Ini Dia 5 Tips Jitu Lolos Jurnal SINTA

Lolos jurnal SINTA tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena Anda harus memahami syarat dan format agar jurnal bisa dipublikasi. SINTA (Science and Technology Index) merupakan salah satu aplikasi yang diciptakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). SINTA berisi soal pengukuran kinerja IPTEK serta menjadi alat pengindeks internasional seperti arsip jurnal, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya.

SINTA yang diluncurkan pada 30 Desember 2017 ini termasuk portal tempat publikasi dan tempat jurnal secara online. Agar jurnal atau karya ilmiah bisa terindeks SINTA, tentu Anda harus memahami cara penggunaannya. Selain itu, sebelum mengirim jurnal, jangan lupa untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Tata Cara Pendaftaran SINTA

Sebelum mengirim jurnal ke SINTA, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah mendaftar di SINTA.

  1. Membuka halaman sinta2.ristekdikti.go.id
  2. Setelah masuk ke halaman SINTA, selanjutnya pilih menu Registration
  3. Kemudian masukkan data-data yang diminta seperti nama lengkap, NIDN, universitas tempat Anda bekerja, jabatan saat ini, nomor KTP, alamat email, password, dan Google Scholar URL.
  4. Saat memasukkan alamat email untuk registrasi, sebaiknya gunakan alamat email resmi yang terdaftar di Universitas
  5. Sertakan URL Google Scholar dari jurnal Anda yang telah dipublikasi
  6. Masukkan link Scopus jika Anda telah mengunggah karya ilmiah atau jurnal bereputasi
  7. Setelah mengikuti langkah di atas, selanjutnya klik Register
  8. Kemudian buka alamat email yang telah Anda daftarkan di SINTA. Lalu SINTA akan mengirim pesan berisi tautan di email Anda
  9. Kemudian Anda bisa log in untuk masuk ke akun SINTA yang telah dibuat
  10. Setelah akun SINTA yang Anda miliki telah aktif, maka seluruh aktivitas akademik bisa terintegrasi dalam satu database dari Kemenristek

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum mengirimkan jurnal atau artikel ilmiah ke SINTA. Selanjutnya, agar jurnal yang dikirim bisa dipublikasi, maka Anda harus mengetahui tips-tips berikut.

Daftar ke Portal ARJUNA

Agar terindeks dan lolos jurnal SINTA, tips pertama yang harus dilakukan yaitu mendaftarkan diri di portal ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional). Daftar di ARJUNA menjadi syarat yang harus dilakukan agar jurnal Anda bisa terindeks di SINTA. Jika belum mendaftar, Anda bisa langsung menuju keĀ http://arjuna.ristekdikti.go.id/ untuk mendaftar. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga bisa bergabung di SINTA.

Pahami Peraturan Dirjen Dikti

Tips kedua agar lolos jurnal SINTA yaitu memahami peraturan Dirjen Dikti no 1, tahun 2014. Isi dari peraturan tersebut yaitu agar bisa mengajukan akreditasi, maka jurnal harus memenuhi syarat pengajuan dan memperoleh nilai evaluasi diri lebih dari 70 poin.

Perhatikan Konten Penilaian Jurnal

Tips agar jurnal lolos SINTA selanjutnya yaitu memperhatikan konten penilaian. Penilaian ini dilakukan oleh 4 asesor akreditasi dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti.

Dalam penilaian jurnal, tentu dilakukan seleksi ketat. Jadi saat jurnal yang dikirim telah masuk di portal ARJUNA, selanjutnya akan dilakukan penilaian. Penilaian jurnal ini terdiri atas 2 aspek. Pertama yaitu penilaian konten, dan kedua yaitu penilaian manajemen.

Perhatikan Waktu Pendaftaran

Tips agar terindeks dan lolos jurnal SINTA selanjutnya yaitu selalu memperhatikan waktu pendaftaran. Dalam satu tahun, penetapan dan pendaftaran dilakukan sebanyak 2 kali. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda terlambat mendaftar atau memasukkan jurnal. Jika terlambat, maka jurnal yang Anda kirim akan direview pada periode berikutnya. Hal ini tentu membuat proses publikasi jurnal terhambat, sehingga bisa merugikan Anda.

Perhatikan Sistem Penilaian di SINTA

Tips agar lolos dan terindeks SINTA yaitu dengan memperhatikan sistem penilaian. Jika telah mengisi evaluasi diri dan mendapatkan skor kurang dari 30-70, maka tim evaluator jurnal akan memeriksa dan menilai kembali. Tim evaluator jurnal akan memeriksa dan menilai kembali kebenaran hasil evaluasi diri. Kemudian hasil penilaian akan dimasukkan sesuai kategori jurnal.

Perlu diketahui agar bisa lolos jurnal SINTA, maka Anda perlu mendapatkan nilai antara 70-85. Nilai tersebut jika dimasukkan dalam peringkat, maka akan dimasukkan dalam kategori SINTA 2. Sedangkan jika Anda mendapatkan hasil evaluasi lebih dari 85, maka akan dimasukkan dalam kategori SINTA 1. Agar lebih jelas, berikut ini kategori penilaian jurnal SINTA.

  • SINTA 1, terakreditasi A nilai lebih dari 85 atau terindeks Scopus
  • SINTA 2, terakreditasi B nilai 70-85
  • SINTA 3, hasil evaluasi diri 60-70
  • SINTA 4, hasil evaluasi diri 50-60
  • SINTA 5, hasil evaluasi diri 40-50
  • SINTA 6, hasil evaluasi diri 30-40

Terdapat tips yang harus diketahui agar lolos jurnal SINTA, mulai dari melakukan pendaftaran hingga memperhatikan sistem penilaian. SINTA. SINTA merupakan pusat indeks institusi dan kepakaran di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi peneliti serta dosen institusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *