Ingin Menggunakan Turnitin ? Ini Dia Cara Mendaftar Turnitin Tanpa Ribet

Kamu sering menulis ? Menulis apa ? Artikel, novel, atau karya ilmiah ? Tentu saja sebagai seorang penulis kamu tidak ingin jika tulisanmu di jiplak orang lain atau pun menjiplak karya orang lain. Atau dengan kata lain, karya tulis tersebut harus asli atau original hasil pemikiran sendiri.

Untuk mengecek sebuah artikel, bisa menggunakan banyak website yang ada di internet. Namun untuk karya ilmiah seperti skripsi, tesis, dan disertasi, hingga tugas kuliah, tidak cukup hanya menggunakan website tersebut. Di perlukan sebuah website khusus yang mampu memeriksa tulisan dengan detail hingga ke setiap kata – kata yang digunakan.

Di dunia pendidikan, website yang sering digunakan untuk mengecek plagiasi atau plagiarisme adalah Turnitin. Website ini bisa kamu temukan di www.turnitin.com. Sebagai mahasiswa, kamu tidak bisa serta merta menggunakan website ini ya karena Turnitin ini tidak free alias berbayar. Oleh karena itu, biasanya sebuah institusi akan membeli lisensinya supaya bisa digunakan oleh seluruh warga kampus.

Mengenal Turnitin

Nah sebelum kamu bertanya cara mendaftar Turnitin, ada baiknya jika kamu mengenal seluk beluk website ini terlebih dahulu. Sebagai website utama yang sering digunakan untuk mengecek keaslian tulisan, Turnitin memiliki banyak fitur di dalamnya yang perlu diketahui.

Sebagai awalan, kamu perlu mengenal jenis – jenis akun Turnitin yang sering digunakan. Di awal tadi sudah dijelaskan bahwa website Turnitin merupakan website berbayar sehingga perguruan tinggi atau institusi membeli lisensinya supaya bisa digunakan. Setelah itu, institusi akan menunjuk seorang administrator yang khusus menangani penggunaan Turnitin ini, mulai dari pembuatan akun hingga penggunaan.

Dalam membuat akun Turnitin, kamu akan menjumpai 3 jenis akun di halaman awalnya.

  1. Akun Student. Biasanya akun ini ditujukan khusus untuk mahasiswa atau murid. Nantinya ID class dan keywordnya berasal dari dosen atau guru yang mengamp
  2. Akun Instructor. Untuk akun jenis ini biasanya digunakan oleh dosen. Dalam membuat akunnya, dosen akan dibuatkan oleh administrator kamp Jika akun instructor sudah jadi, dosen bisa membuat sebuah kelas yang akan digunakan sebagai room mata kuliah tertentu. Secara otomatis, Turnitin akan mengirimkan ID Class dan keyword atas kelas yang barus aja dibuat dan nantinya bisa dishare ke mahasiswa untuk membuat akun student.
  3. Akun Teaching Assistant. Akun Turnitin yang satu ini biasanya ditunjuk oleh sebuah kelas yang memiliki tugas untuk memeriksa keaslian dokumen di lini pertama sebelum di cek oleh instructor.

Turnitin ini juga memiliki perbedaan dengan website pendeteksi plagiarisme yang banyak di internet. Website ini memiliki server penyimpan tersendiri atau akun repository. Cara kerja dari Turnitin sendiri cukup unik dan membuat Turnitin ini diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yaitu Akun Repository dan Akun Non Repository.

  1. Akun Repository. Untuk Akun Repository ini, dokumen yang diupload akan tersimpan di server Turnitin. Adanya dokumen yang tersimpan ini biasanya akan menyebabkan presentase plagiasi semakin tinggi. Ketika dokumen yang sama diunggah untuk kedua kalinya (dokumen yang sudah direvisi), maka Turnitin akan melakukan scan di kedua dokumen baik dokumen yang tersimpan di resipitory mau pun dokumen yang baru saja diunggah, sehingga indikasi plagiasi semakin tinggi karena berasal dari 2 dokumen yang berbeda sumber penyimp
  2. Akun No Repository. Akun Turnitin ini bisa digunakan untuk menurunkan indikasi plagiasi dengan cara menonaktifkan fitur No Rep Dengan cara ini, dokumen yang sudah diunggah ke Turnitin tidak akan tersimpan di server Turnitin.

Caranya cukup mudah, tinggal masuk ke akun Turnitin. Masuk ke Class, lalu pilih View di menu Actions. Klik Edit assignment Actions, lalu pilih Optional Setting. Kamu bisa scroll ke bawah dan klik bagian Submit paper. Pilih No Repository. Lalu klik Submit. 

Selain itu, kamu juga harus mengenal trik untuk membaca hasil pengecekkan dari Turnitin tersebut. Di Turnitin, terdapat 5 level plagiasi atau kemiripan artikel. Level paling rendah akan berwarna biru dengan persentase 0%. Kemudian level selanjutnya yaitu rendah, dengan persentase 1% sampai 24%. Ketiga, level medium yang berwarna hijau dengan persentase 25% sampai 49%. Selanjutnya level dengan tingkat plagiasi tinggi akan berwarna orange dengan persentase 50% sampai 74%. Yang terakhir tingkat plagiasi tertinggi diberi warna merah dengan persentase 75% sampai 100%.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Bagaimana Cara Mendaftar Turnitin ?

Sebelum kamu menggunakan Turnitin, ada baiknya kamu mengetahui cara mendaftar Turnitin tersebut. Kali ini, cara mendaftar Turnitin akan difokuskan ke akun student.

  1. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah masuk ke laman turnitin.com
  2. Setelah berhasil, kamu akan masuk ke halaman awal Turnitin. Karena kamu seorang mahasiswa, kamu bisa memilih akun Student ya.
  3. Selanjutnya kamu akan masuk ke laman pembuatan akun. Di sini kamu akan dimintai ID Class dan class environment class. Kamu bisa memintanya ke dosen yang mengampu ya.
  4. Selain ID Class dan Key Class, kamu juga harus mengisi biodata pribadi, seperti nama, email, hingga password yang terdiri dari 8 digit huruf dan angka. Kamu juga harus mengisi pertanyaan rahasia dan jawabannya.
  5. Setelah itu, kamu bisa beralih ke kolom Term & Condition (User Agreement) dan mencentang I Agree. Jangan lupa untuk mengisi Im Not A Robot terlebih dahulu ya.
  6. Klik Submit lalu tunggu sebentar.
  7. Ketika sudah muncul laman baru, artinya kamu sudah berhasil membuat akun Turnitin yang bisa digunakan secara gratis alias free. Selamat !

Jika kamu memiliki kendala dalam pengecekkan Turnitin, kami menyediakan jasa parafrase untuk menurunkan persentase Turnitin. Dibantu oleh tim  berkualitas dan berpengalaman di bidangnya serta harga yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan pengecekkan Turnitin di kami.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Review Jurnal Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *