Ini 6 Cara Mereview Jurnal dengan Mudah dan Berkualitas

Apakah Anda sedang mencari cara mereview jurnal? Bagi kaum mahasiswa pastinya sudah tidak asing lagi dengan review jurnal, bukan? Pasalnya, kegiatan ini sering kali diberikan oleh dosen sebagai penilaian untuk menguji pemahaman mahasiswa terkait jurnal tertentu. Kegiatan akademik ini mengharuskan seseorang untuk mencari referensi pendukung.

Kegiatan review jurnal ini akan memberikan penjelasan, investigasi, dan klarifikasi terkait artikel jurnal yang direview. Sering kali kegiatan ini dianggap sebagai sesuatu yang sepele dan menganggapnya hanya sebagai kegiatan meringkas jurnal saja. Padahal, untuk melakukan review dibutuhkan ketelitian, kejelian, dan pemahaman terkait pembahasan jurnal.

Cara Mereview Jurnal dengan Mudah

Tidak sedikit orang yang merasa malas saat akan melakukan review jurnal. Padahal, kegiatan akademik ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan, lho. Caranya dengan memahami cara review jurnal yang baik sehingga menghasilkan ulasan berkualitas. Berikut beberapa cara mudahnya untuk review jurnal.

  1. Menentukan Jenis Review Jurnal

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan jenis review jurnal terlebih dahulu. Ada baiknya untuk tidak menentukan jurnal secara asal-asalan. Karena salah memilih jurnal bisa saja membuat review menjadi kegiatan yang melelahkan. Sebelum memilih jurnal, ada baiknya untuk mengetahui tujuan ruang lingkup jurnal.

Dengan begitu, jurnal yang dipilih tentunya akan sesuai dengan bidang studi. Selain itu, setelah menentukan jenis artikel jurnal yang akan dijadikan review, ada baiknya untuk mencari sumber referensi. Pilihlah jurnal yang relevan dan mempunyai banyak sumber. Jika jurnal yang dipilih minim akan sumber, tentunya akan menyulitkan saat membuat review.

  1. Melakukan Pemeriksaan Orisinalitas Jurnal

Cara mereview jurnal bisa dilakukan dengan memeriksa orisinalitas dari jurnal. Orisinalitas merupakan keaslian jurnal dan menjadi bagian penting. Karena jurnal yang orisinil biasanya akan memberikan nilai tambah terhadap kredibilitas seseorang saat melalukan review jurnal.

Anda bisa memeriksa orisinalitas jurnal dengan memastikan jurnal yang didapatkan bersumber dari website penyedia jurnal terpercaya. Selain itu, cara memeriksa keaslian bisa dilakukan dengan mengecek review apakah terdaftar secara resmi atau tidaknya. Bisa juga dengan mengecek apakah jurnal tersebut terindeks scopus atau tidak.

  1. Membaca Jurnal Secara Keseluruhan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk review jurnal adalah dengan membaca jurnal secara keseluruhan. Biasanya, penulisan jurnal akan menggunakan bahasa yang cukup rumit dan sulit dipahami oleh orang biasa. Oleh karena itu, dibutuhkan ketelitian dan pemahaman saat membaca jurnal. Caranya adalah dengan membaca jurnal lebih dari satu kali.

Jika dirasa sulit, Anda bisa memeriksa format jurnal dan pedoman gaya publikasi terlebih dahulu. Dengan membiasakan diri pada standar publikasi akan memberi gambaran tentang cara review jurnal secara mudah. Hal ini sangat penting untuk seseorang yang mungkin belum pernah mereview jurnal. Karena setiap review jurnal mempunyai ketentuan berbeda.

Setelah itu, cobalah untuk membaca sekilas dari artikel jurnal tersebut dan cobalah untuk menelusuri logikanya. Membaca sekilas bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi pertanyaan atau masalah yang dibahas pada jurnal. Barulah setelah itu bisa membaca jurnal secara keseluruhan secara berulang agar bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

  1. Membuat Catatan Penting

Saat artikel jurnal sudah dibaca secara keseluruhan,  Anda bisa melakukan identifikasi terhadap tesis, argumen utama, dan menggaris bawahi pernyataan berupa pendahuluan dan kesimpulan. Selain itu, buatlah catatan penting terkait isi jurnal. Dari catatan itulah bisa tahu apakah isi artikel jurnal bisa menyelesaikan masalah yang ada.

  1. Melakukan Evaluasi Jurnal

Cara mereview jurnal selanjutnya bisa dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap jurnal. Evaluasi pertama bisa dilakukan dengan menentukan seberapa baik abstrak dan pendahuluan saat memetakan jurnal.

Apakah abstrak tersebut sudah mendeskripsikan topik studi atau belum, apakah pendahuluan sudah memberikan gambaran tentang informasi selanjutnya, dan sebagainya. Evaluasi kedua bisa dilakukan dengan melihat referensi jurnal dan tinjauan pustaka.

Hampir sebagian besar artikel jurnal biasanya mencakup tinjauan literatur dari referensi sebelumnya. Nah, Anda bisa melihat apakah sumber yang dirujuk terpercaya atau tidaknya. Lihat juga apakah tinjauan pustaka bisa merangkum sumber dengan baik atau tidak. Karena ada beberapa sumber yang ternyata hanya mencantumkan nama-nama terkenal saja.

Alhasil, Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari sumber referensi jurnal sebelum membuat review jurnal. Selanjutnya, evaluasi ketiga bisa dilakukan dengan mempelajari metodenya. Terakhir, lakukan evaluasi jurnal terhadap cara menyajikan data dan hasil.

  1. Mulai Mencoba Menulis Review

Cara mereview jurnal selanjutnya adalah dengan menulis review. Anda bisa menulis secara garis besar review dengan melihat catatan dari evaluasi terkait bagian penting pada jurnal. Cobalah untuk membuat tesis dan uraian tentang bagaimana tesis tersebut mendukung dalam review jurnal. Akan lebih baik jika mencantumkan contoh spesifik.

Selain itu, Anda juga bisa menulis draft pertama review. Secara umum, struktur dari review jurnal adalah pendahuluan yang berisi rangkuman artikel dan tesis, isi yang berisi contoh spesifik, dan kesimpulan yang berisi rangkuman ulasan, pernyataan tesis, serta saran.

Cara mereview jurnal yang terakhir adalah dengan memeriksa draf sebelum mengirimkannya. Caranya dengan membaca kembali isi draft, apakah ada kesalahan ketik dan ejaan atau tidaknya. Saat membaca ulang isi draf, ada baiknya untuk membaca sebagai orang lain. Alhasil, Anda bisa menilai apa yang masih terasa kurang dari review jurnal.

Saat menulis review jurnal, pastikan untuk menulisnya secara jelas, ringkas, dan logis. Sekarang tidak perlu lagi bingung cara mereview jurnal, bukan? Yuk, jadikan review jurnal sebagai kegiatan akademik yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *