Cara Merubah Disertasi Menjadi Artikel Jurnal Sinta dan Scopus

Cara Merubah Disertasi Menjadi Artikel Jurnal Sinta dan Scopus

Jika Anda berkeinginan untuk merubah naskah disertasi Anda menjadi jurnal, alangkah baiknya jika Anda mengetahui cara merubah disertasi menjadi artikel jurnal Sinta dan Scopus agar lebih mudah. Dalam melakukan hal tersebut, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menaati rambu-rambu penulisan jurnal tersebut agar jurnal ilmiah yang Anda miliki dapat terindeks dengan baik.

Perlu sekali Anda ketahui bahwasannya Sinta merupakan kepanjangan dari Science and Tecnology Index, yang mana merupakan bentuk dari penelitian berbasis web yang telah dibangun guna mengukur kinerja dari para peneliti, institusi, maupun semua jurnal ilmiah yang ada di Indonesia ini. Oleh karenanya, jurnal yang sudah terindeks di sinta merupakan jurnal yang valid dan sudah terakreditasi oleh akreditasi jurnal nasional yang mana dikelola oleh Ristekbrin.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara yang dapat Anda praktikkan untuk merubah naskah disertasi menjadi jurnal yang terindeks sinta dan juga scopus yang dapat memperluas wawasan Anda.

Ketahui Tata Cara Mempublikasi Jurnal

Topik yang satu ini pun tak kalah pentingnya bagi para akademisi seperti Anda, yang mana proses ini tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai cara untuk mempublikasi jurnal sebenarnya sangat penting dan wajib Anda ketahui agar nantinya Anda dapat lebih mudah dalam melewati proses publikasi jurnal yang hendak Anda lakukan.

Sebelum mengetahui cara merubah disertasi menjadi artikel jurnal Sinta dan Scopus, Anda harus mengetahui cara publikasi jurnal, yang mana salah satunya bisa Anda lakukan melalui OJs atau web jurnal ilmiah. Cara yang satu ini dapat Anda lakukan melalui aplikasi google chrome ataupun mozila ataupun browser lainnya. Jadi, proses yang satu ini memang dilakukan secara online, mulai dari memasukkan artikel jurnal hingga publikasinya.

Tahapan dalam mempublikasi jurnal melalui OJS sendiri antara lain dengan mulai melakukan submit artikel jurnal pada website OJS, kemudian Anda bisa upload artikel jurnal yang hendak Anda publikasikan, lalu Anda bisa mengisikan metadata terkait jurnal yang Anda publish, kemudian Anda bisa klik tombol finish setelah semua langkah tersebut dilakukan. Anda bisa mencoba jika sudah siap dan sudah memiliki jurnal yang akan dipublish.

Dalam merubah tesis menjadi jurnal sinta dan juga scopus, Anda perlu memperhatikan rambu-rambu yang memang harus Anda patuhi. Anda harus mengetahui pedoman jurnal yang baik dan benar sehingga dapat lebih mudah terindeks oleh sinta maupun scopus sebagai jurnal nasional maupun jurnal internasional. Anda bisa membaca panduan cara merubah disertasi menjadi artikel jurnal Sinta dan Scopus secara detail dan cermat.

Perlu Anda ketahui juga bahwasannya ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dari menulis jurnal ilmiah, yang mana saat ini banyak dibutuhkan oleh para akademisi. Dalam menuliskan jurnal ilmiah, Anda harus benar-benar memperhatikan referensi yang Anda gunakan di dalamnya. Anda harus memastikan bahwasannya referensi yang Anda gunakan valid dan terpercaya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan format penulisan yang telah ditetapkan oleh tempat publikasi jurnal terkait agar jurnal yang Anda kirimkan dapat diterima dengan mudah dan lolos. Jika jurnal ilmiah Anda berhasil dipublikasi dan lolos dari penyaringan, itu artinya jurnal ilmiah milik Anda memang memiliki kualitas tinggi, apalagi jika sampai terindeks sinta dan scopus sebagai jurnal nasional maupun internasional.

Dalam mengubah tesis menjadi jurnal sinta dan scopus, itu artinya jurnal yang Anda buat dari tesis tersebut harus memenuhi kriteria minimal yang terdapat dalam sinta dan juga scopus. Anda juga harus memperhatikan pengutipan dalam jurnal yang Anda buat agar tidak terjadi plagiasi yang menyebabkan jurnal Anda ditolah oleh publikasi jurnal tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memastikan dengan sangat teliti dan sebaiknya menggunakan aplikasi pembuat daftar pustaka.

Terkait cara merubah disertasi menjadi artikel jurnal Sinta dan Scopus, Anda harus memperhatikan berbagai hal mulai dari cara penulisan, pedoman penulisan, bahasa yang digunakan, bobot tulisan yang akan Anda publikasikan, hingga cara pengutipan dari referensi yang Anda gunakan, dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui bahwasannya publikasi jurnal merupakan salah satu hal penting, terlebih pada jurnal yang memiliki reputasi tinggi baik yang nasional maupun internasional yang ditujukan untuk kebutuhan penelitian ataupun kebutuhan pendidikan. Jika Anda melakukan publikasi jurnal, maka secara otomatis sejarah keilmuan Anda akan tercatat dan tetap berguna dari generasi ke generasi.

Ukuran daripada reputasi dari sebuah jurnal adalah adanya akreditasi dari Sinta Kemenristek untuk tingkatan nasional, Sedangkan untuk internasional adalah terindeks oleh scopus. Jika jurnal Anda terindeks salah satu dari keduanya tersebut, itu berarti jurnal milik Anda memiliki kualitas tinggi dan patut dijadikan sebagai salah satu bahan referensi bagi yang membutuhkan bahan dalam bidang tersebut.

Bicara soal cara merubah disertasi menjadi artikel jurnal Sinta dan Scopus, Anda juga harus mengetahui bahwasannya saat ini publikasi jurnal sudah menjadi salah satu persyaratan kenaikan jabatan baik untuk dosen, peneliti, guru, ataupun jabatan lainnya, juga dibutuhkan dalam rangka mempertahankan tunjangan kehormatan jabatan yang dimiliki oleh Guru Besar yang sesuai dengan Permenristekdikti no 20 tahun 2017.

Seperti yang Anda ketahui, cara merubah disertasi menjadi artikel jurnal Sinta dan Scopus memuat berbagai macam jenis langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah suatu naskah disertasi yang mana biasanya dibuat untuk memperoleh gelar doctor oleh seorang mahasiswa S3. Naskah disertasi dapat juga disamakan dengan naskah skripsi ataupun tesis, yang mana dibuat untuk memperoleh gelar di sebuah universitas.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *