Cara Review Jurnal Bahsa Inggris Yang Baik dan Benar

Cara Review Jurnal Bahsa Inggris Yang Baik dan Benar

Jurnal berbahasa inggris menjadi salah satu jurnal yang sering menjadi tugas dari dosen untuk mahasiswa, dengan melakukan review jurnal dengan penggunaan bahasa penulisan yaitu bahasa inggris, diharapka mahasiswa mampu untuk memahami dengan baik isi dari jurna yang direview.

Review jurnal bahasa inggris memag tidak mudah untuk dilakukan bagi individu yang beelum hahir dalam berbahasa inggris, karena harus mentranslate bahasa jurnal nya terlebih dahulu, lalu memahami jika ada kata yang tidak logis dan dicari maksud dari kata tersebut. Dengan melakukan review jurnal berbahasa inggris akan melatih pehaman kita bukan hanya tentang review jurnal dan sejenisnya, tetapi juga mengenai bahasa inggris.

Banyaknya pemahaman menegnai jurnal yang berbahasa inggris merupakan jurnal intersasional, sehingga banyak pembaca enggan untuk membacanya untuk sekedar melakukan review jurnal baik untuk tugas atau untuk kepentingan sendiri karena dirasa sulit lebih baik mencari jurnal nasional, akan tetapi sebenarnya jurnal berbahasa inggris tidak semuanya meruupakan jurnal internasional, begitu pun dengan jurnal internasional tidak semua menggunakan bahasa inggris.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Untuk mahasiswa sarjana yang melakukan review jurnal bahasa inggris, akan menambah wawasan entang jurnal lebih luas lagi dan pemahaman akan bahasa inggris juga akan bertambah, review jurnal akan membantu mahasiswa dalam membuat atau menyusun tugas akhir yang diberikan dosen, makanya tida heran hampir semua dosen memberikan tugas review jurnal pada mahasiswa, tidak jarang memberikan tugas untuk mereview jurnal yang menggunakan bahasa inggri. Maka dari itu review jurnal sangat penting, apa lagi review jurnal berbahasa inggris membantu sekali bagi masasiswa yang ingin melanjutkan studi ke strata dua atau s2.

Langka yang mudah untuk melakukan review jurnal beerbahasa inggris ke bahasa indomesia adalah sebagai berikut.

  1. Menulis perkenalan jurnal

Perkenal jurnal merupakan penulisan identitas jurnal yang akan direview, identitas yang detail agar mudah ditemukan ketika dicari seperti, judul jurnal, penulis, dan penerbit dari jurnal.

  1. Mengetahui latar belakang penelitian

Mengetahui terlebih dahulu latar belakang penelitian yang dilakukan di dalam jurnal, untuk lebih memahami mengapa penelitian tersebut dilakukan. Catat poin-pin penting yang bisa dijadikan acuan untuk melakukan review jurnal. Poin-poin penting yang bisa dicatat adalah seperti teori penelitian, tujuan dan alasan penelitian, dan lain sebgaainya.

  1. Menyiapkan referensi

Menyiapkan referensi yang berkaitan dengan review jurnal bahasa inggris ke bahasa indonesia, referensi yang terpercaya dan jelas. Sediakan referensi sebanyak mungikin. Pemilihan referensi harus relevan dengan isi jurnal yang direview singgah teraran untuk melakukan review jurnal.

  1. Pelajari Metode dan Subjek Penelitian

Pelajari metode dan subjek penelitian untuk mereview jurnal bahasa inggris ke bahasa indonesia. Catat lah poin-poin penting seperti metode yang digunakan penulis, subjek yang dijadikan sebagai acuan, alur penelitian, prosedur penelitian dan sebagainya.

  1. Pelajari Hasil Penelitian

Hasil penelitian adalah hasil akhir dari penelitian, yang merupakan tujuan dilakukan peneliatan dalam jurnal tersebut. Catat poin-poin penting dari hasil penelitian dari metode dan subjek yang dipilih. Perhatikan juga apakah hasili tersebut akan memenuhi kebutuhan kita dalam penyelesaian masalah.

  1. Membuat Kesimpulan dan Saran

Sama halnya ketika merivew jurnal pada umumnya, pada saat melakukan review jurnal bahasa inggris ke indonesia pada bagian akhir dibuat kesimpulan dan saran mengenai penelitian dalam jurnal. Buat kesimpulan yang mencantumkan hasil penelitian.

Untuk mereview jurnal bahasa inggris diperlukan pemahaman yang lebih dari pada saat mereview jurnal lain yang menggunakan bahasa indonesia karena penggunaan struktur katanya pun berbeda. Untuk lebih jelas cara merivew jurnal bahasa inggris, langsung saja berikut merupakan tips atau cara mereview jurnal bsahasa bahasa inggris dengan mudah.

  1. Mengenal Jurnal

Mengenal jurnal maksudnya adalah mengenali jurnal tersebut mulai dari judul urnal, penerbit, nama penulis, dan identitas lainnya.

  1. Mengetahui Latar Belakang Penelitian

Mengetahui latar belakang sangatlah penting, karena kita kan mendapat poin-poin penting yang dapat dicacat pada hasil review, poin yang dicatat adalah tujuan penelitian, teori apa yang digunakan dalam penelitia, hingga asan apa yang mendasari peneliti melakukan penelitian.

  1. Mempersiapkan Referensi

Sebelum melakukan review jurnal, sebaiknya cari beberapa reverensi yang tepat yang dapat membantu dalam melakukan review jurnal bahasa inggris.

  1. Pelajari Metode dan Subjek Penelitian

Pelajari metode penelitian dan subjek yang dijadikan acuan oleh penulis dalam mereview jurnal, catata poin-point penting seperti metode apa saja uang digunakan peneliti dan subjek mana saja yang dijadikan acuan bagaimana alur penelitian prosedur penelitian, dan yang lainnya.

  1. Pelajari Hasil Penelitian

Hasil penelitian harus dipelajari dengan teliti untuk disajikan penulis kepada pembaca dengan baik dan benar hingga mudah dipahami oleh pembaca.

  1. Menentukan Kesimpulan dan Saran

Review jurnal pada umunya memiliki tahap akhir, yaitu hahap dimana pnulis menuliskan kesimpulan dan sara yang diberikan kepad jurnal yang direview dan juga pada peneliti.

Namu selain cara yang ditulisakan di atas, sebenarnya bagi sebagian orang yang tidah paham bahasa bahasa inggris perlu tahap yang paling penting yaitu terlebih dahulu memahami bahasa inggris itu sendiri, atau jurnal yang ditulis dengan menggunakan bahasa inggris akan dirubah terlebih dahulu menjadi bahasa indonesia, sehingga lebih mudah dipahami. Review jurnal bahasa inggris juga dapat disajikan dalam ringkasan bahasa indonesia untuk pembaca yang tidak bisa berbahasa inggris.

Demilikian penyajian artikel cara review jurnal bahasa inggris ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *