Ini Dia Contoh Hasil Review Jurnal yang Bisa Membantumu!

Ini Dia Contoh Hasil Review Jurnal yang Bisa Membantumu!

Kegiatan mereview jurnal menjadi kegiatan yang tidak asing lagi di dunia pendidikan. Jika Anda seorang pemula dan baru pertama kali akan melakukan review jurnal, pastinya ingin melihat contoh hasil review jurnal sebagai gambaran seperti apa review jurnal yang harus Anda buat.

Contoh Hasil Critical Review Jurnal

Critical review jurnal yaitu review yang mengeritik kesalahan-kesalahan yang terdapat pada penelitian dan penulisan jurnal tersebut. Berikut ini contoh hasil review jurnal yang critical.

Judul Jurnal  : Pemetaan Industri Kreatif di Area Urban Kota Medan dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

Penulis            : Heru Ardiansyah dan Azela Nasyifa

Publikasi        : Seminar Nasional Call for Paper in Economic Development Risk and Trend for Developing Country pada sesi prosiding

Reviewer        : Astriyani Rifatahari

Critical Review Jurnal:

Jurnal diawali oleh abstrak seperti jurnal pada umumnya, tetapi penulis membuat kekeliruan pada bagian tersebut. Abstrak yang ditulis tidak terdapat kata kunci sebagaimana aturan abstrak pada umumnya.

Dari kepenulisan jurnal ini terlihat kurang rapi karena ada sebagian paragraf yang tidak memakai pengaturan alignment justify (rata kanan-kiri). Hal tersebut membuat beberapa baris terlalu menjorok ke luar dan ke dalam yang membuatnya tidak terlihat rapi. Tidak hanya itu, bagian drafting pun kurang rapi karena ada paragraf yang memiliki ukuran jarak yang berbeda dari paragraf lainnya.

Bagian pendahuluan menjabarkan terkait latar belakang mengenai pentingnya ekonomi kreatif bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pilihan daerah dalam penelitian ini yaitu kota Medan yang merupakan salah satu kota besar di Pulau Sumatera. Kota Medan mempunyai wewenang otonomi daerah dan pertumbuhan ekonomi industrinya sudah pesat. Namun, di samping itu terjadi stagnasi terhadap ekonomi industri kreatif.

Kekurangan bagian pendahuluan ini yaitu penulis kurang bisa menerangkan seberapa besar peran industri ekonomi kreatif terhadap ekonomi area urban kota Medan. Apabila dijabarkan dengan jelas akan menjadi dasar penelitian yang jelas kepada pembaca mengenai seberapa penting peran industri kreatif bagi kota Medan.

Lanjut ke bagian metode penelitian yang digunakan untuk penelitian tersebut. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode social mapping (pemetaan sosial). Penulis memberikan penjelasan mengenai pengertian dari metode sosial mapping, tetapi penjelasan yang diberikan terlalu bertele-tele. Kelemahan lain yang cukup serius di bagian ini yaitu penulis tidak menjelaskan proses pengambilan data sehingga pembaca akan kesulitan dalam memahami cara pengambilan data yang dilakukan.

Masuk ke bab inti yaitu bagian hasil dan pembahasan. Penulis menerangkan cara dan langkah strategis yang dilakukan untuk pemetaan sosial yang seharunya penjelasan ini ditulis di bagian metode penelitian.

Pada bab metode penelitian penulis mengungkapkan bahwa metode social mapping bertujuan untuk mengumpulkan data permasalahan dan kondisi sosial masyarakat di tempat pelaksanaan penelitian. Namun, di bagian hasil dan pembahasan tidak terdapat penjelasan tentang permasalahan masyarakat di wilayah tersebut yang berkaitan dengan industri kreatif. Penulis hanya memberikan tabel yang berisi informasi jenis industri kratif beserta jumlahnya yang tersebar di area urban kota Medan.

Selain itu, di bab metode penelitian penulis juga mengungkapkan bahwa penelitian menggunakan alat bantu kuesioner untuk metode survey singkat, tetapi hasil dari kuesioner tersebut tidak ditemukan di bab hasil dan pembahasan. Dua kekurangan tersebut menunjukkan bahwa pada jurnal ini terdapat ketidaksesuaian antara metode penelitian dengan hasil dan pembahasan yang dituliskan.

Kesimpulan dari critical review jurnal ini adalah masih banyak kekurangan pada jurnal ini, baik isi tulisan maupun kerapihan tulisan. Dan, kekurangan mendasar pada jurnal ini yaitu tidak ditemukannya kondisi sosial masyarakat dan bukti pemetaan sosial industri kreatif yang seharusnya bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan urban kota Medan.

Contoh Review Jurnal Menggunakan Format

Jika contoh pertama review jurnal hanya menggunakan format untuk identitas jurnal saja, berikut ini contoh hasil review jurnal yang menggunakan format secara keseluruhan dengan tema pendidikan.

Judul                 : Hubungan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika

Penulis            : Allisa Safitri

Reviewer        : Solehudin Saleh

Latar Belakang:

Metode pembelajaran saintifik mempunyai hubungan dengan keterampilan poses sains dan hasil belajar mata pelajaran Fisika.

Tujuan:

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil keterampilan proses sains dan hasil belajar pelajaran Fisik antara siswa yang menggunakan pendekatan saintifik dengan siswa yang menggunakan metode umum.

Sampel:

Sampel diambil dari kelas 10 SMAN 3 Jakarta sebanyak 150 siswa yang terdiri dari keseluruhan siswa dari 4 kelas dan sampel random dari jumlah 3 kelas lainnya.

Metode Penelitian:

Metode yang dipakai menggunakan dua metode, yaitu metode eksperimen bersifat quasi experimental design dan metode post test only control group design. Proses analisis data pun menggunakan dua cara, yaitu teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Hasil:

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil keterampilan poses sains dan hasil belajar pelajaran Fisika antara siswa yang menggunakan metode pendekatan saintifik dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung. Hasil perbedaan tersebut adalah (F=40,293; p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa perbedaan dari hasil kedua metode tersebut dengan taraf signifikan, yaitu 0,000, p<0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pendekatan saintifik memberikan hasil yang lebih baik dibanding metode pembelajaran umum pada hasil keterampilan proses sains dan hasil belajar pelajaran Fisika.

Kesimpulan:

Jurnal ini cukup baik untuk dijadikan referensi karena mulai dari latar belakang, metode penelitian hingga hasil dan pembahasan diterangkan dengan jelas dan terdapat keterhubungan antara masalah dengan hasil.

Dua contoh hasil review jurnal di atas menunjukkan bahwa cara mereview jurnal mempunyai beberapa cara. Bahkan, format review jurnal pun tersedia lebih dari satu.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *