Ini dia Cara Membuat Critical Review Jurnal dengan Cepat dan Mudah

Ini dia Cara Membuat Critical Review Jurnal dengan Cepat dan Mudah

Critical review merupakan suatu kegiatan untuk mereview jurnal ilmiah, critical review bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk memambaca dan memahami dengan baik struktur penyusun sebuah karya ilmiah salah satunya adalah jurnal agar mempersiapkan mahasiswa sedini mungin untuk dapat terbiasa untuk emmmbuat sebuah karya tulis ilmiah sehingga lebih mudah menyusun skripsinya.

Critical review memiliki DOS dan DONTs, sebelumya saya akan menjelaskan apa itu Dos dan apa itu DONTs. Dos merupakan sistem opersi yang dilakukan dalam mereview jurnal. sedangkan DONTs merupakan apa yang tidak boleh dilakukan dalam critical review.

Dos dalam critical review adalah sebagai berikut:

  1. Identifikasi dan analisis jurnal

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat critical review adalah melakukan analisis dan identifikasi terhadap jurnal yang akan direview. Sehingga proses review menjadi jauh lebih mudah dan cepat dan tentunya akurat.

  1. Pahami bacaan

Memahami bacaan merupakan salah satu upaya untuk membuat critical review sebuah jurnal. apabila kita tidak memahami bacaan maka hasil review tidak sesuai dengan tujuan jurnal dan tujuan peneliti, sehingga pesan yang harusnya tersampaikan melalui review kepada pembaca tidak dapat diterima dengan baik.

  1. Perhatikan penulisan

Kita perlu untuk memperhatikan penulisan review jurnal. karena penulisan sangat berpengaruh terhadap tujuan dari pembuatan review itu sendiri. Penulisan yang baik dan benar akan menghasilkan review yang bermanfaat, mulai dari menulisan judul, penulisan penerbit, penulisan nama penulis, dan penulisan hasil reviw isi jurnal.

  1. Susun critical review

Setelah tiga hal di atas sudah dilakukan, mulai dari identifikasi an analisis jurnal, memahami bacaan, dan memahami penulisan. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyusun critical reeview jurnal. penyusunan harus dilakukan dengan tersrtuktur mulai dari atas hingga akhir, sehingga pembaca lebih mudah menerima dan memahami mulai dari permasalahan yang diangakat, alasannya, cara menangani (metode), solusi yang diberikan, dan tujuan dari penelitian tersebut. Apa bila penyusunn sudah dilakukan secara tersrtuktur maka menjadi jauh lebih mudah untuk diterima.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

DONTs dalam critical review jurnal aalah sebagai berikut:

  1. Jangan menggunakan teknik coppas

Coppas adalah teknik mengikuti struktur penulisan dan penggunaan kata yang sama dengan referensi yang ditemukan atau bisa dikatakan plagiasi tulisan. Untuk membuat critical review sangat diajurkan kita melakukan parafrase atau penguraian menggunakan bahasa sendiri tanpa keluar dari topik yang dibahas. Jika mengambil kutipaan dari jurnal haruslah mencantumkan sumber atau footnote.

  1. Referensi yang jelas

Referensi yang jelas digunakan untuk penulisan agar dapat dipertanggung jawabkan dan kejelasannya terjamin. Referensi juga kan menentukan hasi review yang dibuat.

  1. Jangan melakukan kesalahan penulisan

Kesalahan dalam penulisan hal-hal yang kursial akan menjadi sangat fatal, contoh seperti salah menulis judul jurnal, salah menulis nama, salah menulis penerbit, dan salah dalam membuat penulisan isi review akan sangat buruk bagi pembaca yang memerlukan informasi jurnal tersebut.

  1. Jangan menggunakan bahasa yang tidak baik

Penggunaan bahasa yang tidak baik dan tidak jelas akan mempengaruhi pemahaman pembaca tterhadap maksud dari jurnal. oleh karena itu terlebi dahulu penulis haru memahami dan mengerti penggunaan bahasa yang baik dan benar.

  1. Jangan lupa

Lupa mencantumkan sumber bacaan atau daftar pustaka akan mempersulit dalam mencari kebenaran mengenai keakuratan dan keaktualan penulisan tersebut.

  1. Jangan menggunakan konsep atu teori yang tidak relevan

Penggunaan konsep atau teori yang tidak relevan akan menimbulakan pertanyaan kepada kebenaran sebuah karya tulis ilmiah karena tidak sama dengan sumber bacaan. Maka teori dan konsep yang digunakan haruslah relevan dengan sumber bacaan sehingga tidak menimbulkan kebingunan pada pembaca.

  1. Jangan membuat rangkuman tapi critical review

Bedakan atara rangkuman dengan critical review. Rangkuman merupakan tulisan yang bersifat merangkum secara singkat isi dari sebuah tulisan tanpa menjelaskan proses yang dilakukan secara detail tanpa memerlukan sumber bacaan yang jelas. Sedangkan critical rereview merupakan tulisan yang dibuat secar singkat, namun jelas dan dapat dipercaya dilengkapi dengan sumber yang terpercaya.

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan komunikasikan kebutuhan anda dengan team jurnal kami!

Kak, Ada Yang Bisa Kami Bantu?