Cara Merubah Disertasi Menjadi Buku

Cara Merubah Disertasi Menjadi Buku

Merubah disertasi menjadi buku merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan di kalangan dosen. Alasannya beragam, mulai dari hanya sebatas karena ingin mendapatkan kepuasan pribadi karena menerbitkan sebuah buku yang bermanfaat hingga bertujuan untuk meningkatkan jenjang karir.

Bagi dosen, mempublikasikan disertasi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan jenjang karir karena salah satu unsur penilaian angka kredit dosen yaitu mempiblikasikan karya ilmiah. Merubah disertasi menjadi buku tidak bisa langsung copy paste saja, terdapat beberapa hal yang harus dirubah/diperbaiki karena bentuknya yang berbeda.

Cara Merubah Disertasi Menjadi Buku

Susunan bagian, gaya bahasa, dan berbagai hal lainnya yang digunakan dalam disertasi dan buku itu berbeda. Sehingga, ketika disertasi ingin dibukukan, maka harus disesuaikan dengan struktur yang dipakai dalam sebuah buku. Berikut ini cara merubah disertasi menjadi buku.

  1. Menyusun Kerangka Buku

Pertama, Anda harus menyusun kerangka buku terlebih dahulu agar memudahkan langkah selanjutnya. Kerangka buku adalah bagian-bagian yang harus ada dalam buku, yaitu cover, preliminaries, text matter, dan postliminaries. Kerangka disertasi dengan buku jelas berbeda, sehingga penyusunan kerangka harus diubah menjadi kerangka buku.

Selain itu, menyusun kerangka di tahap awal akan lebih memudahkan dalam menyiapkan bahan dan referensi untuk tahap selanjutnya. Proses membuat buku pun akan lebih mudah karena disusun sesuai dengan tahap kerangka buku.

  1. Menentukan Jenis Buku

Sebagian orang mungkin termasuk Anda berpikir bahwa hasil penelitian hanya bisa dibukukan menjadi buku ilmiah saja, padahal tidak. Meskipun memaparkan hasil penelitian, disertasi dapat dijadikan buku yang menggunakan bahasa dan metode lebih sederhana.

Menentukan jenis buku sangat penting ketika ingin merubah disertasi menjadi buku untuk menentukan gaya bahasa yang akan digunakan nantinya. Gaya bahasa jelas akan diubah karena gaya bahasa yang digunakan dalam disertasi kurang cocok jika dipakai dalam sebuah buku.

  1. Mengubah Judul

Judul yang digunakan pada disertasi tidak akan cocok untuk sebuah buku. Judul disertasi bentuknya kaku karena harus mempresentasikan isi disertasi tersebut. Sedangkan, judul sebuah buku harus dibuat lebih menarik karena membutuhkan unsur “pemasaran” agar orang-orang tertarik membaca atau membelinya.

Oleh karena itu, judul buku dari disertasi Anda harus diubah menjadi lebih menarik dan tidak sekaku judul disertasinya. Namun, tetap judul harus sesuai dengan isinya. Judul buku pun jarang ada yang panjang seperti judul disertasi pada umumnya.

  1. Mengumpulkan Referensi Tambahan

Mengumpulkan referensi tambahan tidak bersifat mutlak, tergantung kepada disertasi yang Anda miliki. Disertasi umumnya berisi bab yang ringkas dan padat, sementara penyajian dalam sebuah buku tidak bisa ringkas dan padat seperti itu.

Oleh karena itu, biasanya merubah disertasi menjadi buku memerlukan tambahan referensi karena pembahasannya harus dikembangkan. Pembahasan harus disesuaikan dengan kerangka buku yang terdiri dari beberapa bab lebih banyak daripada disertasi.

  1. Penyuntingan Naskah

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan ketika disertasi dibukukan yaitu proses penyuntingan naskah. Proses inti yang sangat penting karena pembahasan disesuaikan dengan kerangka buku, gaya bahasa, dan sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan saat penyuntingan naskah.

(1) Mengubah Tata Bahasa

Tata bahasa yang digunakan tidak boleh sama dengan yang digunakan pada disertasi. Target disertasi untuk orang-orang pendidikan di bidang akademi, sementara target buku bisa siapa saja. Sehingga tata bahasa yang digunakan pada buku harus diubah yang bisa dimengerti oleh khalayak umum.

Contohnya beberapa istilah ilmiah diganti dengan istilah yang lebih populer di masyarakat atau diberikan penjelasan lagi. Gaya bahasa pun diganti sesuai dengan jenis buku yang dipilih dan tidak sekaku yang digunakan dalam disertasi.

(2) Mengambil Pokok Bab 1 dan 2

Bab-bab dalam disertasi perlu sedikit dilakukan perubahan agar proses konversi tidak terlalu lama. Misalnya pada bab 1 dan 2 diambil inti pembahasannya saja dan dibuat sederhana untuk ditulis di bagian depan buku.

(3) Menyederhanakan dan Mengembangkan Bab 4

Bab 4 adalah bab hasil penelitian yang biasanya menggunakan tabel, grafik, bahasa ilmiah, dan lainnya. Pemaparan yang menggunakan tabel atau grafik tersebut perlu disederhanakan dan dijelaskan dalam bahasa populer (keseharian). Dalam merubah disertasi menjadi buku, bab 4 disederhanakan dan dikembangkan secara bersamaan.

Di satu sisi memang harus disederhanakan dari tabel atau grafik, tetapi di sisi lainnya juga harus dikembangkan dengan kalimat penjelas yang menggunakan bahasa populer dan agar pembahasan tidak terlalu singkat.

Buku lebih fokus terhadap isi dengan jumlah halaman yang cukup banyak. Oleh karena itu, perlu ada pengembangan isi dan penambahan referensi. Selain itu, dalam sebuah buku non-fiksi lebih baik menggunakan kalimat tidak langsung, sehingga kutipan yang ada dalam disertasi sebaiknya diubah menjadi sebuah kalimat tidak langsung untuk versi buku.

(4) Kesimpulan Diubah menjadi Implementasi

Selanjutnya, ketika merubah disertasi menjadi buku, bab kesimpulan diubah menjadi bab implementasi. Bab ini akan memaparkan manfaat dari dilakukannya penelitian tersebut. Bab implementasi dalam buku lebih penting bagi pembaca dibandingkan sebuah kesimpulan. Selain itu, jarang sekali ada bab kesimpulan dalam sebuah buku.

  1. Editing dan Finishing

Proses editing merupakan proses pengecekan ulang untuk memastikan tidak ada kalimat yang keliru, salah ketik, tanda baca, catatan kaki, pencantuman sumber, dan lainnya. Jika ternyata ada bagian yang ingin ditambahkan, Anda juga bisa menambahkannya di proses ini.

Setelah semua proses penulisan selesai, tahap akhir yaitu mengajukannya ke penerbit. Proses merubah disertasi menjadi buku memang susah-susah gampang. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk mengerjakannya karena kesibukan lain, Kami menyediakan jasa membuat buku dari sebuah disertasi.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *