Ingin Membuat Review Jurnal? Berikut ini Format Review Jurnal yang Benar!

Ingin Membuat Review Jurnal? Berikut ini Format Review Jurnal yang Benar!

Dalam dunia pendidikan, melakukan review jurnal sangat dibutuhkan untuk mempelajari sebuah penelitian yang sudah diterbitkan. Biasanya review jurnal akan dijadikan referensi pendukung atau mempelajari hasil penelitian tersebut. Manfaatnya yang besar membuat seseorang yang mereview jurnal harus memakai format review jurnal yang benar.

Review jurnal biasanya dijadikan sebagai referensi tambahan oleh orang-orang yang ingin atau sedang melakukan penelitian yang sama dengan penelitian yang ada di jurnal tersebut. Selain metode dan hasil penelitian, pembaca bisa mengetahui kekurangan dari jurnal tersebut untuk dijadikan pembelajaran agar tidak mengulanginya.

Format Review Jurnal yang Benar

Sebenarnya, secara spesifik format review jurnal dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu format review untuk jurnal standar, format review untuk jurnal ilmiah, dan format review untuk jurnal internasional. Berikut ini format review jurnal untuk ketiga jenis jurnal tersebut.

  1. Format Review Jurnal Standar

Format review ini dapat digunakan ketika akan melakukan review pada jurnal yang bersifat umum. Berikut ini rincian format review untuk jurnal standar.

– Judul

– Nama judul

– Halaman dan volume jurnal

– Tahun (tahun jurnal diterbitkan)

– Nama penulis

– Peninjau

– Tanggal (tanggal review jurnal dilakukan)

– Tujuan penelitian

– Subjek penelitian

– Metode penelitian

– Definisi operasional variabel dependent

– Cara dan alat ukur variabel tergantung

– Definisi operasional mandiri

– Langkah-langkah penelitian

– Hasil penelitian

– Keunggulan penelitian

– Kelemahan penelitian

– Kesimpulan

  1. Format Review Jurnal Ilmiah

Format review jurnal ilmiah digunakan untuk mereview jurnal penelitian yang bersifat akademik. Berikut ini rincian format review untuk jurnal ilmiah.

– Latar belakang

Dalam latar belakang, tersedia alasan, tujuan penelitian, serta teori dan hasil dari penelitian sebelumnya.

– Metode eksperimen

Di bagian metode eksperimen, cantumkan subjek penelitian, teknik pengumpulan data, alat pengumpulan data, dan analisis data.

– Hasil dan pembahasan

Di bagian ini, tuliskan hasil penelitian dan pembahasan yang terkait dengan penelitian tersebut.

– Kekuatan penelitian

– Kelemahan penelitian

– Kesimpulan

  1. Format Review Jurnal Internasional

Format review ini digunakan untuk mereview sebuah jurnal yang diterbitkan oleh penulis atau kelompok yang berasal dari luar negeri. Berikut ini format review untuk jurnal internasional.

– Judul

– Sumber

– Penulis

– Latar belakang

– Metode penelitian

– Hasil penelitian

– Komentar terhadap jurnal tersebut.

Penjelasan Format Review Jurnal

Tidak semua poin akan dijelaskan karena poin-poin seperti judul, nama penulis, tahun terbit jurnal, dan sebagainya pasti sudah dimengerti tanpa dijelaskan. Berikut ini beberapa poin dalam format review jurnal dengan penjelasannya.

  1. Latar Belakang

Bagian ini diisi dengan latar belakang masalah, landasaran teori, dan tujuan dari penelitian yang ada pada jurnal tersebut.

  1. Metode Penelitian

Poin-poin yang harus ada di dalam metode penelitian sudah dijelaskan di bagian metode penelitian di format review untuk jurnal ilmiah. Poin-poin tersebut harus ditulis secara lengkap meskipun penjelasan dari setiap poinnya cukup singkat dan jelas.

  1. Hasil dan Pembahasan

Bagian ini berisi tentang hasil dari penelitian yang dilakukan dalam jurnal tersebut. Selain hasil, pembahasan teori atau hal lainnya yang terkait dengan hasil penelitian harus dicantumkan. Hasil dan pembahasan yang ditulis cukup dijelaskan dengan singkat, jelas, dan padat, tidak usah terlalu panjang.

  1. Kekuatan Jurnal

Kekuatan jurnal diisi dengan poin-poin yang menurut Anda menjadi kekuatan dalam penelitian atau penulisan jurnal tersebut. Misalnya alat pengumpulan yang digunakan sangat bagus sehingga data yang dikumpulkan dapat divalidasi secara kuat serta proses pengumpulan data bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

  1. Kelemahan Jurnal

Format review jurnal yang satu ini berfungsi untuk menemukan kelemahan atau kekurangan dari penelitian atau penulisan jurnal. Salah satu manfaatnya untuk menjadi bahan pelajaran bagi pembaca agar tidak melakukan kekurangan tersebut dalam penelitian yang akan dilakukan atau penulisan jurnalnya.

Contohnya jika metode penelitian yang digunakan menurut Anda kurang efektif, Anda bisa menulisnya. Selain itu, misal tidak ada solusi, keterangan alamat yang tidak jelas (jika penelitian dilakukan di sebuah daerah), dan sebagainya.  Namun, setiap kritik yang diberikan harus ada saran yang bisa digunakan untuk menutupi kelemahan tersebut.

  1. Kesimpulan

Pada bagian ini, Anda menyimpulkan permasalahan dari penelitian tersebut dengan solusi yang dipakai oleh penulis. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menuliskan tanggapan atau kesan terhadap penelitian serta penulisan jurnal tersebut. Intinya, kesimpulan ini bukan hanya kesimpulan dari isi jurnal, tetapi juga tanggapan Anda terhadap jurnal tersebut.

Cara Membuat Review Jurnal yang Baik dan Benar

Hasil review jurnal yang bagus tidak hanya dari lengkapnya format review jurnal yang dipakai, tetapi juga beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mereview sebuah jurnal.

  1. Baca sekilas penyusunan jurnal, lalu baca keseluruhan isi
  2. Kenali format atau gaya publikasi yang dipakai dalam jurnal tersebut
  3. Mempelajari dan paham terhadap metode penelitian yang dipakai
  4. Membaca ulang dan buat catatan untuk poin-poin penting
  5. Penentukan kualitas abstrak atau pendahuluan dalam jurnal tersebut
  6. Gaya penulisan harus jelas, ringkas, dan benar agar dipahami oleh pembaca.
  7. Evaluasi referensi dan tinjauan pustaka pada jurnal
  8. Nilai bagaimana penyajian data dan hasil pada jurnal tersebut
  9. Periksa kembali seluruh review

Itulah beberapa format review jurnal yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Bagi pemula, melakuan review jurnal memang cukup susah. Namun, jika Anda sudah pernah membuat jurnal atau makalah, mereview jurnal tidak terlalu sulit karena formatnya tidak jauh berbeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *