Contoh review jurnal ilmiah

Contoh review jurnal ilmiah

  1. Judul

Keanekaragaman Arthopoda pada lahan pertanian kacang di kabupaten kupang provinsi nusa tenggara timur

 

  1. Jurnal

Jurnal biologi udayana

 

  1. Volume, halaman

25 (1) : 28 – 38

 

  1. Tahun

2021

 

  1. Penulis

Chatarina Gradict Semiun, Yulita Iryani Mamulak

 

  1. Tanggal

15 februari 2021

 

  1. Tujuan penelitian

Tujuan adanya penelitian ini merupakan untuk menentukan keanekaragaman hayati khususnya arthropoda yang ada dan terkandung pada lahan pertanian kacang kacangan yang berada di Kawasan kabupaten kupang, nusa tenggara timur. Sehingga bisa mengetahui bagaimana kadar tanah yang ada di daerah kupang ini untuk kemudian dikembangkan dalam memperkarya unsur arthropoda yang akan berdampak pada hasil panen pada para petani disekitar nya.

 

  1. Metode penelitian

Penelitian ini sendiri menggunakan penelitian secara deskriptif kuantitatif. Metode ini merupakan metode penelitian yang berdasarkan kepada filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (untuk lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti daro kegiatan ini adalah sebagai instrument kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara trigulasi atau bisa juga disebut gabungan. Analisis data ini bersifat induktif dan juga kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Pada metode penelitian ini diaplikasikan sehingga sample arthropoda diambil menggunakan pitfall trap, insect net, dan hand sorting yang ada di tiga lokasi berbeda. Yaitu ada di lahan kacang Panjang, lahan kacang tanah dan juga lahan kacang hijau.

 

  1. Hasil penelitian

Adapun hasil penelitian yang bisa diungkap dari jurnal ini terdapat 2 point yang bisa dijabarkan. Adapun hasilnya yaitu :

  1. Arthropoda yang ada di tanak kupang ini bervariasi spesiesnya dan ditemukan di tiga lahan yang telah disebutkan tadi. Yaitu lahan pertanian kacang, pada lahan pertanian kacang tanah ini penulis menyebutkan bahwa terdapat 31 spesies arthropoda, dengan 15 famili, dari 9 ordo dan 2 kelas. Maka total keseluruhan dari arthropoda yang ada pada lahan pertanian ini sebanyak 115 individu.

Adapun pada lahan pertanian kedua yaitu di lahan pertanian kacang Panjang terdapat total 53 individu yang terdeteksi disini. Adapun spesifikasi lengkapnya yaitu 17 spesies arthropoda, dengan 11 famili, dari 7 ordo dengan 2 kelas yang berbeda. Pada lahan pertanian kacang Panjang ini cenderung lebih sedikit arthropoda yang ada dan terkandung didalam tanahnya tersebut.

Yang terakhir ada di lahan pertanian ketiga yaitu lahan pertanian kacang hijau. Pada lahan pertanian kacang hijau ini ditemukan 30 spesies arthropoda dengan 20 famili dari 9 ordo dengan 3 kelas yang berbeda. maka dari itu dengan penemuan arthropoda yang tadi disebutkan maka total adanya arthropoda yang ada adalah 108 individu.

 

  1. Indeks keanekaragaman tertinggi ada pada lahan pertanian kacang hijau dimana mendapatkan indeks hingga 3,19. Disusul oleh lahan kacang tanah dengan range 2,83 dan lahan kacang Panjang menduduki peringkat terakhir yang hanya mencapai 2,43 saja. Nilai indeks kekayaan jenis tertinggi ini terdapat pada lahan kacang tanah yang bisa mencapai indeks 6,32. Selanjutnya diikuti oleh lahan kacang hijau sebesar 6,19 dan juga disusul oleh peringkat paling terakhir yaitu lahan pertanian kacang Panjang yang hanya mencapai indeks sebesar 4,03 saja.

 

  1. Kelebihan dari penelitian

Kelebihan dari penelitian ini adalah mereka bisa mencari sample yang banyak dan juga kompleks sehingga bisa menciptakan hasil yang beragam dan juga bisa menjadi skala perbandingan antara satu lahan pertanian dan lahan pertanian lainnya terkait dengan unsur tanah yang mengandung arthropodanya.

 

  1. Kekurangan dari penelitian

Meskipun mereka mendapatkan sampel yang beragam dan juga memiliki banyak variant lahan pertanian yang dijadikan sampel. Namun, kekurangan yang ada pada jurnal ini adalah sangat singkatnya waktu yang digunakan dalam penelitian ini. sehingga dari peneliti tidak bisa mengetahui perilaku serangga yang biasanya muncul secara musiman di lahan pertanian tertentu. Dan mungkin karena waktu penelitian ini sebentar sehingga mereka tidak akan terdeteksi oleh penelitian mereka. Sehingga hal itu bisa mengurangi keabsahan kandungan arthropoda yang terkandung pada lahan pertanian baik itu di lahan pertanian kacang tanah, lahan pertanian kacang hijau, dan juga lahan pertanian kacang Panjang. Mereka juga tidak akan mengetahui kandungan arthropoda ketika lahan pertanian tersebut mulai ditanam, ketika masa penumbuhan dan juga masa panen. Karena arthropoda pada masa tersebut tentunya berbeda karena kandungan tanah yang terdapat arthropoda nya ini akan terpengaruh oleh siklus tanaman yang berdiri di tanah tersebut.

  1. Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kami jelaskan dari review jurnal ini adalah tidak ada jenis arhtropoda yang mendominasi pada ketiga lahan pertanian kacang tersebut dengan kemerataan jenis tergolong cukup merata dari segi penyebarannya. Tingkat kesamaan famili dari masing masing arthropoda yang ditemukan pada lahan pertanian ketiganya ini cenderung rendah. Hal ini disebabkan adanya pengaplikasian pupuk sintesis atau biasa kita sebut dengan pestisida khususnya pada lahan pertanian kacang Panjang dan juga lahan pertanian kacang hijau yang tidak dikontrol dengan baik dan tidak menggunakan takaran yang pas. Factor abiotic yang ada pada tanah ini juga memberikan pengaruh terhadap keanekaragaman arthropoda yang terkandung di tanah lahan pertanian kacang ini dan pengaruhnya ini cukup signifikan. Maka dari itu, karena keberadaan arthropoda ini tersisihkan karena adanya penggunaan pupuk sintesis pestisida yang tidak terkontrol dan juga tidak menggunakan takaran. Maka ada baiknya dari petani khususnya kepada petani kacang hijau dan kacang Panjang ini sudah semestinya agar beralih menggunakan pupuk organik. Karena memang pupuk sintesis pestisida ini memberikan dampak yang buruk terhadap arthropoda yang terkandung di tanah pada lahan pertanian mereka masing masing tersebut

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Klik, Untuk Bisa Kami Bantu Sekarang