Hal ini Penting Dipahami Sebelum Membuat Review Jurnal

Hal ini Penting Dipahami Sebelum Membuat Review Jurnal

Review jurnal merupakan jenis penulisan paper yang profesional dan menekankan kepada aspek analisis yang lebih mendalam. Apabila Anda ingin membuat review jurnal, maka Anda harus menggunkan alat pencarian database untuk dapat menggambarkan riset dengan lebih jelas.

Selain itu, apabila Anda baru pertama kali membuat review jurnal maka tidak ada salahnya untuk melihat-lihat contoh review jurnal terdahulu untuk menambah pemahaman Anda sebelum memulai.

Langkah-langkah Membuat Review Jurnal

Dalam membuat review jurnal, terapkanlah langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya lebih mudah. Namun sebelum itu, tentukan organisasi yang tepat untuk ditinjau oleh Anda. dengan mengetahui penyiapan makalah di masa yang akan datang tentunya dapat membantu Anda untuk menentukan cara membaca artikel

1. Meringkas isi artikel

Dalam hal ini garis bawahilah poin-poin penting, ide, klaim, serta informasi yang umum disajikan di dalam artikel. Kemudian tentukan poin-poin positif dan identifikasikan pada aspek-aspek yang kuat, ide-ide, serta pengamatan yang penuh dengan wawasan penulis.

Setelah itu, coba temukan apakah penulis mempunyai kontradiksi, ketidakkonsistenan, atau celah yang dalam artikel terkait, dan apakah penulis memiliki cukup banyak argument serta informasi untuk mendukung ide yang disertakan atau tidak,  jika belum maka jadikan sebagai bahan evaluasi dalam review Anda.

Dalam sebuah part di contoh review jurnal yang sudah Anda cari tetunya hal ini tidak pernah sekalipun diabaikan.

2. Tinjau Kembali Hasilnya

Mulailah membacanya mulai dari bagian judul, abstrak, kata pengantar, judul, dan subjudulnya, kalimat pembuka hingga kesimpulannya. Sebagai awalan, bacalah bagian awalan dan akhirnya saja karena ini merupakan bagian dimana penulis memasukkan poin utama mereka. dengan membaca bagian ini, Anda juga dapat mengetahui dan memastikan poin utama yang terkandung di dalam jurnal telah termuat ke dalam review tanpa ada yang tertinggal.

Jenis-jenis Review Jurnal

Secara umum, ada 3 jenis jurnal yang dapat dibuat reviewnya, yang pertama yaitu jurnal artikel, yang kedua yaitu jurnal riset atau penelitian, dan yang ketiga adalah jurnal sains.

1. Review Jurnal Artikel

Pada umumnya, cara mereview jurnal artikel hampir sama seperti yang lainnya,. Pada intinya contoh review jurnal artikel yang baik harus bisa memuat evaluasi dari kekuatan serta kelemahan dari sebuah publikasi. Seorang yang hendak mereview jurnal harus bisa menunjukkan nilai dari uatu artikel kepada pembaca.

2. Review Jurnal Penelitian

Jika Anda sudah melihat contoh review jurnal penelitian, pasti isinya akan sedikit berbeda dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan review jurnal penelitian biasanya digunakan sebagai bahan evaluasi metode penelitian yang digunakan serta menyimpan informasi terkait dalam retrospeksi analisis serta kritik.

3. Review Jurnal Sains

Jurnal yang sifatnya ilmiah biasanya melibatkan segala sesuatu yang tergolong pada ranah sains. Publikasi jurnal ilmiah seringkali berisi lebih banyak informasi mengenai latarbelakang yang bisa digunakan sebagai bahan analisis publikasi secara komprehensif.

Garis Besar dan Templat Jurnal yang Direview

Garis besar dan templat diperlukan untuk mengetahui bahwa review yang Anda buat tidka keluar atau bahkan menyalahi koridor yang ada. Sama halnya seperti review artikel yang lainnya, dalam review jurnal juga harus mengandung pendahuluan, badan, serta kesimpulan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya bahan pertimbangan untuk menggarisbawahi bagian-bagian dan sub judul yang ada di dalam tubuh jurnal.

Secara umum, contoh review jurnal harus berisikan hal-hal berikut ini;

1. Halaman Pra-judul

Di sini, Anda bisa mencantumkan jenis jurnal yang Anda ulas, judul diterbitkan, nama penulis yang berkontribusi dalam pembuatannya, afilasi dari penulis yang menyangkut posisi, institus, kota, dan lainnya.

2. Rincian Penulis

Ini merupakan bagian yang tergolong opsional. Rincian penulis yang dimaksud di sini adalah nomor telepon, email, nomor faksimile, alamat, dan lain-lain.

3. Running Head

Khusus pada format APA Style, maka judul dari jurnal Anda akan dipersingkat menjadi berjumlah kurang dari 40 karakter.

4. Halaman Ringkasan

Ringkasan yang termuat tidak boleh lebih dari 800 karakter. Selain itu, usahakan untuk tetap menggunakan bahasa non teknis serta lugas. Berikan latarbelakang yang memiliki relevansi serta jelaskan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, dan kemudian rangkum serta jelaskan metodenya.

Manfaat Membuat Review Jurnal

Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan membuat review jurnal, di antaranya adalah;

  1. Dapat menguji pemahaman penulis mengenai topik yang terdapat dalam sebuah artikel jurnal
  2. Dasil dari review jurnal yang dibut bisa dijadikan sebuah rujukan awal dari para pembaca dalam penelitian yang akan dilakukan selanjutnya
  3. Review jurnal juga dapat memungkinkan pembaca untuk bisa melihat pandangan dan perspektif orang lain mengenai yopik yang terdapat pada suatu jurnal artikel, sehingga dapat keluat dari bias pribadi
  4. Dapat meningkatkan kemampuan dalam bertata bahasa serta memberikan argumentasi
  5. Dapat membantu meningkatkan wawasan serta pemahaman penulis mengenai suatu topik yang terdapat di dalam jurnal.

Dari sekian banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari membuat review jurnal, maka tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membuatnya. Secara umum, proses dalam pembuatan review jurnal juga tergolong mudah.

Cobalah amati contoh review jurnal yang banyak tersebar di internet, tentu semuanya pasti melibatkan proses peringkasan, klasifikasi, analisis, kritik, dan yang terakhir adalah perbandingan.

Dalam hal analisis, evaluasi, serta perbandingan tentu memerlukan penggunaan teori yang relevan dengan subjek jurnal yang direview. Anda juga dilarang keras untuk mematahkan suatu argument kuat yang telah beralandaskan teori di dalam jurnal dengan sekedar opini pribadi atau pernyataan yang tidak berdasar teori.

Hal ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Jika Anda menemukan contoh review jurnal yang semacam ini, maka dapat dipertanyakan kevalidannya.

Itu dia penjelasan mengenai review jurnal, mulai dari langkah-langkah membuat review jurnal, jenis-jenisnya, hingga manfaat membuat review jurnal. Berpedomanlah pada contoh review jurnal yang valid agar dapat menghindari kesalahan dalam pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *