Ini Dia Cara translate jurnal Internasional

Ini Dia Cara translate jurnal Internasional

Bagai para mahasiswa yang sedang bergelut dengan ujian skripsi, tesis maupun disertasi pasti harus mengakrabkan diri dengan jurnal-jurnal ilmiah. Namun terkadang jurnal  dengan topik yang dicari tidak ditemukan di Indonesia, sehingga mereka harus mencarinya referensinya dari jurnal berbahasa asing.

Bukan hanya itu, hingga kini banyak juga para penulis karya ilmiah yang memilih menggunakan jurnal internasional karena dianggap memiliki kredibilitas tinggi sehingga dipercaya bisa membuat hasil riset lebih berkualitas.

Namun yang sering menjadi kendala dalam menggunakan jurnal asing sebagai sumber referensi adalah minimnya pengentahuan mengenai cara translate jurnal internasional. Biasanya kebanyakan orang lebih memilih menerjemahkannya melalui google translate.

Ini merupakan cara translate jurnal internasional yang sangat mudah, karena Anda hanya perlu menyalin kalimat dari jurnal kemudian hasil terjemahannya akan keluar dalam hitungan detik saja.

Namun sayangnya apabila kalimat jurnal yang panjang, pasti akan cukup merepotkan juga apabila Anda harus bolak-balik mengetiknya. Terlebih lagi jika format file jurnal Anda adalah pdf dan tidak bisa dicopy, pasti akan memusingkan sekali bukan?

Beberapa Cara Translate Jurnal

Ternyata, terdapat beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menerjemahkan jurnal internasional ke dalam bahasa Indonesia. Bahkan cara ini bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa apa saja. Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut!

1. Menerjemahkan Jurnal dengan Google Docs

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan google dokumen. Hasil dari translate di google dokumen dapat menampilkan hasil template yang sesuai dengan jurnal asli. Sedangkan apabila Anda menggunakan terjemahan dari google translate maka kemungkinan bahasanya akan mengalami perubahan berdasarkan kemauan dari google.

Berikut ini cara translate jurnal internasional dengan menggunakan google dokumen;

  1. Bukalah file dokumen yang ada di google, kemudian pilih tools
  2. Terjemahkan dokumen dengan memulih bahasa yang dikehendaki lalu klik terjemahkan
  3. setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga hasil dari terjemahan terbuka pada tab yang baru

Salah satu kelebihan google dokumen adalah penulisan terjemahan yang sama persis dengan file aslinya. Jika Anda belum mempunyai dokumen yang diunggah pada google dokumen, maka Anda dapat mengunggahnya melalui gdrive.

2. Menerjemahkan Jurnal Bahasa Inggris dengan Ms Word

Pasti semua orang terutama mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan software produk Microsoft yang satu ini. Microsoft word juga dapat menjadi salah satu cara translate jurnal internasional yang mudah. Dengan Microsoft Word, Anda dapat langsung menerjemahkan dokumen apapun tanpa menggunakan tools tambahan lain.

Selain itu, prosesnya pun juga mudah, dan Anda tidak perlu lagi menyalin dan menempelkan isi dokumen Anda dan tinggal memanfaatkan menu-menu yang ada pada Microsoft Word saja. Berikut ini cara translate jurnal internasional di Microsoft Word :

  1. Buka file dokumen Anda dengan menggunakan Microsoft Word
  2. Kemudian pilihlah teks yang akan Anda translate di Microsoft word. Dalam hal ini Anda dapat memilih isi teks tertentu yang ada di dalam jurnal dengan cara select. Namun Anda juga dapat menerjemahkan seluruh isi dari jurnal sekaligus, tanpa harus ribet.
  3. Setelah itu klik Review. Setelah Anda selesai menentukan teks mana saja yang akan diterjemahkan, maka langkah yang selanjutnya adalah memilih Menu Review yang terdapat pada navigasi bar di Microsoft Word.
  4. Selanjutnya pilih translate untuk menerjemahkannya. Dan jangan lup auntuk memilih bahasanya.Terdapat beberapa pilihan bahasa internasional yang disediakan, dan bukan hanya bahasa Inggris saja. Selain itu Anda juga dapat melakukan penerjemahan berbaik, misalnya dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris ataupun sebaliknya.
  5. Dan yang terakhir, tunggu beberapa saat hingga proses penerjemahan selesai
  6. Hasil translate dari jurnal akan langsung ditampilkan pada bagian sebelah kanan di layar komputer Anda.

3. Menerjemahkan Jurnal dengan Google Translate

Cara translate jurnal internasional yang berikutnya adalah dengan menggunakan google translate. Cara ini tidak kalah dengan yang sebelumnya, dimana pada google translate Anda juga bisa menerjemahkan jurnal kedalam banyak pilihan bahasa.

Ketika menggunakan google translate, ada dua pilihan car ayang bisa Anda gunakan, yaitu mengetiknya secara langsung atau mengupload file jurnal. Apabila Anda hanya ingin menerjemahkan sebagian isi jurnal maka Anda bisa mengetik atau menyalinnya.

Sebalinya jika Anda inginmenerjemahkan seluruh isi jurnal, maka Anda bisa mengunggah dokumennya dan tidak perlu susah mengetik banyak.

4. Menerjemahkan Jurnal Internasional dengan onlinedoctranslator.com

Cara translate jurnal internasional yang terakhir adalah dengan menggunakan situs web online yang bernama onlinedoctranslator.com, dengan ini Anda tidak perlu menginstal aplikasi apapun. Cukup masuk ke situs onlinedoctranslator lalu kemudian gulir krusor ke bawah hingga menemukan tombol upload. Selanjutnya unggah dokumen jurnal Anda yang perlu diterjemahkan dalam bentuk pdf.

Setelah itu, harap tunggu beberapa saat hingga hasilnya ditampilkan. Situs akan bekerja untuk mendeteksi bahasa yang digunakan dalam jurnal dan secara otomatis akan memprosesnya ke dalam bahasa Indonesia. Setelah hasilnya selesai, maka file terjemahan akan secara otomatis terunduh dengan format pdf. Situs yang satu ini juga menyediakan fitur untuk mengubah format file dari PDF ke Word atau JPG.

Nah itu dia 4 cara translate jurnal internasional yang dapat Anda gunakan. Dari ke empat cara tersebut, semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. Namun jika Anda menginginkan hasil terjemahan yang memiliki tingkat akurasi tinggi maka terjemahkan melalui google dokumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *