Cara mereview jurnal

Cara mereview jurnal

Para mahasiswa mungkin tidak asing lagi dengan melakukan beberapa review terkait jurnal yang berselebaran di google. Kegiatan ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa dan biasanya berupa penugasan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa sebagai bentuk penilaian untuk menguji pemahaman dari setiap mahasiswa terkait tentang suatu artikel jurnal tertentu.

Review jurnal ini biasanya diangggap sepele oleh banyak mahasiswa dan mereka menganggap kegiatan ini sangat mudah, banyak sekali yang menganggap kalo mereview jurnal ini sama halnya dengan meringkas jurnal. Tentu hak ini tidak ada kesamaan sama sekali dan memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Review jurnal ini memerlukan ketilitian, kejelian dan juga pemahaman mengenai topik yang ada dalam artikel jurnal yang di review. Anda juga harus bisa menuliskan gagasan anda sendiri terkait apa yang kalian dapatkan ketika anda membaca jurnal tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Silahkan kalian simak uraian dibawah ini

 

  1. Pengertian dari review jurnal

Review jurnal adalah kegiatan penilaian mengenai potensi maupun limitasi serta pokok bahasan dari suatu artikel. Review jurnal juga memberikan kepada pembaca adanya penjelasan, investigasi dan juga klarifikasi terkait pentingnya suatu artikel jurnal itu untuk di review. Kegiatan ini diperlukan kejelian dalam membaca sehingga kita bisa menelaaah dan menyatakan pendapat sendiri menganai pembahasan yang ada pada jurnal tersebut.

Adapun pengertian lain dari review jurnal sendiri yaitu kegiatan mengevaluasi artikel, yang dimaksud evaluasi disini yaitu reviewer harus memiliki kualitas yang mumpuni dan juga kelengkapan lagi akurasi penelitian pada sebuah artikel. Reviewer juga dituntut bisa memberikan komentar, saran maupun rekomendasi kepada pembaca tentang artikel yang direview oleh nya.

 

  1. Apa tujuan dalam mereview jurnal?

Tujuan adanya kegiatan ini yaitu membantu orang ornag khususnya di bidang akademik untuk lebih memahami penelitian dari suatu jurnal, selain itu juga bisa membuat kita lebih memahami terkait jurnal yang ada dan kita baca sehingga membuat referensi baca kita menjadi luas dan terbuka. Kita juga akan terbiasa berfikir kritis ketika sering melakukan review jurnal karena otak kita akan dilatih untuk berfikir untuk mencari solusi dan memberikan penilaian terhadap jurnal yang sedang kita baca.

Selain dari yang disebutkan diatas, kegiatan mereview jurnal juga adalah dapat memberikan kesempatan kepada reviewer untuk membagikan apa yang baru dia pelajari dari sebuah artikel jurnal. Dengan membagikan dari apa yang baru saja ia pelajari tentunya akan membuat ia lebih paham dan juga cepat terkait topik topik yang ada pada pembahasan tersebut.

 

  1. Cara mereview jurnal

Setelah anda mengetahui ap aitu mereview jurnal dan apa sih tujuan dari mereview jurnal ini maka anda juga harus memahami bagaimana caranya dalam mereview jurnal itu sendiri. sebelum anda beranjak dalam menulis review jurnal, ada beberapa hal yang mungkin harus anda perhatikan mengenai jurnal yang akan kalian review, berikut beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

 

  • Periksa terlebih dahulu tujuan serta ruang lingkup artikel jurnal yang akan direview

Tentunya sebelum anda melakukan review pasti anda memilah milah terlebih dahulu mana jurnal yang pantas dan juga tidak. Nah dalam pemilihan jurnal kalian harus terlebih dahulu mengetahui tujuan juga dari ruang lingkup jurnal yang akan kalian pilih.

 

  • Pilihlah jurnal yang relevan

Untuk jurnal yang nantinya akan kalian gunakan sebagai sumber referensi atau bahan rujukan kalian harus pilih jurnal yang relevan tentunya. Karena hal ini harus diperhatikan. Jurnal yang anda pilih tentunya sesuai dengan topik penelitian yang akan kalian lakukan.

 

  • Periksa lagi orisinalitas jurnal

Orisinalitas jurnal atau biasa disebut juga keaslian jurnal memang menjadi hal yang utama karena memberikan nilai lebih terkait dengan kredibilitas kalian baik dalam hasil review kalian hingga sumber referensi dalam penelitian kalian nantinya.

 

  • Perhatikan bagian diskusi dan kesimpulan pada jurnal yang akan kalian review.

Dengan memperhatikan pada bagian ini, kalian akan mendapatkan gambaran hasil yang didapatkan dari penelitian yang digunakan, dan lainnya. Gambaran tentang hasil tentunya akan menjelaskan pada kalian seberapa baik dan sesuai jurnal yang akan kalian pilih tersebut.

 

  1. Langkah dalam mereview jurnal

Setelah kalian sudah paham terkait hal hal yang harus diperhatikan, anda bisa beranjak kepada Langkah Langkah dalam mereview jurnal, silahkan kalian baca pada paragraph berikut.

 

  • Bacalah jurnal secara keseluruhan

Penulis jurnal biasanya menggunakan Bahasa Bahasa yang sangat kompleks dan rumit untuk dipahami oleh masyarakat awal. Maka dari itu, penting rasanya untuk membaca keseluruhan dari semua jurnal sehingga anda akan bisa menarik kesimpulan dari jurnal tersebut.

 

  • Tulislah identitas jurnal

Identitas jurnal ini biasanya memuat nama penulis dari jurnal. Judul dari jurnal, lalu jurnal yang mempublikasi artikel tersebut nomor volume dan nomor issue, tanggal publikasi dan juga jumlah halaman jurnal. Identitas jurnal ini perlu ditulis fungsinya supaya nanti dapat memudahkan penulisan dalam daftar Pustaka atau sitasi.

 

  • Tulis ringkasan isi jurnal sebagai pembuka

Isi jurnal ini berupa latar belakang, tinjauan Pustaka, metode penelitian, teori yang digunakan hingga sampai pada hasil dari penelitian tersebut. Sebagai pembuka dari review jurnal kalian juga bisa menuliskan ringkasan isi jurnal dari hal hal di atas.

 

  • Tulis pendapat pribadi tentang jurnal

 Setelah meringkas tentunya kalian bisa memberikan ide gagasan kalain mengenai jurnal yang kalian review tersebut. Kalian bisa memberikan pemahaman, saran, rekomendasi, limitasi, dan sebagainya. Kalian juga bisa menuliskan kelebihan maupun kekurangan dari jurnal.

 

  • Tulis kesimpulan dari hasil review

Setelah menulis pendapat pribadi anda, silahkan kalian tulis kesimpulan dari hasil review yang kalain tulis. Kesimpulan hasil review bisa juga berupa pemahaman dari pendapat kalian secara garis besar.

 

  • Periksa ulang hasil review

Setelah selesai menuliskan review jurnal, kalian bisa meninjau ulang terkait tulisan dari review yang kalian tulis tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencari kesalahan kesalahan yang ada ketika anda melakukan penulisan review jurnal tersebut.

Nahh mungkin sekian dari mimin, sampai jumpa lagi!!

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Klik, Untuk Bisa Kami Bantu Sekarang