Cara Menulis Jurnal Hasil Penelitian Skripsi

Cara Menulis Jurnal Hasil Penelitian Skripsi

Siapa nih yang sering merasa kesulitan dalam membuat jurnal dari hasil penelitian skripsi? Selain Skripsi, pembuatan jurnal pun menjadi hal yang menakutkan bagi beberapa mahasiswa. Apalagi jurnal dari hasil skripsi ini menjadi salah satu syarat kelulusan.

Bagi mahasiswa yang sudah terbiasa membuat jurnal ataupun artikel ilmiah pasti hal seperti ini bukan apa-apa. Tapi tidak bagi sebagian mahasiswa lain. Nah, buat Anda yang sering merasakan kesusahan dalam penyusunan jurnal dari hasil skripsi tidak perlu khawatir. Kami akan bagi tips mudah cara menulis jurnal hasil penelitian skripsi.

Sebenarnya, jurnal dari hasil skripsi ini lebih mudah di buat, dari pada harus melakukan penelitian ulang. Anda bisa menggunakan ide, masalah, hipotesis, hasil, serta kesimpulan dari Skripsi yang telah disusun. Jadi, tidak perlu pusing lagi mencari data. Tinggal mengolahnya menjadi format yang berbeda dan lebih padat.

Skripsi biasanya dibuat dengan rentang 60-100 lebih halaman, namun untuk jurnal hanya 15-20 halaman saja. Memang sedikit sekali jika dibandingkan dengan skripsi yang mana karya tulis yang dibuat lebih detail dan lengkap. Nah, begini cara menulis jurnal hasil penelitian skripsi.

1.     Buat Judul Sesuai Topik

Judul yang Anda gunakan pun boleh diambil dari judul Skripsi. Asalkan judul tersebut tidak lebih dari 12 kata dan variablenya jelas. Atau Anda pun bisa membuat judul lagi yang lebih spesifik pada topik atau ide yang akan Anda bawakan. Perhatikan pula dalam penulisan judul, yakni ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal.

2.     Tuliskan Nama Penulis dan Dosen Pembimbing

Penulisan identitas ini tidak boleh sampai ketinggalan. Umumnya identitas jurnal ini berada di bawah judul dan ditulis secara lengkap, mulai dari nama mahasiswa, nama dosen pembimbing, program studi, fakultas, universitas, dan email dari masing-masing penulis.

Pada cara menulis jurnal, penulisan nama ini ada yang tidak mengharuskan menggunakan gelar, ada pula yang ditulis dengan menyematkan gelar. Perlu diketahui bahwa setiap format jurnal memiliki gaya selingkung yang berbeda. Anda bisa menyesuaikannya dengan masing-masing penerbit.

3.     Penambahan Abstrak

Tidak jauh berbeda dengan abstrak yang terdapat dalam skripsi. Apabila dalam penulisan jurnal Anda hanya menggunakan satu fokus sedangkan skripsi Anda terdapat dua fokus, maka Anda bisa membuatnya ulang dengan hanya menyantumkan satu fokus bahasan dalam jurnal. Adanya abstrak ini memudahkan pembaca dalam mengetahui isi jurnal secara singkat.

Umumnya cara menulis jurnal, abstrak ini hanya terdiri dari minimal 150 kata dan maksimal 250 kata. Di mana sudah mencakup tujuan penelitian, metode, hasil, hingga kesimpulan penelitian. Dalam abstrak juga disematkan minimal 3 kata kunci yang menjadi bahasan dalam abstrak.

4.     Menyusun Pendahuluan

Apabila penulisan jurnal hasil penelitian ini Anda buat dari hasil penelitian skripsi, maka pendahuluannya pun tidak jauh berbeda dengan pendahuluan skripsi yang Anda buat. Hanya saja dalam pendahuluan jurnal akan lebih singkat dan padat dibandingkan dengan skripsi, karena adanya batasan halaman.

Jadi Anda perlu merombak pendahuluan menjadi lebih ringkas dan singkat. Meskipun singkat, pendahuluan ini harus ditulis semenarik mungkin mengenai apa yang akan di bahas, rumusan masalah, tujuan penulisan, dan teori apa yang akan digunakan. Biasanya ditulis dalam 2 hingga 3 halaman.

5.     Masukkan Metode Penelitian

Metode penelitian ini akan menjadi landasan bagi seorang peneliti mengenai cara menulis jurnal yakni melakukan tahapan-tahapan penelitian dan analisa terhadap hasil penelitiannya. Secara garis besar  dalam metode penelitian ini Anda akan menjelaskan mengenai bagaimana proses pengambilan data, pengolahan data, dan instrumen yang digunakan dalam pengambilan data penelitian.

Secara umum, metode penelitian jurnal ini menggunakan pendekatan penelitian seperti pengumpulan data, metode, dan teknik analisis data. Untuk lebih memahami bagian metode penelitian ini Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut pada buku-buku referensi metode penelitian.

Anda pun bisa memasukkan secara rinci bagian-bagian di bawah ini:

  1. Diagram ataupun tahapan secara umum dari penelitian yang akan dilakukan. Setelah melakukan cara menulis jurnal ini Anda bisa memberikan penjelasannya melalui deskripsi langkah-langkah penelitian.
  2. Penjelasan tentang metode dengan rinci, baik menggunakan rumus atau hanya berupa tahapan. Anda pun bisa membuatnya menjadi rincian dalam bentuk subbab.

6.     Menuliskan Hasil dan Pembahasan

Seperti judul subbab, di sini Anda akan menuliskan hasil dan pembahasan dari hasil penelitian yang sudah Anda lakukan pada bab ini. Pada bagian hasil Anda bisa memaparkan data-data yang telah Anda dapatkan, kemudian melakukan pembahasan sesuai dengan poin-poin rumusan masalah yang Anda buat. Umumnya hasil dan pembahasan ini tidak lebih dari 6 halaman.

7.    Membuat Kesimpulan

Mengenai cara menulis jurnal jika berangkat dari skripsi, Anda bisa membuatnya dari kesimpulan skripsi. Kembali lagi pada fokus yang Anda buat, apabila sesuai dengan skripsi maka bisa langsung mengadopsinya. Namun, apabila ada satu poin saja yang Anda kembangkan maka Anda bisa membuat kesimpulan dari satu poin itu saja dengan lebih ringkas dan jelas.

8.     Penulisan Daftar Pustaka

Semua karya ilmiah pastinya memiliki daftar pustaka, halaman ini adalah daftar referensi yang Anda gunakan dalam proses penyusunan karya. Nah, daftar pustaka Skripsi dan Jurnal pastinya berbeda dan lebih banyak skripsi.

Pada awal penyusunan Anda sudah banyak melakukan pengubahan skripsi, sehingga daftar pustakanya pun akan berkurang. Anda bisa menuliskan yang sesuai dengan apa yang tercantum dalam artikel jurnal

Itulah cara menulis jurnal hasil penelitian skripsi yang mudah untuk Anda praktikkan. Agar tidak terlalu pusing lagi Anda bisa langsung meringkasnya dari hasil skripsi Anda tanpa memfokuskan kembali, namun apabila ingin merujuk dan menerbitkan pada jurnal tertentu pastinya Anda juga harus menyesuaikan dengan jenis jurnal dengan topiknya.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *