Ini Dia Pedoman Penulisan Buku Ajar yang Benar

Ini Dia Pedoman Penulisan Buku Ajar yang Benar

Menulis bukan pekerjaan yang mudah dilakukan. Namun untuk era digital saat ini, nampaknya hal tersebut tidak lagi perlu dirisaukan. Karena untuk mencari sumber bacaan lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Oleh karena itu, berbagai referensi tulis menulis banyak dijumpai di internet.

Namun apakah kemudahan itu tidak mendatangkan dampak negatif? Tentu saja, Anda akan tergiur dengan cara penulisan orang lain, sehingga cenderung untuk melakukan plagiasi. Plagiasi diikuti oleh faktor ketidakmampuan untuk menulis. Hal ini juga karena kurangnya pedoman. Apalagi jika Anda sedang menulis buku ajar, maka pedoman penulisan buku ajar diperlukan agar tidak terjadi kesalahan. Termasuk dalam menghindari dampak negatif.

Hal ini penting bagi siapapun untuk merujuk sumber aslinya. Bagi Anda yang ingin menulis buku ajar yang benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menulis buku ajar. Hal ini termasuk dalam pedoman yang perlu diperhatikan.

Tujuan Penulisan Buku Ajar

Setiap penulis apalagi seorang pengajar perlu mengetahui tujuan dari penulisan buku. Termasuk itu buku ajar. Tujuan umumnya dalam dunia pendidikan tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003, yakni memiliki wawasan yang luas dan berbudi luhur sebagaimana yang dicita-citakan dalam Pancasila.

Namun tujuan umum tersebut perlu diikuti oleh tujuan yang mencerminkan proses. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Panduan Program Penulisan Buku Ajar, Referensi, dan Monograf tahun 2021, dari DIPP Universitas Airlangga. Sebagai salah satu referensi pedoman penulisan buku ajar. Isinya sebagaimana berikut.

  1. Digunakan sebagai Pegangan Mata Kuliah Tertentu

Pembelajaran membutuhkan arahan. Jika pembelajaran tanpa arah, maka hasil yang didapatkan masih diragukan. Oleh karena itu perlu pedoman sebagai acuan langkah-langkah pemahaman. Jika yang dimaksud sebagai pegangan mata kuliah, maka tujuan sebagai pegangan mata kuliah dapat disamaartikan dengan pegangan mata pelajaran.

 

  1. Mengacu pada Kurikulum atau Silabus MK Tertentu

Seiring perkembangan zaman, tuntutan pendidikan mengikuti. Jika pendidikan tidak bersifat dinamis untuk mempertahankan nilai-nilai luhur, maka pendidikan hanya akan menjadi dokumentasi kuno (sejarah tulis). Lambat laun akan ditinggalkan karena tidak sesuai dengan kebutuhan zaman. Maka memang selayaknya mengikuti kurikulum yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menurut Wikipedia,  Kurikulum ialah serangkaian program pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan yang diberisi rancangan pembelajaran dalam satu jenjang periode.

 

  1. Bahasa Komunikatif dan Mudah Dipahami Mahasiswa

Tujuan berikutnya sebagai bagian dari pedoman penulisan bahan ajar ialah komunikasi tulis. Karena bahasa tulis yang komunikatif akan memudahkan pembaca memahami maksud dari penulis. Selain itu, tidak hanya di jenjang perguruan tinggi, pada jenjang sekolah dasar dan menengah, buku ajar yang komunikatif lebih memudahkan pembelajaran. Guru menyampaikan materi dengan mudah dan proses pembelajaran berlangsung lebih efektif.

 

  1. Dilengkapi Diagram dan atau Ilustrasi untuk Memperjelas Konsep

Ada peserta didik yang mampu memahami langsung dengan memvisualisasikan bahasa yang dibacanya. Ada juga peserta didik yang perlu distimulasi dengan gambar baru memahami. Hal ini terkait dengan cara belajar. Maka dalam buku teks ajar adanya ilustrasi diperlukan untuk memperjelas konsep.

 

  1. Ada Soal Uji Kompetensi di Akhir Halaman

Pedoman penulisan buku ajar selanjutnya dianjurkan ada latihan soal. Karena adanya latihan soal menjadi ukuran pemahaman seorang peserta didik memahami apa yang disajikan dalam buku ajar.

 

  1. Adanya Glosarium dan Indeks

Glosarium secara sederhana disebut sebagai kamus kata, sedangkan indeks adalah daftar kata dan halaman. Mungkin ini dalam penulisan buku ajar tampak tidak diperlukan dalam penggunaan. Namun keberadaanya sangat penting saat Anda tahu fungsinya. Untuk menambah kosa kata, glosarium sangat berguna dalam hal ini. Selain itu, untuk mencari istilah tertentu dapat merujuk halaman pada indeks.

Format Penulisan Buku Ajar

Setelah mengetahui tujuan penulisan dan penyusunan buku ajar, Anda dapat mengikuti tata cara penulisan yang diberikan oleh Dikti yang dilansir oleh Panduan Program Penulisan Buku Ajar, Referensi, dan Monograf tahun 2021, dari DIPP Universitas Airlangga. Format penulisan ini dapat Anda jadikan bagian pedoman penulisan buku ajar. Umumnya sebagai berikut.

  1. Format Kertas, dan Ukuran lainnya

Untuk ukuran kertas umumnya ukuran A5, font 12 point’, margin kertas kiri kanan atas bawah berukuran 2 cm.

 

  1. Format penulisan isi secara umum, meliputi: pengantar, daftar isi, isi gambaran secara umum, khusus, dan penutup, diikuti glosarium, dan indeks. Satu buku biasanya 140 halaman. Apakah boleh lebih, tentu saja Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

  1. Perhatikan dalam penulisan sumber.

Hal ini penting diperhatikan. Apalagi sebagai bagian dari pedoman penulisan bahan ajar. Mengingat sumber sangat penting diberikan untuk dapat dirujuk kembali. Rujukan kembali ini membantu pembaca untuk memahami makna secara langsung dari sumber aslinya. Sehingga tidak ada upaya untuk provokasi terhadap pendapat satu dengan pendapat lainnya. Jangan sampai buku yang dibuat malah melanggar dan menimbulkan perpecahan SARA (Suku, Ras, Agama dan Antargolongan).

Melihat kedua hal terkait pedoman penulisan buku ajar, ternyata cukup kompleks. Anda tidak bisa mengarang indah terkait buku ajar. Karena sebagai buku rujukan belajar tentu ada aturan. Setidaknya dengan melihat berbagai sumber aturan pendidikan, Anda jadi lebih mengetahui bagaimana perkembangan informasi yang dibutuhkan. Kami menyediakan buku dengan berbagai informasi yang di dalamnya menjadi bagian yang Anda butuhkan.

Apalagi jika buku tersebut digunakan sebagai rujukan. Maka Anda sebagai orang yang ingin membuat buku ajar sebaiknya memperhatikan tata cara penulisannya. Anda juga dapat mencarinya dengan membaca referensi. Kami menyediakan jasa buku, jurnal, dll. Untuk itu, Anda dapat memesan buku yang cocok sebagai referensi menulis bahan ajar pada kami.

Layanan Jasa konversi Tesis/Disertasi/Hasil Penelitian menjadi Artikel jurnal Klik Disini

Jasa Review Jurnal/Critical Review Klik Disini

Jasa Menurunkan Persentase Turnitin Klik Disini

Layana Jasa Translate Jurnal Klik Disini

Layanan Jasa Proofreading Jurnal Klik Disini

Layanan JasaPembuatan Slide Presentasi Klik Disini

Jasa Penulisan Buku Ajar/Umum Klik Disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *