Cara Terjemahan Jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dengan Cepat

Cara Terjemahan Jurnal Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dengan Cepat

Apakah Anda sedang mencari cara untuk terjemahan jurnal? Biasanya kalangan mahasiswa akan mencari situs atau aplikasi yang bisa membantu mereka untuk menerjemahkan file jurnal. Hal ini karena dosen biasanya memberikan tugas berupa review jurnal. Selain itu, beberapa kampus mengharuskan sumbernya berasal dari jurnal internasional.

Bagi mahasiswa yang tidak menguasai bahasa asing, tentunya akan merasa kebingungan. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang merepotkan. Nyatanya, Anda bisa menerjemahkan dokumen dengan mudah dari sekarang hanya dengan melalui situs saja.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Cara Terjemahan Jurnal Bahasa Inggris

Salah satu bahasa yang cukup mudah untuk dipahami adalah bahasa Inggris. Meski Anda tidak menguasai bahasa itu, setidaknya ada beberapa kosakata atau grammar yang mungkin sudah tidak asing. Nah, untuk seseorang yang mengalami kesulitan atau tidak bisa bahasa Inggris, berikut beberapa cara untuk menerjemahkan file.

Situs Translatedict

Salah satu situs yang bisa dicoba untuk menerjemahkan dokumen bahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah Translatedict. Anda bisa menggunakannya secara gratis dengan memasukkan kata, frasa, atau dokumen teks besar. Fitur Translatedict yang unggul adalah penerjemah suara dan terdapat fitur text to speech.

Jika Anda ingin hasil terjemahan yang lebih profesional dan berkualitas tinggi, maka membutuhkan biaya tambahan. Sayangnya, kekurangan dari Translatedict adalah hasil terjemahan yang tidak selalu akurat. Namun, pengguna bisa menggunakan situs ini untuk melakukan translate jurnal ke bahasa lainnya.

Google Terjemahan

Siapa sih yang tidak kenal dengan situs terjemahan jurnal satu ini? Bisa dibilang, Google Terjemahan menjadi situs populer dan paling mudah untuk digunakan. Namun, untuk bisa menggunakan Google Terjemahan, penulisan dokumen haruslah sesuai standar.

Hal ini karena efektif atau tidaknya situs tersebut bergantung pada teks dan bahasa asli yang digunakan. Anda bisa menggunakan Google Terjemahan untuk translate ke lebih dari 100 bahasa. Salah satu keunggulan dari situs ini adalah bisa menyimpan, berbagi, mendengarkan, dan menyalin teks terjemahan.

Reverso

Situs terjemahan jurnal yang bisa dicoba selanjutnya adalah Reverso. Situs web ini memungkinkan untuk melakukan translate secara otomatis dari bahasa satu ke bahasa lainnya. Salah satu fitur yang menonjol dan bisa ditemukan pada Reverso yaitu terjemahan konteks.

Biasanya, di bawah teks yang akan diterjemahkan terdapat kotak. Kotak tersebut berisikan tampilan contoh tambahan saat teks yang dimasukkan berbeda. Keunggulan lainnya dari Reverso, yakni dilengkapi dengan papan ketik di layar.  Hal ini bisa membantu pengguna untuk meninjau teks yang diterjemahkan.

Beberapa kelebihan lainnya bisa ditemukan pada website Reverso, yakni fitur audio untuk sebagian besar bahasa, meningkatkan terjemahan dengan ratings, dan menampilkan pemeriksa ejaan. Sayangnya, proses terjemahan di situs ini terbilang lambat.

Menggunakan Sistem Terjemahan Human Translation

Selain menggunakan website, cara yang bisa dilakukan untuk menerjemahkan jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah Human Translation. Bisa dibilang sistem atau teknik HT merupakan teknik terjemahan tertua di mana prosesnya mengandalkan kecerdasan manusia. Akan tetapi, bentuk terjemahan yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Biasanya, sistem ini digunakan oleh penerjemah atau freelancer yang tugasnya menerjemahkan dokumen. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan jasa penerjemah untuk membantu translate jurnal dengan mudah.

Menggunakan Platform MyMemory

Terjemahan jurnal bahasa Inggris ke bahasa Indonesia bisa dilakukan dengan menggunakan platform MyMemory. Pernahkah Anda mendengar platform tersebut? Platform ini ternyata menyediakan akses yang terjemahannya dilakukan oleh penerjemah profesional. Alhasil, hasil terjemahan yang dilakukan sangat baik dan berkualitas.

Selain bisa menerjemahkan dokumen atau jurnal, MyMemory bisa membantu untuk mencadangkan memori dan memastikan privasi. Platform ini juga bisa meningkatkan kualitas terjemahan dengan melakukan penjelajahan pada website untuk dokumen dwi bahasa. Jika Anda mencari platform dengan kualitas terbaik dan cepat, MyMemory bisa jadi solusi.

Situs Online Yandex

Ada lagi cara lainnya yang bisa Anda coba lakukan untuk menerjemahkan jurnal bahasa asing ke bahasa Indonesia. Caranya adalah dengan menggunakan situs online Yandex. Di situs ini, pengguna bisa melakukan terjemahan berupa teks, gambar, dan melampirkan situs website.

Salah satu keunggulan dari situs Yandex sebagai terjemahan jurnal adalah antarmuka yang menarik. Ditambah dengan sistem kinerja yang cepat membuat banyak orang yang mulai menggunakannya. Selain itu, website ini juga bisa digunakan untuk Anda yang ingin belajar bahasa baru dengan mudah.

Fitur unggulan yang bisa ditemukan pada situs Yanda berupa saran perbaikan saat hasil terjemahan ternyata buruk. Anda bisa menggunakan situs ini dengan input teks mencapai 10.000 karakter. Pengguna juga bisa bertukar dua bahasa yang diinginkan dengan menekan satu tombol saja.

Menggunakan Google Drive

Apakah Anda sudah tahu jika aplikasi Google Drive bisa digunakan untuk melakukan translate dokumen ke bahasa Indonesia? Nyatanya, aplikasi ini bisa membantu pengguna memahami isi jurnal dengan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu jika Google Drive sudah terhubung ke akun Google.

Jika sudah, Anda bisa upload files di bagian menu my drive. Setelah itu, coba klik kanan dan pilih opsi buka dengan. Pilihlah opsi Google Dokumen untuk membuka dokumen yang akan diterjemahkan. Selanjutnya, pilih menu alat dan klik opsi terjemahkan dokumen. Masukkan judul dan pilih bahasa yang diinginkan, lalu tekan opsi terjemahkan.

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga bisa menggunakan Microsoft Word untuk melakukan terjemahan jurnal dengan mudah. Sekarang tidak perlu lagi khawatir atau bingung karena tidak tahu bahasanya. Mana opsi yang akan digunakan untuk menerjemahkan dokumen?

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *