Contoh Review Jurnal Pendidikan dan Cara Membuatnya dengan Benar

Contoh Review Jurnal Pendidikan dan Cara Membuatnya dengan Benar

Membuat review jurnal menjadi tugas yang sering diberikan oleh dosen kepada mahasiswa. Tugas ini diberikan untuk melihat kemampuan pemahaman siswa terhadap sebuah jurnal. Salah satunya contoh review jurnal pendidikan yang sering dicari oleh mahasiswa yang akan mereview sebuah jurnal yang bertema pendidikan.

Sebagian mahasiswa menganggap kegiatan mereview jurnal merupakan hal yang mudah, mereka menyamakan mereview jurnal sama dengan meringkas jurnal. Kegiatan review jurnal bukan sekedar meringkas isi jurnal saja. Terdapat poin-poin yang harus ada dalam review tersebut.

Contoh Review Jurnal Bertema Pendidikan

Terdapat beberapa contoh review jurnal ilmiah yang populer dibahas di Indonesia, salah satunya yaitu jurnal pendidikan. Berikut ini contoh review jurnal pendidikan yang cukup singkat dan jelas.

Judul                  : Hubungan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika

Penulis              : Azela Nasyifa

Reviewer         : Anisa Maharani

Diakses             : 30 Februari 2018

Latar Belakang:

Terdapat sebuah hubungan antara proses pelaksanaan dengan hasil pembelajaran dari pendekatan saintifik hasil belajar Fisika dengan keterampilan menggunakan proses sains.

Tujuan:

Penilitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar yang ditunjukkan oleh murid pada mata pelajaran Fisika dengan menggunakan keterampilan proses sains antar murid.

Sampel:

Sampel untuk penelitian ini diambil dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan proses pendekatan saintifik dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode umum. Siswa yang dijadikan subjek penelitian yaitu siswa kelas 10  SMAN 3 Jakarta Utara. Diambil sebanyak 4 kelas dengan jumlah total 150 siswa dan mengambil sampel random dari 3 kelas lainnya.

Metode Penelitian:

Terdapat dua metode yang dipakai dalam penelitian, yaitu metode post test only control group design dan metode eksperimen yang bersifat penelitian quasi experimental design (eksperimen semu). Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis inferensial dan analisis deskriptif.

Hasil dan Pembahasan:

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar keterampilan proses sains antara murid yang menggunakan metode pembelajaran saintifik dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran umum. Hasil penelitiannya yaitu (F=40,293; p<0,05).

Hasil tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar mata pelajaran Fisika antara kelompok murid yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode saintifik dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode umum mempunyai perbandingan yang sudah memasuki taraf signifikan, yaitu 0,000, p<0,05.

Kesimpulan:

Kesimpulan dari penelitian tersebut yang bisa dipahami oleh pembaca bahwa ternyata memang ada perbedaan hasil belajar disaat metode pembelajaran yang digunakan berbeda. Penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran saintifik memberikan hasil yang lebih baik terhadap hasil belajar mata pelajaran Fisika dibanding metode pembelajaran secara langsung atau umum.

Metode pembelajaran saintifik memang sebaiknya digunakan untuk mata pelajaran Fisika dan mata pelajaran sains lainnya. Hal ini karena pembelajaran mata pelajaran sains akan lebih maksimal jika menggunakan metode pembelajaran sains pula. Selain itu, jurnal ini baik dijadikan referensi karena tujuan, masalah, sampel, dan metode penelitiannya dijelaskan secara rinci.

Cara Memilih Jurnal dengan Tepat

Setelah melihat contoh review jurnal pendidikan di atas, saatnya Anda mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan agar proses review lebih mudah dan memberikan hasil yang bagus.

  1. Periksa Tujuan dan Ruang Lingkup Penelitian dalam Jurnal

Ketika akan melakukan review, Anda pasti mencari jurnal yang relevan dengan tema tugas yang diberikan. Salah satu cara mencarinya yaitu dengan mengecek tujuan penelitian beserta ruang lingkupnya. Cara ini bertujuan agar tidak salah memilih jurnal dan tepat dengan tema yang dibutuhkan.

  1. Periksa Keaslian Jurnal

Sebelum melakukan review, memastikan keaslian jurnal merupakan hal yang penting. Keaslian jurnal akan memberikan nilai lebih baik terhadap kredibilitas Anda, baik dalam hasil review maupun dalam mencari referensi.

Cara memastikan keaslian sebuah jurnal yaitu dengan mengecek jurnal tersebut sudah terdaftar secara resmi dan terindeks oleh scopus atau tidak. Jika sudah terdaftar dan terindeks di scopus, maka keaslian jurnal tersebut sudah bisa dipastikan. Selain cara itu, Anda juga bisa mengambil jurnal dari situs yang sudah terpercaya tentang keaslian setiap jurnal yang tersedia di sana.

  1. Perhatikan Bagian Diskusi dan Kesimpulan

Sebelum memutuskan jurnal yang akan dipilih, terdapat cara lainnya untuk mengetahui apakah jurnal tersebut baik dan sesuai dengan kebutuhan review Anda. Caranya yaitu dengan memperhatikan bagian diskusi dan kesimpulan dari penelitian tersebut.

Ketika memperhatikan kedua bagian ini, Anda akan mendapatkan metode penelitian yang digunakan, solusi yang diberikan, pembahasan yang dipakai, dan sebagainya. Gambaran dari hasil tersebut akan membuat Anda mampu menilai apakah jurnal tersebut baik untuk dipilih dan sesuai dengan kebutuhan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Setelah Memilih Jurnal

Setelah memilih jurnal, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menulis review.

  1. Membaca Keseluruhan Jurnal dengan Teliti

Langkah pertama ketika akan menulis review jurnal yaitu membaca keseluruhan jurnal dengan teliti. Saat membaca, Anda bisa menyiapkan alat tulis untuk mencatat poin-poin penting.

  1. Memahami Isi Jurnal

Beberapa hal yang harus dipahami dalam jurnal tersebut yaitu permasalahan, metode penelitian, dan solusi dari permasalahan tersebut. Ketiga hal ini sangat penting untuk dipahami karena merupakan bagian terpenting yang harus ada dalam review. Anda akan lebih mudah mereview jurnal tersebut ketika sudah memahami tiga poin di atas.

Itulah contoh review jurnal pendidikan, hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih jurnal dan cara agar lebih mudah membuat review. Setelah membaca ini, Anda bisa mulai mempraktekkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *