anda jabarkan bagaimana proses penelitian Anda tersebut berlangsung, dan juga dengan menggunakan istrumen penelitian apa saja selama penelitian tersebut berlangsung.

Metode penelitian yang Anda pun sehrausnya cocok atau sesuai dengan obyek kajian penelitian yang Anda lakukan, sehingga tidak akan terjadi kesalahan teknis selama penelitian berlangsung. Anda dapat memilih untuk menggunakan satu metode penelitian atau mengkolaborasikan dua metode penelitian sekaligus, disesuaikan dengan minat dan keinginan Anda dalam penelitian tersebut.

Kemudian pada bagian pembahasan, Anda dapat menguraikan penelitian yang Anda lakukan secara lebih mendetail, dan bagaimana proses penelitian tersebut berlangsung hingga hasil yang berhasil Anda temukan dalam penelitian tersebut. Dengan kata lain, pembahasan dalam jurnal merupakan isi dari tesis yang Anda miliki, akan tetapi dijabarkan secara singkat dan padat saja, jangan terlalu panjang karena ini hanya merupakan jurnal ilmiah.

Sebelum merubah naskah tesis menjadi jurnal ilmiah, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui cara menulis jurnal dari hasil penelitian disertasi dengan mudah dan memahaminya secara keseluruhan. Anda perlu memperhatikan bagian-bagian yang ada pada jurnal, yang nantinya harus Anda sesuaikan dengan bagian yang ada pada tesis yang telah Anda buat.

Salah satu bagian dari cara menulis jurnal dari hasil penelitian disertasi dengan mudah adalah mengetahui penulisan jurnal dengan benar, di mana setelah pembahasan Anda harus menyantumkan kesimpulan dan juga saran untuk artikel jurnal ilmiah yang Anda tuliskan. Setelahnya Anda harus menuliskan referensi atau semua rujukan yang Anda gunakan tanpa terkecuali satu pun, termasuk berbagai macam jenis sumber kutipan yang Anda gunakan.

Sebelum merubah disertasi menjadi jurnal ilmiah, alangkah baiknya jika Anda mengetahui cara menulis jurnal dari hasil penelitian disertasi dengan mudah, sehingga proses yang akan Anda lalui pun menjadi lebih mudah. Anda juga dapat menggunakan jasa yang kami sediakan untuk membantu proses tersebut.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *