Cara Tepat Waktu Lulus Pasca Sarjana, Apa Bisa?

Cara Tepat Waktu Lulus Pasca Sarjana, Apa Bisa?

Setiap mahasiswa pasca sarjana tentu ingin mengetahui cara tepat waktu lulus pasca sarjana. Hal ini karena dengan lulus tepat waktu maka bisa menghemat biaya yang dikeluarkan. Selain itu, lulus tepat waktu juga tidak membuang banyak waktu dan tenaga yang seharusnya bisa digunakan untuk hal lain.

Namun agar bisa lulus tepat waktu, tentu tidak mudah dan harus mampu mengatasi setiap tantangan dalam kuliah. Nah, bagi anda yang ingin lulus kuliah pasca sarjana tepat waktu, 8 cara ini bisa anda terapkan.

Pilih Jurusan yang Linier dengan S1

Cara tepat waktu lulus pasca sarjana yang pertama yaitu dengan memilih jurusan linier dengan S1 anda. Meski tidak ada larangan untuk mengambil jurusan yang sama, namun memilih jurusan linier bisa memudahkan anda lulus tepat waktu. Linier artinya mengambil program studi yang masih satu bidang ilmu.

Misalnya saat S1 anda mengambil jurusan Biologi, kemudian saat S2 juga mengambil jurusan Biologi. Dengan memilih jurusan yang linier, maka bisa memudahkan anda saat melanjutkan program studi tersebut.

Hal ini karena anda telah mengetahui dasar dari ilmu tersebut. Selain itu, saat mengambil jurusan yang linier dengan S1, maka anda tidak perlu mengambil matrikulasi. Adanya penambahan mata kuliah matrikulasi hanya akan membuat kuliah S2 anda semakin lama.

Tentukan Judul Tesis

Setelah memilih jurusan yang linier, cara tepat waktu lulus pasca sarjana yaitu dengan menentukan judul tesis atau disertasi. Anda bisa menentukan judul tesis ini sejak awal masuk perkuliahan. Dengan begitu, maka anda telah menyiapkan bahan yang bisa diajukan kepada dosen pembimbing.

Perlu diketahui bahwa, proses penelitian yang lama bisa menghambat proses kelulusan anda. Hal ini karena dalam S2 penelitian harus dilakukan secara spesifik dan harus memiliki nilai kebaruan.

Oleh karena itu, dengan menyiapkan semuanya di awal perkuliahan, maka anda bisa memiliki waktu untuk melakukan penelitian. Sehingga bisa memudahkan anda agar bisa lulus tepat waktu.

Kenali Dosen di Bidangnya

Selain menyiapkan tesis di awal perkuliahan, cara tepat waktu lulus pasca sarjana selanjutnya yaitu dengan mengenali dosen sesuai bidangnya. Usahakan untuk mengenali dosen yang terkait dengan rencana penelitian tesis.

Selanjutnya mulai bangun komunikasi yang baik dengan dosen tersebut di awal perkuliahan. Dengan begitu, maka anda akan lebih mudah mendapatkan berbagai saran dan pandangan terkait tesis yang akan dikerjakan. Selain itu, anda juga akan mendapatkan berbagai referensi yang diperlukan saat menyusun tesis nanti.

Ajukan Permohonan Beasiswa

Ajukan permohonan beasiswa merupakan salah satu langkah tepat untuk memperlancar kuliah pasca sarjana. Hal ini karena dalam mengerjakan tesis atau penelitian S2, tentu memerlukan biaya yang besar.

Apalagi jika anda seorang fresh graduate yang melanjutkan kuliah sebelum mendapatkan pekerjaan. Dengan mengajukan permohonan beasiswa, maka anda bisa memiliki biaya tambahan untuk melakukan penelitian. Sehingga penelitian bisa cepat selesai tanpa terhambat biaya.

Pintar Memilih Teman

Teman memiliki peranan penting dalam kesuksesan anda. Meski dalam kuliah dituntut untuk mandiri, namun memiliki pertemanan yang positif tentu juga akan memberikan dampak positif juga nantinya. Misalnya dengan memilih teman yang rajin, maka secara sadar atau tidak anda juga akan ikut rajin.

Dengan begitu, maka anda akan termotivasi untuk belajar lebih giat agar bisa lulus tepat waktu saat kuliah. Selain itu, anda juga bisa mengikuti organisasi di kampus. Organisasi cukup penting untuk menambah relasi, namun anda juga harus bisa membagi waktu antara berorganisasi dan belajar.

Kerjakan Semua Tugas dari Dosen

Cara tepat waktu lulus pasca sarjana selanjutnya yaitu mengerjakan semua tugas yang diberikan dosen. Tugas kuliah bisa mempengaruhi penilaian akhir mata kuliah. Oleh karena itu, usahakan untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh dosen. Meski sulit, namun anda harus berusaha agar bisa lulus mata kuliah, sehingga bisa lulus tepat waktu.

Dahulukan Urusan Kuliah

Dahulukan urusan kuliah merupakan salah satu cara agar bisa lulus tepat waktu. Seperti yang diketahui, jam kuliah sangat bebas dan tidak teratur. Jam kuliah yang tidak teratur ini bisa memungkinkan anda untuk mengerjakan berbagai hal selama jam kosong. Misalnya mengerjakan tugas, mengerjakan urusan organisasi, atau bisa jalan-jalan.

Agar bisa lulus tepat waktu, anda harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Usahakan untuk menyelesaikan setiap urusan kuliah saat ada jam kosong. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan jam kosong untuk memikirkan dan mengerjakan tesis. Dengan begitu maka anda bisa lebih fokus pada pendidikan dan berpeluang lulus tepat waktu.

Buat Deadline Pengerjaan Tesis

Cara agar lulus tepat waktu selanjutnya yaitu dengan membuat deadline pengerjaan tesis. Seperti yang diketahui, menulis tesis merupakan proses yang panjang dan melelahkan. Bahkan tak jarang proses mengerjakan tesis juga bisa membuat bosan. Adanya rasa lelah, jenuh, dan bosan ini bisa menjadi penyebab tesis tidak terselesaikan.

Oleh karena itu, agar bisa lulus tepat waktu, sebaiknya buatlah target setiap bulan yang harus dipenuhi hingga tesis selesai. Pastikan juga untuk selalu melihat kalender akademis agar lebih semangat memenuhi target untuk segera lulus.

Terdapat berbagai cara tepat waktu lulus pasca sarjana yang bisa diterapkan, mulai dari memilih jurusan linier dengan S1 hingga membuat deadline. Dengan menerapkan cara di atas secara konsisten, maka anda bisa lebih fokus kuliah dan bisa lulus tepat waktu. Selain menerapkan cara di atas, jangan lupa selalu berdoa untuk kelancaran kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *