Ini Dia Cara Mengecek Plagiarisme Di Turnitin dengan Mudah

Ini Dia Cara Mengecek Plagiarisme Di Turnitin dengan Mudah

Plagiarisme ? Apa itu Plagiarisme ? Secara sederana, Plagiarisme adalah sebuah tindakan yang di mana tulisan, karya, hingga pendapat orang lain diambil dan diakui sebagai hasil pemikiran pribadi. Di Indonesia, tindakan plagiarisme ini sangat marak terjadi sehingga masuk dalam kategori tindak pidana. Hal ini dikarenakan plagiarisme sudah banyak merusak hak cipta. 

Pentingnya Menghindari Plagiarisme Dalam Menulis

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jika tindakan plagiarisme adalah tindakan yang salah karena sama saja mencuri karya orang lain. Plagiarisme ini sangat sering ditemui di dunia pendidikan, khususnya saat menulis sebuah karya ilmiah atau sebuah penelitian, seperti skripsi, tesis, hingga disertasi.

Berawal dari kemalasan hingga keengganan dalam berpikir, membuat banyak orang (dalam hal ini adalah mahasiswa) lebih suka untuk asal comot sebuah tulisan. Bahasa kerennya yaitu copy paste atau copas. Bahkan ada yang sampai membeli jasa membuat skripsi, tanpa tahu keaslian dokumen yang dibuat. Kejadian – kejadian di atas hanyalah segelintir contoh tindakan plagiarisme yang biasa kita temui. Lantas seberapa pentingnya mencegah plagiarisme ?

  1. Menjauhi plagiasi sama saja dengan mencegah tindak kejahatan, karena plagiarisme masuk ke dalam tindak pidana yang merusak hak cipta yang ada dan jika dilakukan bisa sampai p
  2. Sebuah karya tulis yang baik adalah tulisan yang berasal dari hasil pemikiran sendiri atau penelitian yang telah dilakukan. Dengan melakukan plagiarisme maka kualitas dari karya tersebut akan menurun dan menjadi jelek, karena hanya menjiplak pemikiran orang lain saja.
  3. Sebagai bentuk apresiasi terhadap orang lain, karena kita tidak asal menjiplak karya mereka. Kamu bisa membayangkan bagaimana proses orang tersebut dalam membuat karya tulis tersebut, sehingga akan sangat tidak etis apabila kamu hanya main comot sebuah tulisan.
  4. Menghindari tindak plagiarisme akan mempengaruhi citra perguruan tinggi atau instansi. Biasanya jika seseorang terindikasi melakukan plagiarisme dalam karya tulisanya, maka akan ada sanksi tersendiri untuk mahasiswa tersebut hingga perguruan tinggi yang menaunginya.

Cara Mengecek Plagiarisme Di Turnitin

Untuk menurunkan tingkat plagiarisme di dunia pendidikan, tentunya dibutuhkan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya plagiasi di sebuah tulisan. Nah kali ini, kamu bisa mencoba sebuah website yang bernama Turnitin, yang bisa diakses di www.turnitin.com.

Turnitin merupakan sebuah website khusus yang memang di rancang untuk mengecek tingkat plagiarisme dalam sebuah tulisan. Turnitin ini banyak digunakan oleh mahasiswa untuk mengecek sebuah dokumen atau tulisan sebelum dikumpulkan ke dosen serta digunakan oleh dosen untuk mengecek keaslian tugas yang dikumpulkan mahasiswanya.

Berikut ini adalah langkah – langkah cara mengecek plagiarisme di Turnitin yang bisa kamu coba, ya.

  1. Langkah pertama adalah masuk ke webiste Turnitin di turnitin.com.
  2. Setelah halaman awal terbuka, silakan login menggunakan akun Turnitin yang kamu miliki, tentunya menggunakan akun Student.
  3. Selanjutnya, kamu akan masuk ke Turnitin.
  4. Untuk menggunggah dokumen, kamu bisa klik menu Submit yang terletak di bagian kanan.
  5. Setelah klik menu Submit, halaman akan dialihkan secara otomatis ke kotak dialog Single File Upload yang berisikan identitas dokumen. Mulai dari nama (First Name dan Last Name) hingga judul dokumen (Submission Title) dan harus diisi. Di bawahnya, kamu bisa memilih dokumen yang akan di unggah melalui menu Choose From This Comp Dokumen bisa berasal dari 3 media penyimpannan, yaitu dari komputer, Google Drive, atau Dropbox.
  6. Jika dokumen sudah di pilih, kamu bisa klik menu Up Tunggu beberapa saat sampai dokumen berhasil diunggah.
  7. Jika file sukses terunggah, kamu bisa klik menu Confirm (berwarna biru) dan menu Return to Assignment List.
  8. Tunggu beberapa saat karena dokumen sedang diperiksa sampai muncul persentase
  9. Ketika pemeriksaan dokumen sudah selesai, kamu bisa melihat hasilnya dengan klik menu View. Di tampilan View, kamu bisa melihat bagian mana saja yang terindikasi plagiasi atau sama dengan sumber lain. Jika sudah terindikasi kesamaan kata, kalimat, hingga sumber, kamu harus segera melakukan revisi. Entah itu dengan mengganti dengan kalimat yang baru atau hanya mengubah susunan kalimatnya saja.

Untuk menggunakan Turnitin ini, kamu bisa menggunakan browser yang terinstall di komputer, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dan lainnya. Dalam melakukan pengecekkan dokumen yang diunggah, turnitin memiliki algoritma tersendiri. Secara singkat, Turnitin akan membandingkan dokumen yang diunggah dengan referensi yang dimilikinya, mulai dari sumber yang ada di internet seperti blog dan website, e-book akademik seperti paper, jurnal, artikel, hingga buku online, serta database yang dimiliki Turnitin dan perguruan tinggi. Pencocokan dokumen ini bukan hanya membandingkan kalimat per kalimat, namun sudah kata per kata. Dengan algoritma ini, diharapkan tingkat ketelitian dalam pemeriksaan plagiarisme menjadi lebih baik.

Namun yang perlu digaris bawahi, hasil pengecekkan yang sudah dilakukan oleh Turnitin tidak selalu bisa dijadikan acuan ya. Pasalnya tidak jarang Turnitin mengindikasikan kesamaan dalam hal pengutipan daftar pustaka dan teori. Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam mengolah kata – kata.

Misalnya dari hasil pengecekkan Turnitin, terdapat 3% kesamaan dalam pengutipan daftar pustaka. Nah hal tersebut bisa saja diabaikan karena dalam penulisan daftar pustaka memang sudah ada prosedur baku. Kamu bisa menggunakan trik Exclude Sources.

Nah demikianlah pembahasan mengenai cara mengecek plagiarisme di Turnitin. Jika kamu memiliki kendala dalam pengecekkan Turnitin, kami menyediakan jasa parafrase untuk menurunkan persentase Turnitin. Dibantu oleh tim  berkualitas dan berpengalaman di bidangnya serta harga yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan pengecekkan Turnitin di kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *