Cara Merubah Tesis Menjadi Buku

Cara Merubah Tesis Menjadi Buku

Cara merubah tesis menjadi buku bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, struktur dalam pembuatan tesis berbeda dengan struktur yang ada dalam buku. Banyak sekali kalangan akademik dan dosen yang berusaha untuk mengubah tesisnya menjadi sebuah buku. Tujuannya mulai dari meningkatkan jenjang karier sampai untuk kepuasan pribadi.

Tidak sedikit yang mengira mengubah tesis menjadi buku hanya dengan copy paste saja. Nyatanya, hal itu tidak semudah yang dibayangkan karena perlu dilakukannya perubahan. Tujuannya agar pembaca bisa memahami isi buku dengan mudah, terutama masyarakat awam.

Manfaat Mengubah Tesis Menjadi Buku

Sebelum membahas cara merubah tesis menjadi buku, ada baiknya untuk mengetahui manfaatnya. Sebenarnya, adalah manfaat mengubah tesis menjadi sebuah buku? Berikut sejumlah manfaatnya yang masih jarang diketahui.

Meningkatkan Manfaat Hasil Penelitian

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mengubah tesis menjadi buku adalah bisa meningkatkan manfaat hasil penelitian. Seperti yang diketahui, tesis adalah tugas akhir untuk jenjang S2 yang mana hanya terdiri dari berapa lembar bagian isi. Sementara untuk dijadikan buku setidaknya membutuhkan lebih dari 100 halaman.

Jika ingin menerbitkannya menjadi sebuah buku, Anda bisa menyusun kembali sebelum mengajukannya ke penerbit. Tentunya cara ini bisa membantu meningkatkan angka kredit saat ingin terjun ke dunia dosen atau guru. Sementara itu jika dilihat dari segi isinya, tentunya dengan menambah isi di dalamnya akan membuat buku semakin berkualitas.

Mengasah Keterampilan Menulis

Manfaat kedua yang bisa didapatkan adalah dengan mengasah keterampilan menulis. Seperti yang diketahui, ada perbedaan antara struktur tesis dengan struktur pada buku. Struktur dan bahasa yang digunakan pada tesis mengacu ke bahasa yang baku dan kaku. Alhasil, banyak masyarakat awam yang kesulitan untuk memahami.

Sementara struktur dan bahasa yang digunakan pada buku biasanya dibuat lebih sederhana dan ringkas sehingga bisa dipahami oleh semua pembaca. Belum lagi penulis membutuhkan banyak bahan referensi untuk mengembangkan tesisnya menjadi buku berkualitas. Hal inilah yang bisa membantu penulis untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Mempunyai Nilai Ekonomi

Cara merubah tesis menjadi buku bisa membuat tesis mempunyai nilai ekonomi, lho. Maksudnya adalah setiap buku yang merupakan hasil konversi tesis dan laku terjual akan mempunyai nilai ekonomi. Hal ini karena persen dari penjualan buku akan diberikan kepada penulis. Ditambah lagi adanya sistem royalti dari total buku yang terjual.

Dengan kata lain, manfaat mengubah tesis menjadi sebuah buku bisa mendatangkan banyak uang. Biasanya nilai tersebut akan disesuaikan dengan perjanjian awal bersama penerbit. Semakin tinggi kualitasnya, bisa saja semakin tinggi nilai ekonominya. Itulah kenapa mengubah tesis menjadi buku tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Cara Merubah Tesis Menjadi Buku

Setelah melihat sejumlah manfaatnya di atas, apakah Anda tertarik untuk mengubah tesis menjadi buku? Jika iya, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar buku mudah lolos di tangan penerbit. Berikut cara mudahnya.

Menyusun Kerangka dan Menentukan Jenis Buku

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyusun kerangka. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, struktur antara tesis dan buku itu berbeda. Alhasil, untuk bisa mengubahnya menjadi sebuah buku, dibutuhkan perubahan pada strukturnya.

Selain itu, dengan menyusun kerangka buku bisa membantu menyiapkan bahan dan referensi saat proses penulisan buku. Setelah menyusun kerangka, Anda bisa mencoba menentukan jenis buku yang akan diterbitkan. Hal ini karena meski memaparkan hasil penelitian, bukan berati jenis bukunya harus buku ilmiah. Cara ini penting untuk menemukan gaya bahasa.

Melakukan Penyuntingan Naskah

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penyuntingan naskah. Penyuntingan bisa dimulai dari mengubah judul tesis. Hal ini karena judul yang digunakan untuk tesis biasanya sangat baku dan tidak mengandung nilai jual. Sementara untuk bisa menjadikan tesis agar mempunyai nilai ekonomi dibutuhkan judul yang menarik.

Buatlah judul yang menarik tapi tetap mempresentasikan isi tesis. Setelah berhasil menentukan judul yang mempunyai daya nilai, Anda bisa melakukan penyuntingan terhadap struktur dan tata bahasanya. Cobalah untuk memperbanyak halaman isi buku dan berfokus pada isi dengan menyajikan detail lebih mendalam.

Biasanya ada beberapa bagian yang dijelaskan secara mendetail pada buku, tapi hanya dijelaskan sekilas di tesis. Selain itu, dalam buku biasanya lebih banyak menggunakan kutipan tidak langsung dibandingkan kutipan yang ada di tesis. Dengan cara ini tentunya buku Anda akan semakin mempunyai daya nilai.

Proses Editing

Setelah melalukan penyuntingan terhadap isi buku, Anda bisa melakukan proses editing. Biasanya pada tahap ini, penulis hanya tinggal memeriksa tata bahasa, catatan kaki, sistematika, dan pencantuman sumber. Selain itu, proses ini juga mengharuskan penulis untuk mengecek apakah ada kesalahan ketik atau typo.

Mencari Penerbit

Tentunya cara merubah tesis menjadi buku membutuhkan penerbit yang tepat. Saat ini sudah banyak penerbit yang bisa dipilih untuk membantu Anda menerbitkannya. Namun, tidak semua penerbit mau menerima buku hasil dari tesis atau non fiksi. Oleh karena itu, sebelum memilih penerbit, ada baiknya untuk melakukan riset agar menemukan yang pas.

Pasalnya, salah dalam memilih penerbit pasti akan membuat karya Anda langsung ditolak. Berbeda jika sudah melakukan riset. Bisa saja penerbit yang dipilih mempunyai ketentuan yang berbeda dari naskah sehingga terjadi penolakan. Jadi, ada baiknya untuk mengubah naskah menjadi baik agar minim penolakan.

Jika ingin merasakan manfaat di atas, Anda bisa mengikuti beberapa cara merubah tesis menjadi buku. Selain memberikan manfaat bagi diri sendiri, melakukan hal ini juga bisa memberikan manfaat secara luas. Mau mencobanya?

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *